Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan Dengan Pembersih Yang Tepat

Talkshow bersama dr.Mery dan Ari Prabowo


Area kewanitaan sering dianggap bagian tubuh yang sama dengan anggota badan lainnya. Sehingga tak jarang wanita memperlakukan area tersebut disamakan treatment nya. Misalnya, cara membesihkan dengan memakai sabun badan dan memilih pakaian dalam yang tidak menyerap keringat. Sehingga menimbulkan iritasi dan gangguan lainnya.

Menyikapi masalah-masalah tersebut, BETADINE menggelar acara talkshow menghadirkan narasumber  ahli, dr.Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia dan Adi Prabowo, Marketing and Innovation Regional Mundipharma. Acara ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat lebih luas tentang pentingnya kesehatan alat reproduksi khususnya di area kewanitaan.

Area kewanitaan sensitif, intim dan vital. Memerlukan perawatan yang baik dan perlakuan khusus tentunya. Sebab jika tidak dirawat dapat menyebabkan infeksi panggul, infeksi saluran kencing, penyebab kemandulan, kerusakan kekebalan tubuh hingga infeksi menyeluruh.

dr.Mery Sulastri

Menurut dr.Mery, infeksi tersebut biasanya disebakan keputihan. Dan faktanya 7 ari 10 wanita pernah mengalami keputihan. Oleh sebab itu, dalam menjaga area kewanitaan penting diperhatikan agar pH alami berada di angka 3,8 -4,2.

Supaya bakteri baik yang disebut lactobacillus di area tersebut pertumbuhannya tidak terganggu. Maka diperlukan senyawa prebiotik sebagai makanan dan nutrisi untuk perkembangan bakteri baik tersebut. Lactobacillus di area kewanitaan dapat mencegah gangguan berbagai infeksi. Seperti gatal, bau dan keputihan yang berlebihan.

“Area kewanitaan perlu dibersihkan setiap hari dengan sabun khusus dan tidak disarankan menggunakan abun badan karena sabun yang biasa digunakan sehari-sehari untuk mandi, pH di angka nya 9-10 kurang ideal untuk membersihkan area kewanitaan yang lebih asam. Jika menggunakan sabun mandi, kulit di area tersebut akan mengalami kekeringan dan berpotensi peradangan” Dr.Mery menjelaskan.

Berikut tip menjaga kesehatan area kewanitaan dari dr.Mery:

Bersihkan dengan sabun khusus, lalu bilas dengan air dan bersihkan dengan posisi dari depan ke belakang. Bukan dari arah belakang kedepan. Agar bakteri dari area belakang tidak mencemari bagian depan. Penting juga diperhatikan saat membersihkan di toilet duduk yang saluran pembersihnya menyemprot dari arah dudukan belakang.

Perilaku di toilet umum, jika terlihat dudukan toiletnya kotor sebaiknya bersihkan dulu dengan menyiramkan air yang cukup lalu lap dengan tisu. Selesai buang air, bersihkan area kewanitaan dengan sabun khusus lalu bilas dengan air. Atau gunakan tisu basah yang sesuai.

Konsumsi makanan mengandung Prebiotik, Misalnya yogurt, tempe, acar dan makanan fermentasi lainnya secukupnya. Karena makanan yang mengandung prebiotik ini dapat menjadi nutrisi bagi bakteri menguntungkan di area kewanitaan.

Hindari pembersih yang tidak sesuai, pembersih yang tidak sesuai tersebut biasanya berupa sabun sembarangan atau bahan natural yang dianggap aman namun sebenarnya tidak. Karena penggunaan yang tidak tepat serta dosis yang tidak pas dapat menimbulkan risiko. Misalnya, ada yang beranggapan, membersihkan area kewanitaan dengan daun sirih yang direbus secara langsung, akan tuntas membersihkan. Sebenarnya harus dikaji lagi soal takarannya.

Menurut dr.Mery, hal tersebut tidak memastikan kebersihan yang tepat. Malahan didapat dosis yang tidak tepat. Misalnya, takaran yang kurang pas bisa menyebabkan bakteri baik ikut terbunuh oleh cairan daun sirih yang direbus tersebut karena terlalu keras dan keasaman di area kewanitaan menjadi terganggu.

Gunakan pakaian dalam berbahan aman, Sering mendapatkan anak remaja atau wanita yang memilih pakaian dalam lucu modelnya tapi tak memerhatikan bahannya. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, sebaiknya gunakan pakaian dalam berbahan katun yang menyerap keringat. Hindari yang berbahan silk atau nilon.

Perhatian khusus saat Haid, pada masa haid sebaiknya fokuskan kebersihan di area kewanitaan dengan memberi sabun khusus antiseptik agar terhindar dari tumbuhnya bakteri jahat pemicu infeksi.

Betadine Feminine Wash

Setelah menyerap penjelasan dr.Mery, kita cari tahu sabun pembersih kewanitaan yang tepat dari Adi Prabowo. Menurut Adi, setelah BETADINE mengeluarkan Feminine Hygiene, sebagai antiseptik, sekarang meluncurkan Feminine Wash. Inovasi ini sebagai pemenuhan kebutuhan wanita sehari-hari. Dengan adanya Feminine Wash, semua wanita dapat membersihkan area kewanitaan dengan leluasa setiap hari tanpa takut keasamannya terganggu.

BETADINE Feminine Wash mengandung Prebiotik dan formula alami TRI-CARE yang terdiri dari Immortele, yang bersifat antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi iritasi kulit. Sensiva, zat aktif untuk mengurangi gatal dan kemerahan pada kulit dan Citrofol, bahan untuk menetralisir bau tak sedap.

4 Varian Betadine Feminine Wash

Karena kondisi dan karakteristik setiap wanita berbeda, termasuk mobilitas yang tak sama dalam kesehariannya, maka BETADINE Feminine Wash tersedia dalam 4 varian, yaitu Gentle Protection, untuk kelembutan kulit. Fresh and Active, dengan tambahan lemon verbena cocok untuk yang aktivitas fisiknya tinggi terutama yang memicu keringat. Odour Control, ekstrak alami witch hazel nya memberi kesegaran atas aktivitas yang dilakukan sepanjang hari. Moisturising, Ekstrak Calendula Oil cocok digunakan untuk kondisi kering atau setelah melahirkan dan menopause.

Adi juga menginformasikan bahwa BETADINE Feminine Wash tersedia dalam bentuk busa, cairan dan tisu yang mudah digunakan dan fungsinya sesuai dengan kebutuhan. Kemasannya pun sangat praktis.

Melihat paparan dua narasumber di atas, terlihat apa yang dijelaskan dr.Mery tentang problem kesehatan dan kebersihan area kewanitaan yang masih menjadi masalah besar karena kurangnya kesadaran. 

Lalu, kebutuhan perawatan area kewanitaan yang dijelaskan dr.Mery mendapatkan solusi tepat dari BETADINE Feminine Wash karena produk ini mengandung bahan yang dibutuhkan dalam proses pembersihan area kewanitaan. Misalnya, mengandung prebiotik yang dibutuhkan serta 4 varian yang ada, bisa memberikan pilihan untuk digunakan sesuai kondisi masing-masing individu.


Semoga edukasi ini semakin tersebar agar remaja putri dan wanita-wanita Indonesia semakin tinggi kesadarannya dalam menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan. Jika terjaga, kesehatan hingga seluruh tubuh pun akan didapatkan.

2 comments

  1. Konsumsi yogurt juga ternyata baik untuk area kewanitaan, ya. Dan, lebih baik lagi sekarang ada pembersih area kewanitaan yang ada Prebiotik-nya.

    ReplyDelete
  2. Sekarang udh ada Betadine Feminine Wash yg aman digunakan sehari-hari asyik deh pokoknya

    ReplyDelete