Memahami Kesuksesan Universal Melalui Think Fresh!

19:15 Ani Berta 15 Comments

Danny Oei Wirianto
Setiap ada peluncuran buku, jika ada kesempatan untuk hadir saya tak pernah melewatkannya. Selain memenuhi kesenangan membaca apa saja yang menurut saya menarik, biasanya dalam acara peluncuran buku sering ada cerita inspiratif dan untold story  dalam buku yang diluncurkan.

Saat diundang acara peluncuran Buku THINK FRESH! Karya Danny Oei Wirianto, seorang technopreneur sukses yang sudah punya nama besar karena merupakan CEO sebuah ecommerce ternama, KASKUS. Tentu banyak sekali tips sukses dan cara menghadapi tantangan dalam proses menjemput kesuksesan tersebut.

Benar saja, selain mendapat kemeriahan acara di Toko Buku Kinokuniya Plaza Senayan pada 29 September 2016, kami para undangan menyimak penuh paparan-paparan dari Danny yang seolah mengingatkan semua ke-alfa-an dalam menjalani proses untuk maju. Bahkan banyak kesalahan-kesalahan yang sering dianggap biasa, bisa fatal akibatnya jika dibiasakan.

Buku Think Fresh! Berisi rangkuman pengalaman hidup Danny selama kurang lebih dua puluh tahun, jatuh bangun dan try and error dalam menggapai keberhasilannya yang dusah ia nikmati saat ini, dijabarkan dalam enam bagian, yakni; Fundamental, Creative Thinking, Positive Minds, Integrity, Attitudes dan Go Into Action. Ke enam bagian ini, memberikan tahapan dalam membangun kesuksesan secara real. Pembaca diajak menjadi percaya diri, berani bermimpi dan menentukan prinsip kuat dalam membuat keputusan yang terbaik.

Semua yang disampaikan Danny, adalah hal-hal vital yang sering dianggap enteng tapi berakibat besar dalam menentukan keberhasilan hidup. Misalnya, sikap berani mewujudkan mimpi. Hal ini serig dibahas tapi orang-orang tak pernah mengeksekusi mimpi itu karena beranggapan sulit dan belum apa-apa sudah menyerah. Faktor dari luar juga berpengaruh. Misalnya dilemahkan semangat oleh teman atau lingkungan. Bahkan diri kita sendiri secara tidak langsung sering melemahkan orang lain, walau dengan candaan.

Membangun passion seperti membangun sebuah fondasi, untuk menentukan tujuan. Untuk itu, Danny dalam bukunya Think Fresh! Menuntun pembaca untuk menentukan passion dan mengetahui siapa diri kita? Apa yang kita mampu lakukan? Serta potensi-potensi yang dirasakan.

Menghindari menunda pekerjaan dan tidak bekerja setengah-setengah dalam melakukan sesuatu juga dibahas dengan penuh motivasi. Pekerjaan menunda dan bekerja setengah-setengah merupakan kebiasaan yang kerap dilakukan. Karena tidak fokus dan tidak kuat dalam menentukan tujuan.

Selanjutnya, Danny juga mengingatkan supaya tidak melakukan sesuatu secara berlebihan. Dalam melakukan sesuatu, harus sesuai porsi dan tahu akapan harus berhenti. Sesuatu yang berlebihan bisa menjadi racun. Misalnya, saat banyak kesempatan mendapatkan pekerjaan menghampiri, tak semuanya bisa kita ambil. Sebaiknya fokus dengan beberapa yang mampu dikerjakan. Sebab jika mengambil semua kesempatan itu, keterbatasan waktu, tenaga dan pikiran yang dimiliki tak akan bisa menuntaskan semua kesempatan itu dengan baik. Hasilnya bisa mengecewakan orang lain dan kredibilitas kita pun menurun.

Bagian ini sangat ngena. Yuk fokus fokus
Sebaiknya, fokus saja pada bidang yang benar-benar dikuasai dengan baik. Tidak perlu ingin ahli dalam banyak bidang atau ingin menguasai segala hal tetapi kemampuan terbatas. Hal ini untuk menghindari banyak tahu tapi kemampuan rata-rata. Lebih baik fokus terhadap yang kita kuasai tapi berkualitas.

Danny juga menekankan perlunya attitude yang baik dalam menjemput kesuksesan. Keahlian yang dimiliki tanpa sikap yang baik akan percuma. Dan melalui attitude justru kesempatan bisa hadir.


Kesuksesan yang dialami Danny bukan hasil instan, ada beberapa proses dan perjuangan yang dijalaninya. Segala tantangan harus berani dihadapi dan mendalami sesuatu, Danny tak segan untuk belajar apa pun dari sumber mana pun. Bahkan rajin ikut seminar atau workshop, baik yang gratisan atau berbayar.



Ki-ka: Rene Suhardono, Danny, Giring Nidji
Acara launching Think Fresh! Ini tambah meriah dengan kehadiran Rene Suhardono dan Giring Ganesha, vokalis Band Nidji. Dua sahabat Danny ini, melengkapi inspirasi dan motivasi yang disampaikan Danny. Giring Nidji yang penyanyi juga berkecimpung di dunia entrepreneur, mengakui bahwa jalan keberhasilannya hasil berguru pada sahabatnya, Danny.

“Setiap pemikiran Danny dalam obrolan-obrolan ringan pun selalu mendorong untuk berbuat sesuatu dan hasilnya ada perubahan. Apa yang saya alami sekarang, merupakan bagian dari inspirasi-inspirasi yang saya petik darinya.” Ungkap Giring.

Sesi tanya jawab seolah tak ingin ada akhir, mengingat motivasi Danny sangat mengena dan apa yang disampaikannya, sangat dekat dengan kehidupan serta ambisi-ambisi manusia dalam berkarir. Semua hal yang tak tpernah terpikirkan, diungkapkan Danny dengan jelas dan dibagi dalam poin-poin yang runtut serta bahasa yang mudah dimengerti dalam Buku THINK FRESH!

Setelah mengikuti acara ini, saya jadi ter-charge pikiran dan semangat untuk memperbaiki semua kebiasaan-kebiasaan yang salah dan cenderung dianggap biasa atau sepele. Padahal sangat berpengaruh dalam hasil. Buku Think Fresh! sangat membantu membimbing saya menentukan keputusan terhadap berbagai kesempatan dan pekerjaan yang menghampiri. Saya sudah waktunya memangkas hal-hal kecil yang menyita waktu untuk fokus ke tujuan besar. Terima kasih Mas Danny dan Think Fresh!


Buku terbitan Gramedia ini ukurannya memudahkan dibawa ke mana-mana dengan soft cover warna oranye yang segar. Ilustrasi-ilustrasi di dalamnya menarik dan membuat tambah semangat membaca.
THINK FRESH! Tersedia di Gramedia dan Kinokuniya. Harganya 85.000 Rupiah. Sangat bernilai dengan isinya yang membangun motivasi untuk mengeksekusi ide dalam menjemput kesuksesan dalam arti yang universal.

Tidak menyesal membeli buku ini karena apa yang dibagikan Danny isinya semua berdasarkan pengalaman pribadi dan pernah dilakukan secara nyata. 

You Might Also Like

15 comments:

  1. isi bukunya tidak menggurui tetapi menohok. Banyak mantra yang membuat kita bisa bangkit dan lebih semangat lagi dalam nejalani hidup & berbagai aktivitas. Buat aku poinnya jangan males lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan sangat dekat dengan keseharian kita semua :D

      Delete
  2. Teh Ani, benar banget katanya Danny: Sebaiknya, fokus pada bidang yang benar-benar dikuasai, Tidak perlu ahli dalam banyak bidang tetapi kemampuan terbatas. Jadi ingin baca bukunya, hihi.

    ReplyDelete
  3. Pasti inspiring dan ga bikin ngantuk ya kak Ani bukunya. Sampulnya aja stunning bikin haus gitu

    ReplyDelete
  4. Saya itu mbak yang pengen banyak tahu segala hal. Jadinya memang ga fokus. pengen ini pengen itu. Mupengan pisan. Hahaha. Haduuuh, jadi speciality saya apa yak?

    ReplyDelete
  5. Tidak disangka, buku ini sold out hanya dalam waktu 3 hari saja melalui pemasaran pre-order toko online Indonesia, tidak lain selain karena figur sang penulisnya juga karena buku ini ditulis berdasarkan pengalaman hidupnya.

    Salutnya lagi semua royalti dari penjualan buku Think Fresh! akan didonasikan kepada yang membutuhkan. Mbak Ani, ada beberapa kata yang typo tapi secara keseluruhan sudah mantap!

    ReplyDelete
  6. Oh... Mas Dani ini CEO Kaskus, toh. Kudu baca bukunya ini mah. Aku fans kaskuser. Hihihihi...

    ReplyDelete
  7. Aku suka kata-kata yang ditulis di halaman depan buku Think Fresh saat ditanda tangani mas Danny.. Selalu Berfikir Positif :) , jadi diinget terus kalau lagi galau hihi

    ReplyDelete
  8. Saya bangga dengan inovasi-inovasi yg dibuat Mas Danny ini, terutama di Kaskus. Semoga bs menjadi inspirasi bagi anak-anak muda untuk selalu melakukan kegiatan positif dan fresh ��

    ReplyDelete
  9. saay sudah baca bukunya, dan keeereeennn

    ReplyDelete
  10. Cover bukunya yang warna orange bikin fresh apalagi dalamnya banyak mantra yg menohok.

    ReplyDelete
  11. dari juudlnya "Think fresh" aku sudah membayangkan hal-hal segar di kepala

    ReplyDelete
  12. Yang ini nendaaang banget:

    "Sebaiknya, fokus saja pada bidang yang benar-benar dikuasai dengan baik. Tidak perlu ingin ahli dalam banyak bidang atau ingin menguasai segala hal tetapi kemampuan terbatas. Hal ini untuk menghindari banyak tahu tapi kemampuan rata-rata. Lebih baik fokus terhadap yang kita kuasai tapi berkualitas".

    Noted!

    ReplyDelete
  13. keren mba, gw jd mau belik tu bukunya :)
    kemarin sempet ngintip baca dikit punya temenmu di kokas kemarin haha..

    ReplyDelete
  14. Buku yang sangat bermanfaat kayaknya, apalagi buat saya yang haus pencerahan dari pengalaman penulis. Terima kasih infonya, Mba Ani.

    ReplyDelete