Cara Asyik Minum Susu Untuk Anak

Ibu Lisa memaparkan tentang pentingnya susu dan menjelaskan proses packaging Tetra Pak yang Aseptic
Setiap pagi, walau keadaan rumah belum tertata namun yang didahulukan adalah menjerang air untuk menyeduh susu anak yang hendak berangkat sekolah. Jika saya bangun subuhan pasti keburu tapi beberapa kali waktu tak terkejar. Karena Sekar harus berangkat sangat pagi jika ada olah raga atau pemantapan materi dari sekolah.
Melihat kondisi ini, saya suka menyesal. Susu yang baru selesai diseduh tak terminum karena Sekar susah kalau minum susu, tak pernah sekali teguk. Harus pelan-pelan baru habis. Katanya enek. Saya tetap menyediakan susu setiap pagi karena saya sadar, minum susu setiap hari akan membuatnya punya tabungan massa tulang di masa yang akan datang. Saat dirinya dewasa kelak. Supaya tidak osteoporosis dan biar lebih tinggi lagi badannya. Mumpung masih dalam masa pertumbuhan.

Tapi setiap hari harus drama dulu saat memberi susu membuat saya berpikir bahwa saya harus memberi yang praktis dan benar-benar disukai rasanya. Tak ada keluhan merasa enek atau mual saat meminumnya.

Terpikir untuk memberi susu UHT (Ultra-high Temperature) agar praktis. Jadi pas buru-buru berangkat, susu kemasan sekali minum tinggal dibekalkan saja tanpa harus repot menjerang air dan menyeduh dulu.

Rasa bervariasi, kemasan juga menarik pasti disukai anak-anak

Susu UHT yang dikonsumsi tentu saja harus memenuhi kualitas baik secara produksi maupun kemasan. Makanya solusi sekali adanya produk susu UHT dari Tetra Pak Indonesia yang sudah eksis sejak 1952 menyediakan kebutuhan susu kemasan untuk lebih dari 170 negara.

Saya sudah akrab dengan susu ultra karena sepertinya itu adalah susu UHT pertama yang saya konsumsi sejak kecil. Jika melihat kemasannya, saya suka merasakan kehangatan masa kecil. Dulu sering jajan susu tersebut diantar ibu atau bapak ke warung dekat rumah.

Mengingat masih banyak anak yang kurang suka meminum susu, termasuk Sekar. Maka harus dicari solusi bagaimana caranya agar anak mau minum susu tanpa dipaksa sampai drama. Terbayang kan jika anak-anak Indonesia kurang minum susu? Tabungan massa tulang kurang, loyo, kecerdasan kurang dan tidak energik.

Hal ini dibuktikan dengan sebuah data yang diungkapkan oleh Ibu Lisa Suhanda, Food Technologyst Tetra Pak Indonesia dalam acara Blogger Gathering bertajuk “Susu Bergizi Kesukaan Anak” di Jakarta. Menurut data yang bersumber dari USDA Foreign Agricultural Services, Indonesia termasuk rendah dalam konsumsi susu. Hanya 12,1 Liter. Dibanding negara-negara ASEAN lainnya yang lebih tinggi seperti Filipina 22,1 Liter, Thailand 33,7 Liter dan Malaysia 50,9 Liter.

Amankah susu UHT untuk anak? Tentu saja aman asal dikonsumsi oleh anak usia 2 tahun ke atas. Susu UHT adalah susu yang dipanaskan dalam suhu 135 derajat celcius dalam hitungan 2-4 detik yang tak mengurangi kadar nutrisi di dalamnya.

Susu UHT yang diproduksi oleh Tetra Pak Indonesia tentu saja memiliki standar kualitas internasional. Kemasan yang digunakan adalah Karton Aseptic Packaging dengan 6 lapisan dan levelnya lebih tinggi dari hygienis.

Kelebihan kemasan Aseptic, dapat mencegah masuknya mikroorganisma yang membahayakan kesehatan konsumen, tidak mengurangi kadar nutrisi yang ada dalam susu dan jika disimpan dengan benar dalam tempat yang bersih, maka susu akan tahan lama walau tanpa bahan pengawet. Bahkan tak perlu dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Ibu Lisa membagikan tip menyimpan susu UHT yang tepat. Menurutnya, susu UHT yang belum dibuka bisa tahan hingga 12 bulan tanpa dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Jika sudah dibuka, tutup rapat dan cepat habiskan. Lebih penting lagi, saat anak mengonsumsi kemasan sekali minum, sebaiknya langsung dihabiskan. Jangan ditaruh terlalu lama sampai ber jam jam. Khawatir susu menjadi basi karena sudah terpapar bakteri dan zat merugikan lainnya. Biasanya anak-anak suka meminum kembali sisa susu yang disimpan sembarangan.

Agar tak terjadi anak meminum sembarangan, susu yang telah dibuka dan didiamkan lama, apalagi jika menggunakan sedotan, jika tak habis sebaiknya langsung buang saja.


Selain kemasan yang Aseptic, Susu UHT dari Tetra Pak Indonesia juga kaya ragam dan kaya rasa. Banyak varian rasa yang bisa dipilih anak sesuai selera. Misalnya, rasa cokelat, full cream, melon, cokelat putih dan strawberry. Produk yoghurt pun tersedia.

Sehingga anak semakin suka minum susu karena rasanya beragam dan dekat dengan selera anak.

Mengapa susu penting dikonsumsi oleh segala usia? Karena susu mengandung 9 nutrisi penting. Yaitu kalsium, protein, Vitamin D, Vitamin A, Vitamin B3, B12, B5, B2 dan pospor. Susu juga merupakan pangan kaya sumber protein dan kalsium terbaik. Sangat penting untuk mendampingi pemenuhan gizi anak di samping makanan bernutrisi lainnya agar anak tumbuh optimal.

Jadi, bagaimanapun konsumsi susu untuk anak harus selalu tersedia dan lakukan cara asyik agar anak mau minum susu dengan hepi. Dengan susu UHT Tetra Pak, kebutuhan anak akan susu sudah memenuhi kriteria yang disukai anak, selain kemasannya yang menarik dan rasa yang banyak pilihan, kandungan nutrisinya juga masih utuh dan aman karena kemasannya aseptic.

1 comment

  1. Susunya enak, kemasannya bagus. Bukan cuma anaknya yang suka minum susu, mamanya juga. Hehehehe

    ReplyDelete