Pages

Monday, 30 October 2017

Samsung Indonesia Menampung Bakat Developer Lokal Melalui INA 4.0

Share it Please

Samsung Electronics Indonesia selalu mendukung edukasi tentang teknologi kepada generasi muda dengan berbagai cara. Sebagian di antaranya adalah mendirikan Samsung Tech Institute di beberapa daerah di Indonesia yang fokus pada penyelarasan vokasi industri bagi para pelajar SMK dan SMA. Berikutnya adalah kompetisi Indonesia Next Apps 4.0 atau INA yang digelar untuk peserta yang berminat menjadi developer andal.

Indonesia Next Apps 4.0 telah diadakan empat kali, di tahun ini, periode kompetisi dibuka 25 Juli – 18 September 2017 dan terkumpul 1600 peserta developer dari seluruh Indonesia yang terhimpun dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Medan dan Makassar serta terkumpul 976 aplikasi yang diikutsertakan. Dari 1600 peserta tersaring menjadi 20 finalis yang kembali diseleksi melalui presentasi dan wawancara langsung.

Ada kategori yang dilomabakan, yaitu Samsung SDK (Software Development Kit), Gear VR, Tizen untuk smartphone, dan Tizen untuk wearable, dalam kesempatan ini pun peserta mendapatkan tantangan dari partner INA sebagai pelaku dari industri perbankan, properti, tata kota, dan jasa publik.

Ajang INA sebagai wadah penyalur bakat-bakat developer lokal untuk unjuk gigi dalam kontribusinya untuk memberikan manfaat kepada masyarakat banyak untuk pelayanan aktivitas secara digital baik untuk perorangan maupun industri. Terkumpulnya 1600 peserta, ini sebagai bukti bahwa anak muda Indonesia punya potensi besar dalam sumber daya teknologi.

KangHyun Lee, Corporate Affairs Vice President Samsung Electronics Indonesia mengatakan bahwa anak-anak Indonesia sangat berpotensi dalam mengembangkan kemampuannya.

“Maka dari itu, Samsung Electronics Indonesia sangat mendukung dalam memfasilitasi serta mewadahi siapapun anak muda Indonesia yang berminat untuk mengembangkan bakatnya. Semoga ke depannya dapat memberikan manfaat untuk masyarakat juga bisa bekerjasama dengan industri sesuai kemampuannya.”

Acara puncak pemberian penghargaan INA 4.0 ini dilaksanakan di Ayana Mid Plaza pada 9 Oktober 2017 dihadiri oleh para pendukung gelaran ini, Rudiantara dari Kemkominfo, Kemenperin dan Bekraf.

Ki-ka: KangHyun Lee (Samsung), Rudiantara (Kemkominfo), Kemenperin dan Bekraf

Bapak Menteri Rudiantara mengemukakan harapannya bahwa ke depannya, peserta dari seluruh Indonesia harus semakin bertambah karena untuk cakupan wilayah Indonesia, 1600 peserta itu masih kurang.

“Masih ada kendala bahwa internet belum merata masuk ke daerah-daerah terpencil pada banyak anak muda yang berpotensi dan wajib didukung dari segala segi. Mudah-mudahan internet cepat pemerataannya hingga pelosok desa dan masyarakat semakin tergerak untuk menjadi developer lokal yang diharapkan dapat membantu dalam pelayanan aktivitas sehari-hari dengan memanfaatkan teknologi.”

Aplikasi SkyPass

Aplikasi Periksa Halal

Kategori Gears

Area pameran karya aplikasi anak bangsa 

Hasil karya 20 finalis dari masing-masing kategori pun dipajang dan pengunjung dapat melakukan experience dari karya para developer muda tersebut. Saya mencoba beberapa, diantaranya Sky Pass yang dibuat oleh Puja Pramudya. Aplikasi ini memudahkan pengunjung bandara untuk memperoleh benefit promo atau aktivitas yang memberi keuntungan saat di bandara. Bahkan untuk mendapatkan poin reward nya terakumulasi langsung dalam aplikasi tersebut. Selanjutnya adalah aplikasi Periksa Halal yang dibuat oleh Tim Farifam yang datanya sesuai dengan MUI sehingga ketika di mana pun ingin mengetahui produk yang dibeli halal atau tidak, tinggal mencarinya di aplikasi ini secara mudah dan cepat.

Bnayak lagi aplikasi lainnya yang bisa digunakan langsung dari hasil karya 20 finalis ini. Karya dari 20 finalis ini akan dipilih pemenang dari masing-masing kategori untuk merebut total hadiah sebesar 600 Juta Rupiah.

Pemenang INA 4.0 Tahun 2017 adalah:

Kategori Samsung SDK Challenge

SDK Challenge

Juara 1 Aplikasi : Mona Developer : Arrival Sentosa dari ODT Indonesia – Jakarta
Juara 2 Aplikasi : Kato Developer : Sulistyanto – Jakarta
Juara 3 Aplikasi : Athlest Developer : Ian Rahman Dana – Depok

Kategori Gear VR Challenge

Gear VR Challenge

Juara 1 Aplikasi : GoSimulator VR Developer : Iki Mazadi dari Gerobak Sodor Interactive – Semarang.
Juara 2 Aplikasi : Starship Infiltration VR Developer : Lazuardi Ya’qub Affan dari Calcatz Studio – Surabaya.
Juara 3 Aplikasi : Sky Batlle Arena Developer : Widadraponco – Sidoarjo

Kategori Tizen Smartphone Challenge

Tizen Smartphone Challenge

Juara 1 Aplikasi : Crazy Cargo Developer : Rudy Sumarso dari Wisageni – Yogyakarta
Juara 2 Aplikasi : Kitaria Heroes : Force Bender Developer : Yogie Aditya – Yogyakarta
Juara 3 Aplikasi : Relaxio Developer : Adi Nugroho dari Lonely Box – Malang

Kategori Tizen Wearable Challenge

Tizen Wearable Challenge

Juara 1 Aplikasi : Fishing Go Developer : Frida Uwi dari Studio Noobzilla – Yogyakarta
Juara 2 Aplikasi : Snipe and Watch Developer : Gathot Fajar dari Creacle – Yogyakarta
Juara 3 Aplikasi : Mucha Gun Developer : Rizal Saputra dari Noxtage – Yogyakarta

Kategori Industry Challenge

BRI 

Sub Kategori Perbankan dari Bank Rakyat Indonesia
Aplikasi : UKM Bersama BRI Developer : Toyo Studio – Bandung

Angkasa Pura II

Sub Kategori Pelayanan Publik dari PT.Angkasa Pura II
Aplikasi : SkyPass Developer : Puja Pramudya – Bandung

Jakarta Smart City

Sub Kategori Tata Kota dari Jakarta Smart City
Aplikasi : vMuseum Developer : Davis Ray – Jakarta

Sinarmas Land

Sub Kategori Properti dari PT.Sinarmas Land
Aplikasi : City Point Developer : Ade Rifaldi - Bandung

IBM Bluemix Cloud
IBM Bluemix Cloud

Teknologi yang tersalurkan dan dapat difungsikan dengan baik akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun orang di sekitarnya. Hampir semua anak muda punya gadget dan terhubung dengan internet.


Mudah-mudahan INA 4.0 ini dapat menjadi wadah dan pemicu semangat anak muda untuk melakukan kegiatan positif melalui INA 4.0 dan setiap tahunnya berkesinambungan serta diadakan terus. Agar anak muda semakin banyak yang aware untuk bertindak positif dalam penggunaan teknologi dan tersalurkan dengan baik melaui wadah INA 4.0 ini. 

3 comments:

  1. suka sama aplikasi periksa halal, secara ini memudahkan kita kalo mau makan atau beli sesuatu
    salut sama Samsung Electronics Indonesia yang konsisten mewadahi bakat developer lokal

    ReplyDelete
  2. selalu seneng deh sama perusahaan yang peduli sama masyarakat, terutama generasi muda.. thanks for sharing, teh...

    ReplyDelete
  3. Baru tau samsung punya wadah untuk para developer muda :)

    ReplyDelete

Blogroll

About