SHAFIRA World Wanderer Goes To Indonesia Fashion Week 2019


Ibu Feny Mustafa, Desainer Shetyawan dan para model

Perjalanan SHAFIRA memasuki ke-30 tahun, perjalanan ini tentunya telah melewati berbagai proses yang tidak simpel. Perjalanan yang telah melalui berbagai fase, berbagai generasi dan banyak peristiwa dalam sentuhan desain yang ditampilkan. Sebagai pionir brand busana Muslim pertama di Indonesia, SHAFIRA telah membuktikan kebertahanan eksistensinya di tengah gempuran kompetitor yang semakin menjamur.

Setelah mengisi berbagai ajang fashion show berkelas internasional di Dubai, Austria dan New York, SHAFIRA akan menggelar fashion show tunggal di rumah sendiri dalam ajang Indonesia Fashion Week 2019.

Bertepatan dengan moment perjalanan 30 tahun eksistensinya dengan mengangkat SHAFIRA World Wanderer yang mewakili 5 benua dengan menampilkan 74 koleksi busana muslim terinspirasi dari majid yang ada di Jerman (Benua Eropa) Maroko (Afrika) Washington (Amerika) Adelaide (Australia) dan Aceh Indonesia (Asia).

Selebrasi ini bakalan meriah dengan genapnya inspirasi perjalanan yang mewakili seluruh dunia dari 5 benua. Ini membuktikan bahwa totalitas berkarya selayaknya diambil dari berbagai sudut dan sisi. Menjadi inspirasi bagi profesi apapun bahwa karya dan inspirasi yang diambil dari sudut pandang yang luas akan memberikan sentuhan beda dan ide yang tak pernah mati gaya.

Berikut sebagian koleksi SHAFIRA dari perwakilan masing-masing benua, detail inspirasi ini dijelaskan oleh Shetyawan, Desainer senior SHAFIRA:

Jerman - Sumber foto Masjid : Republika Online Foto Model : Koleksi Pribadi

Cologne Mosque (Jerman)
Arsitektur masjid yang futuristik dengan warna kalem dengan detail aksen warna pastel yang menonjol dengan sentuhan warna-warna abu-abu, biru dan pink. Membuatnya semakin menarik. Shetyawan menjelaskan dari model baju dalam dan outer yang ditampilkan, mewakili arsitektur masjid dari baju dalam yang terinspirasi dari warna cat, kaca dan interiornya. Sedangkan untuk outer, mewakili keseluruhan bagian masjid.

Maroko - Sumber Foto Masjid : Belhaj El Houssine Foto model : Koleksi Pribadi

Al Hassan II (Maroko)
Masjid Al Hassan II yang memiliki detail hiasan motif pada dinding menara, karpet dan interior, membuat SHAFIRA tidak kehabisan ide menerapkan detail-detail tersebut dalam karyanya. Beberapa kolesi yang saya lihat, sangat eye-catching. Tanpa disebutkan, sudah dikenali bahwa model yang ditampilkan adalah motif Maroko.
Motif Afrika yang menampilkan warna-warna berani dengan motif yang terinspirasi dari alam flora, fauna dan etnik yang unik membuat motif ini semakin kuat identitasnya dengan Moroccan Spice.

Amerika - Sumber Foto Masjid : Carol M, Highsmith Foto model : Koleksi Pribadi

Islamic Center of  Washington (Amerika)
Kesan formal dan classy mewakili geliat aktivitas muslim di sana yang gesit dan dinamis, memberi sentuhan executive look, tegas dan anggun dengan dominasi warna hitam, putih dan abu-abu. Warna simpel tetapi berkelas.

Australia - Sumber Foto Masjid : Bahudhara  Foto model : Koleksi Pribadi

Adelaide Central Mosque (Australia)
Seri koleksi dari Benua Australia ini mempunyai karakter kuat dari hasil pewarnaan yang alami (Natural Dye) dengan Safari Look yang terinspirasi dari motif aboriginal yang merupakan ciri khas dan budaya asli Australia.
Aborigin Modern Art dan warna tanah mendominasi koleksi SHAFIRA yang terinspirasi dari Masjid yang ada di Islamic Center Adelaide ini. Unsur modern dan etnik yang berpadu menjadi satu kesatuan yang utuh mewakili Benua Kangguru ini.

Aceh - Sumber Foto Masjid : Si_gam Foto model : Koleksi Pribadi
Masjid Baiturrahman Aceh, Indonesia (Asia)
Negara Asia diwakili oleh Indonesia, mengambil inspirasi Masjid Baiturrahman yang berada di Aceh. Terinspirasi dari arsitektur masjid dengan dominasi warna hitam yang anggun dan megah. Teraplikasi dalam koleksi busana The World Wanderer yang eksklusif.

Menurut Shetyawan, koleksi dari Benua Asia ini terinspirasi dari kain lilit dan baju kurung yang sudah ada sejak dulu dan dipakai oleh wanita Aceh dalam berbagai kesempatan.

Motif Kerawang Gayo juga menjadi semakin koleksi ini semakin indah, anggun dan mewah. Merepresentasikan Budaya dan identitas Aceh yang sangat kental.

Perjalanan tiga puluh ini tak lepas dari semangat dan konsistensi Founder, Ibu Feny Mustafa beserta tim nya yang terus berinovasi dan menyesuaikan diri pada setiap generasinya. Sehingga SHAFIRA tetap muda dan tetap digemari segala usia. Untuk tulisan saya sebelumnya, bisa dibaca di artikel ini. SHAFIRA The World Wanderer

SHAFIRA sebelumnya selalu mengangkat tema Nusantara. Misalnya, Tahun 2018 mengangkat tema “Ngabaraga” yang mengambil inspirasi dari daerah Jalan Braga Tempo Dulu di Kota Bandung yang menjadi tempat hits untuk nongkrong anak muda tempo dulu dan sekarang.

Senang menjadi bagian dari rangkaian perjalanan SHAFIRA sebagai Blogger

Untuk tahun ini mengambil inspirasi 5 masjid di 5 benua karena SHAFIRA menggenapkan perjalanan 30 tahunnya sebagai ungkapan rasa syukur dan optimisme untuk mengenalkan fashion Muslim Indonesia ke mata dunia.

Semoga dengan SHAFIRA mendunia, Indonesia akan menjadi kiblat fashion Muslim dunia. Nantikan keseruan koleksi lengkap The World Wanderer di Indonesia Fashion Week 2019!

14 comments

  1. Bagus dan lengkap banget Teh ulasannya. Saya jadi tau masjid-masjid indah di luar sana. Semoga kita ketemu di IFW nanti yaa..penasaran banget dengan koleksi lengkap Shafira yg terbaru.

    ReplyDelete
  2. Waktu lihat beberapa koleksinya aku jatuh cinta sama yang terinspirasi akan masjid Baiturrahman di Aceh. Berasa banget baju dengan warna hitam kok "gw banget" jadi penasaran pengen liat juga koleksi lainnya. Semoga nanti pas IFW bisa menjadi salah satu yang melihat keindahan koleksinya SHAFIRA.

    ReplyDelete
  3. Salut deh sama kegigihan pendiri SHAFIRA yang tetap konsisten hingga kini 30 tahun tetap menghasilkan karya karya fashion muslim.. sumber inspirasinyapun tidak hanya dalam negeri, namun hingga mancanegara.. ini bukti bahwa perjalanan 30 tahun SHAFIRA sudah berkeliling menjelajah dunia.. semoga aku bisa melihat langsung fashion show tunggal SHAFIRA on IFW 2019.. aamiin

    ReplyDelete
  4. outernya bagus-bagus banget ya teh, rasanya kepingin punya koleksi spesial ini, aku tertarik yang model inspirasi dari Washington soalnya cocok juga dipakai buat yang non hijab.

    ReplyDelete
  5. Bagus-bagus banget ya teh semuanya. Aku naksir banget yang Maroko dan Washington, modelnya bagus dan warnanya favorit aku banget

    ReplyDelete
  6. Inspirasi dari Aceh ini membuatkuk terharu, benar kata mas Setyawan, kalau sudah pergi keluar neeri, pulangnya ke tanah air, banyak sekali pesannya.

    ReplyDelete
  7. Bajunya cantik-cantik dan nyaman, jd pengen koleksi ....

    ReplyDelete
  8. Kagum euy sama merk satu ini, sudah 30 tahun dan desainnya selalu keren...

    ReplyDelete
  9. Suka banget sama koleksi world of wandered ini. Padahal baru liat beberapa ya. Apalagi kalo liat keseluruhan koleksinya di IFW nanti. Pastinya bakal naksir banget :)

    ReplyDelete
  10. yg preskon di CGV ini banyakan outer ya teh, klo yg pertama kan dress. Tp smuanya aku sukaaa, meski plg suka ttp si abu2 putih pink itu. Shafira emang kece yaa. Smoga nanti bisa lihat keseluruhan koleksi pas IFW.

    ReplyDelete