Pages

Friday, 19 January 2018

AXA Mandiri Edukasi Masyarakat Soal Asuransi Syariah Melalui MEP Syariah

Share it Please

Halal kini menjadi gaya hidup. Masyarakat Indonesia sudah mengutamakan kehalalan segala aspek kehidupan termasuk soal memperoleh perlindungan asuransi. Negara dengan mayoritas penduduk muslim, kondisi ini membuat mudah siapapun dalam memperoleh produk dan jasa yang sesuai syariat Islam.

Senada dengan yang dikatakan Presiden Director AXA Mandiri, Jean Philippe Vandenschrick. Menurutnya, pemasaran produk asuransi syariah di Indonesia sangat berpotensi mengingat warganya selalu mencari sesuatu yang dikelola secara syariah dan bermasa depan cerah.

Jean Philippe Vandenschrick

Upaya memenuhi kebutuhan asuransi syariah tersebut, pada 17 Januari 2018 AXA Mandiri meluncurkan Asuransi Mandiri Elite Plan (MEP) Syariah sebagai perencanan masa depan yang sesuai syariat Islam dari berbagai aspek.

MEP Syariah ini memiliki keunggulan manfaat santunan asuransi dasar hingga 50 kali dari total kontribusi yang telah dibayarkan jika peserta meninggal dunia. Kelebihan lainnya, jika peserta meninggal dunia karena kecelakaan saat menunaikan ibadah haji atau umrah, diberikan santunan tambahan.

Selain itu, MEP Syariah mendukung layanan investasi yang dapat menjadi warisan bagi keluarga dan menjamin risiko ketidakpastian hidup.

Mengapa kita perlu merencanakan lebih hidup di masa sekarang dan masa yang akan datang? Apa yang patut dilakukan untuk mempersiapkan masa depan?

Pertanyaan tersebut terjawab saat sesi diskusi bersama para narasumber di launching MEP Syariah ini. Berikut rangkumannya:

Persentase kenaikan gaji tidak sebanding dengan kenaikan biaya pendidikan, hal ini tidak dimungkiri bahwa naik gaji setiap tahun paling besar hanya 10% biasanya dari total gaji bersih. Sedangkan biaya pendidikan setiap tahunnya bisa naik berkali lipat tanpa kompromi.

Terlalu sibuk membuat luput rencanakan hari tua, biasanya bekerja keras setiap hari, meeting hingga larut dan menimbun tabungan tujuan pasti. Padahal jika bisa mengalokasikan penghasilan tersebut dalam sebuah investasi yang mempunyai perlindungan, pasti simpanannya akan berkembang sesuai harapan dan terlindungi.

Pencegahan Penyakit-Penyakit Mematikan, Jantung, stroke, diabetes dan lain-lain kadang tak dirasa oleh individunya namun tiba-tiba membuat seseorang menjadi sangat parah merasakan sakit yang tiba-tiba.

Hal-hal tersebut jika tidak diperhatikan, akan membuat hidup ketar ketir. Pada saat ini memang normal saja keadaannya namun kita tidak tahu ke depannya apa yang akan terjadi. Jika sudah mempunyai perlindungan pasti, keadaan apapun dapat diatasi dengan baik. Salah satu perlindungan tersebut salah satunya melalui asuransi.

Perlindungan asuransi yang mengacu pada syariat Islam tentunya, jika kita Muslim, sebaiknya beli asuransi seperti MEP Syariah ini. Berikut alasannya;

Dalam hal kepemilikan polis asuransi tetap menjadi milik kita sebagai nasabah statusnya. Jadi, dalam asuransi syariah tidak ada kamusnya sistem “hangus” jika tak ada klaim

Sistem bagi hasil adalah konsepnya. Dana dikelola oleh perusahaan yang ditunjuk. Perusahaan yang ditunjuk pastinya jauh dari barang haram, jadi kita bisa tenang karena dana kita dikelola oleh perusahaan yang aman dan bersih.

Jadi terbuka saya soal asuransi syariah ini. Bagi saya yang muslim, hal-hal mendasar seperti pengelolaan dana dan alurnya uang disalurkan ke mana, itu sudah cukup jelas buat saya agar segera pindah dari asuransi konvensional ke asuransi syariah.

Ini yang saya suka, AXA Mandiri selalu fokus ke edukasi dalam menjaring nasabahnya. Bukan lagi memakai cara-cara lama yang kaku. Selama ini, pada umumnya pihak asuransi hanya menawarkan soal produk dan jasanya saja yang harus dibeli sedangkan edukasinya kurang diangkat sehingga masyarakat merasa meraba-raba. Apakah penting atau abaikan saja?

Hadirnya MEP Syariah juga mendukung upaya meningkatkan inklusi dan literasi keuangan yang sedang digencarkan pemerintah. Khususnya untuk produk asuransi syariah. Sesuai data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dari survei nasional tentang literasi dan inklusi keuangan pada 2016, hanya 2 atau 3 orang saja dari 100 orang penduduk yang mengerti asuransi syariah.

Sesuai tagline AXA Mandiri, Empower People to Live a Better Life maka edukasi yang selalu diusungnya, sangat tepat untuk disebarluaskan agar masayarakat lebih banyak lagi yang paham soal asuransi syariah.

AXA Mandiri memberi jawaban lugas dan memberi pengertian mengapa Asuransi penting dimiliki sebagai proteksi diri dan keluarga sekarang dan masa depan. Jika ingin memperoleh layanan MEP Syariah, bisa mengunjungi Bank Mandiri Syariah terdekat.

9 comments:

  1. Selama ini banyak masyarakat muslim yang ngeri asuransi karena riba ga nih, sepertinya ini solusi yang apik ya hadirnya MEP Syariah

    ReplyDelete
  2. Mba, apa nasabah juga ditunjukkan nama-nama perusahahaan yang digandeng sehingga kita juga bisa tahu bahwa memang bukan perusahaan untuk bahan haram ya?
    Salut dengan produk baru Asuransi mandiri

    ReplyDelete
  3. Betul teh ani, halal sekarang udah jadi gaya hidup. Semua aspek kehidupan kita bisa diusahakan sesuai syariah ya.

    ReplyDelete
  4. Semoga kita bisa segera beralih ke asuransi syariah ini ya teh, apalagi MEP Syariah ini unit link jadi meskipun asuransi tak dipakai kita tetap punya investasi ya.

    ReplyDelete
  5. Setuju bangat Teh, sekarang Halal sudah menjadi gaya hidup, termasuk berasuransi dan berinvestasi, seperti MEP syariah ini salah satu conyohnya.

    ReplyDelete
  6. Merencanakan keuangan setelah berkeluarga terasa banget Pentingnya. Terutama menyiapkan dana pendidikan dan bekal untuk anak kelak.

    ReplyDelete
  7. Dengan MEP syariah jadi tenang ya teh uang nasabah di putar alokasikan ke perusahaan yang jelas, di perusahaan yang jugq menggunakan prinsip halal juga..ah keren ini

    ReplyDelete
  8. Asuransi yang dikelola dengan prinsip2 syariah membuat jadi makin tenang ya teh TFS

    ReplyDelete
  9. Iya bener banget Teh, kenaikan gaji yg tidak seberapa dibanding kenaikan biaya pendidikan. Belum masih ditambah dengan biaya kesehatan yg kudhu juga dipersiapkan dengan baik ya. Nahh kalo kita punya asuransi yg sifatnya syariah pasti akan membuat hati tenang karena sesuai tuntunan Islam

    ReplyDelete

Blogroll

About