Sunat Tanpa Suntik Bikin Anak Semangat dan Tidak Takut

Peralatan Sunat metode Needle Free Injection yang diterapkan 

Buat sebagian anak, disunat itu sekilas terkesan mengerikan dan terbayang merasakan kesakitan yang amat sangat karena sebagian daging dari tubuhnya dikerat.

Saya masih ingat, saat kecil melihat acara sunatan tetangga yang anaknya tiga semua laki-laki, saat itu entah kenapa, prosesi sunatnya dilakukan di halaman rumah disaksikan banyak orang dan alat sunat tak menggunakan peralatan medis tapi menggunakan hinis yaitu banbu yang pipih dan tajam. Dua orang menangis satu lagi tidak. Namun saya saat itu yang masih kecil punya rasa aneh karena dipotong dengan bamboo pipih.

Saya berpikir apakah itu hygienis atau tidak? Namun anak-anak tersebut semuanya sehat dan tidak bermasalah setelah disunat. Saya mengetahuinya karena dekat rumah.

Sekarang mungkin metode seperti itu tidak dianjurkan ya? Karena takut infeksi dan kasihan juga dengan anaknya.

Sekarang peralatan sunat secara medis sudah banyak metode nya namun tak semua punya system yang bersahabat. Secanggih apapun jika masih membuat anak takut, berarti belum berhasil sosialisasi manfaat sunat kepada anak-anak.

dr.Mahdian Nur SpBS (Kiri)

Needle Free Injection

Seiring kemajuan, dr.Mahdian Nur Nasution, SpBS Founder dan pemilik Rumah Sunat menerapkan peralatan sunat ramah anak tanpa suntik. Jadi, metode nya dengan cara anestesi atau bius tanpa menggunakan jarum suntik agar anak tidak takut.

Menurut dr.Mahdian, sebelum dilakukan tindakan sunat, harus dilakukan anestesi agar prosesnya tidak sakit, maka dr.Mahdian menggunakan teknologi needle free injection untuk mengantarkan cairan obat ke dalam lapisan kulit masuk ke jaringan subkutan tanpa penetrasi jaru yang tajam. Cara kerja teknologi ini menggunakan tenaga pegas berkecepatan tinggi sehingga menekan ke dalam kulit melalui lubang yang sangat kecil.

Teknologi Needle Free Injection yang digunakan di Rumah Sunat dan berasal dari Korea ini terdiri dari tiga komponen utama yaitu alat semprot cairan anestesi yang terbuat dari kaca sesuai ukuran, injector, pompa injector dan injector yang menggunakan tenaga pegas. Kekuatan penetrasinya disesuaikan dengan kebutuhan.

Kata dr.Mahdian, sunat dengan teknologi needle free injection ini bermanfaat selain agar anak tak merasakan kesakitan juga mencegah reaksi kulit pada anak dari pasca suntikan, seperti membekaskan rasa nyeri dan menjadi biru karena terkena pembuluh darahnya saat disuntik.

Manfaat Sunat

Dengan sunat, akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti gonore, herpes, kanker serviks, infeksi saluran kemih dan penularan infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Human Papilloma Virus (HPV) serta mengurangi risiko ejakulasi dini. Dr.Mahdian memaparkan isi jurnal berjudul “Removal of foreskin remnants in circumcised adults for treatment of premature ejaculation” yang ditulis Mohammed Reza Namavar Boroomand Robati dipublikasikan oleh Urology Annals pada 2011, menyebutkan bahwa prosedur khitan yang menghilangkan sebagian mukosa dan preputium dapat mengurangi jumlah reseptor yang berperan dalam kejadian ejukalis dini.

Jadi, sunat pada pria bukan hanya berefek pada kesehatan pria itu sendiri namun juga apada orang lain, yakni pasangannya. Dijelaskan dr.Mahdian, pada saat suami istri berhubungan seksual, jika pria pasangannya tidak disunat, berpotensi menularkan penyakit karena dari mukosa yang menutupi penis tersebut terdapat banyak kotoran yang dapat menginfeksi dalam setiap gesekannya. Jadi, sunat itu bermanfaat untuk diri dan pasangannya.

Mencegah Risiko Kulup Kembali

Risiko Kulup Kembali menurut dr.Mahdian sering terjadi pada pasien dewasa dan anak-anak. Biasanya hal ini terjadi karena penanganan sunat yang tidak tepat. Umumnya yang tak menggunakan tenaga medis, biasanya masih menyisakan mukosa. Mukosa adalah lapisan paling dalam dari kulup yang melindungi glans penis. Jika ketika disunat masih menyisakan banyak mukosa, risiko kulup kembali dan menutup kepala penis akan lebih besar. Kesimpulannya, sunat adalah moment berharga yang datangnya cuma sekali. Jadikan khitanan ini berkesan sebaik mungkin dan lakukan di tempat yang tepat, aman, sesuai prosedur dan tidak berpotensi kulup kembali.

Rumah Sunat dr.Mahdian merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan, dengan 47 cabang di seluruh Indonesia dan menerapkan inovasi sunat seperti metode “clamp”, Gun Stapler, dan sunat tanpa suntik (needle-free injhection) terbukti atas pelayanan maksimalnya.  Di Rumah Sunat dr.Mahdian ini juga tersedia layanan sunat anak, sunat gemuk, sunat dewasa, sunat premium dan sunat perempuan.

Jadi teringat moment hajatan sunat saudara yang meriah, anak yang disunat hapy, keluarga yang menyelenggarakan hajatan juga bahagia, karena anak yang disunat tak merasakan kesakitan dan dapat menikmati acara syukuran dengan keluarga dan para undangan sambil menikmati ayam bekakak dengan ceria. Menandakan proses sunatan dilakukan dengan benar dan baik. Jadikan moment sunatan anak berkesan baik dan tak terlupakan dengan menyunat anak di tempat yang tepat. 

1 comment

  1. Makasih sharingnya Mbk kebetulan anakku mau sunat pekan depan. Anak kedua masih tetap deg-dengan hehe..

    ReplyDelete