Pages

Tuesday, 19 December 2017

Persiapan Liburan Akhir Tahun

Share it Please

Libur tlah tiba
Libur tlah tiba

Cuplikan lagu Tasya di era 90an ini masih hits sebagai ikon liburan anak sekolah. Siapa yang tak senang berlibur setelah anak melewati ujian akhir semester yang menegangkan dan kepadatan belajar yang lebih menyita waktu santai? Juga buat para orang tua, siapa yang tak senang menemani anak berlibur?

Untuk persiapan berlibur, sebaiknya dilakukan dari jauh hari. Mulai dari budgeting, penentuan destinasi hingga akomodasi. Persiapan bukan hanya untuk perginya saja namun rumah pun harus benar-benar dipersiapkan ketika ditinggalkan.

Photo by www.mobil123.com

Tips menghadapi liburan, disampaikan Bapak Bernardus P.Wanandi. Vice President Director MSIGOnline Insrance. Pada kesempatan gathering bersama mobil123.com di Jakarta Tanggal 6 Desember 2017 lalu.

Biasanya destinasi favorit kebanyakan orang ke mana jika liburan? Danau Toba, Bali, Pulau Komodo? Buat yang dunia, ke Time Square, Maldives atau ke negara tetangga saja? Banyak pilihan tentunya ya? Kita bisa searching di internet atau membaca buku-buku wisata untuk memperoleh informasi-informasi tersebut.

Persiapan Menuju Destinasi

Persiapan menuju destinasi yang pertama harus dilakukan adalah mencari hotel yang aman, jika bisa, pilih yang terjangkau dan tempatnya dekat ke area tempat wisata dan mudah dijangkau kendaraan umum. Usahakan cari tahu informasi hotel dari situs-situs terpercaya semacam Trip Advisor.

Kita bisa melihat pengalaman-pengalaman para pengunjung hotel yang kita tuju agar ada gambaran situasi dan kondisi hotel yang akan ditempati.

Untuk biaya yang dikeluarkan, usahakan tidak melampaui anggaran. Hindari fasilitas-fasilitas hotel yang tak dibutuhkan. Sebelum booking atau isued, sebaiknya cari pembanding dengan platform lain agar tidak terlalu kecewa jika mengetahui ternyata ada yang lebih miring harganya.

Begitu juga dengan tiket, jika berlibur menggunakan kendaraan umum, beli tiket sejak jauh hari dan siapkan uang tunai untuk dibawa. Hal ini pentimg karena tak semua destinasi terdapat ATM yang mudah ditemui.

Hindari juga perhiasan dan pakaian mencolok. Berlakulah sewajarnya dan tidak membuat diri menjadi pusat perhatian. Tidak terlalu konsentrasi dengan gadget sebab terlalu fokus ke gadget bisa mengakibatkan kelalaian di lingkungan sekitarnya.

Bawa barang seperlunya dan bawa satu tas kecil untuk menyimpan dompet, handphone dan lain sebagainya. Jangan lupa kartu identitas diri harus selalu ada di dompet. Untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu mudah diketahui.

Persiapan Rumah Ketika Ditinggalkan

Rumah yang ditinggalkan harus diperatikan kondisinya. Jangan sampai menjadi incaran orang jahat ketika kita sesumbar di media sosial  bahwa rumah sedang ditinggal berlibur dan kosong.

Kabel-kabel yang masih tersambung di saklar sebaiknya dicabut semua untuk mengantisipasi arus pendek yang menyebabkan kebakaran. Lalu selang di tabung gas juga diabut dan lubang gas dittup plastik.

Pastikan semua barang berharga ditaruh di tempat aman dan kunci-kunci jendela serta pintu diperiksa. Pastikan fungsinya baik dan dapat mengunci dengan sempurna.

Biasanya kalau liburan ingin pamer di media sosial, sebaiknya tahan diri untuk tidak berlebihan ekspos liburan agar lebih aman dan terjaga. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan dari orang-orang yang berniat tidak baik.

Perlunya Asurasi Perjalanan

Asuransi perjalanan penting dimiliki saat bepergian sebagai payung untuk jaga-jaga. Pilih asuransi yang kredibel untuk mengetahui asuransi yang bagus, bisa lihat profil dan portolionya di website resmi dan testimoni penggunanya.

Selain pilih asuransi yang baik kredibilitasnya, pilih juga yang mudah mendapatakannya serta banyak perolehan benefitnya. Contohnya MSIG Online. Dengan membeli asuransi perjalanan dari MSG Online, tak perlu datan ke kantornya atau menemui agen. Sistem pembayaran preminya juga beragam sehingga memudahkan.

Keuntungan memiliki travel insurance dari MSIG Online selain dapat mengcover pelindungan perjalanan juga melindungi perabot rumah tangga saat ditinggalkan karena kebakaran. Dan santunan keterlambatan selama 3 jam pun diberikan.

Hebatnya lagi, MSIG online tidak mengecualikan risiko olah raga berat semacam panjat tebing, tracking dan hiking.

Sudahkah mempersiapkan rencana liburan dengan lengkap? Yuk kita liburan aman dan nyaman dengan melakukan persiapan yang total.


5 comments:

  1. total persiapkan liburan dgn asuransi biar terproteksi dari hal2 tak terduga yg nggangu perjalanan ...met jelang tahun baru yes

    ReplyDelete
  2. ya ampun, udah mau akhir tahun lagi :)
    padahal, baru kemaren rasanyabikin resolusi buat 2017...

    yupz, jelang liburan, kita persiapin dengan maksimal, termasuk asuransi perjalanan biar aman dan nyaman

    ReplyDelete
  3. makasih artikelnya teh, jadi inget lagi kalo liburan kadang ada hal2 yg missed karena udah terlalu gak sabar pengen pergi, hihihi..

    ReplyDelete
  4. Waah belum pernah beli asuransi perjalanan kalau liburan. Padahal penting banget ya sebenarnya. Cuman kadang kita nggak aware dengan hal-hal seperti ini.

    ReplyDelete
  5. liburan kali ini, saya banyak di rumah. Tapi kadang kalau lagi jalan belum pernah pakai asuransi. Padahal penting juga, nih

    ReplyDelete

Blogroll

About