Kebahagiaan Awal Tahun Menjadi Delegasi Asean Work-life Balance Conference

01:05 Ani Berta 19 Comments

Opening Ceremony Asean Work-life Balance Conference
Suatu kehormatan bagi saya ketika diundang menjadi salah satu Delegasi Asean Work-life Balance mewakili Indonesia. Bagaimana saya bisa sampai ke konferensi internasional ini? Karena saya menjadi pengurus di IWITA (Indonesian Women IT Awareness) yang diketuai oleh Martha Simanjuntak. Dan saya ke konferensi ini bukan karena aji mumpung atau melalui proses instan tapi ada perjuangan dan usaha keras di dalamnya.
Berkat bimbingan Kak Martha juga saya bisa melalui berbagai proses dalam menuju sesuatu yang tak biasa. Kak Martha yang banyak pengalaman dan berbagai aktivitas dalam social entrepreneur tak pelit berbagi ilmu maupun kesempatan. Luar biasa pokoknya.

Tanggal 23 sampai 25 Februari 2016 di Malaysian Global Innovation and Creativity Centre (MAGIC) Cyberjaya Kuala Lumpur, terselenggara konferensi dan diikuti delegasi-delegasi dari sepuluh negara Asean, diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, Kamboja, Filipina, Myanmar, Laos, Vietnam. Ada juga yang datang dari Australia, Jepang, Norwegia dan Canada. Bahkan perwakilan Kedutaan Besar Amerika untuk Malaysia pun turut hadir.

Bersama Delegasi dari Indonesia dan Malaysia
Bersama Aziz Johar (Brunei), Kak Martha dan Perwakilan dari Komnas Perempuan Indonesia
Hari pertama dilaksanakan Opening Ceremony yang disampaikan oleh Direktur Program Chong Sheau Ching dari eHomemakers dan Elaine Tan dari Asean Foundation. Dalam sambutannya, Chong Sheau Ching berharap bahwa semua delegasi yang hadir dapat menjadi jembatan pemersatu bagi masyarakat Asean. Bersinergi dan saling memberikan berbagai wawasan dan masukan dalam segala bidang demi kemajuan bersama. Sementara Elaine Tan, mengatakan bahwa konferensi ini sebagai ajang networking juga saling memberikan feedback bermanfaat dari semua rangkaian kegiatan yang ada untuk diaplikasikan sesuai misi Asean Work-life Balance.

Saya merinding bahwa dari Indonesia hadir Ibu Shinta Nuriyah dan Inayah Wahid, menjadi tamu kehormatan yang pertama disebut sebelum negara-negara lainnya. Inayah Wahid memberikan presentasi dengan judul “Pursuit of Happiness and Work-Life Balance” dengan gayanya yang cool juga isi presentasi yang penuh semangat, Inayah mempresentasikan bagaimana anak-anak muda di Indonesia menikmati kebahagiaan bersama keluarga, teman dan lingkungannya. Bahkan tema keseimbangan gaya hidup yang dikaitkan dengan tema konferensi ini dibawakan dengan fun dan mengambil contoh-contoh fenomena kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang sudah banyak dipengaruhi dunia digital. Tak membosankan, bahkan menuai banyak pujian dari delegasi-delegasi negara lain.
Elaine Tan, Direktur Asean Foundation (dok: FB Asean Work-life Balance Indonesia)
Profesor Kalmorat Intaratat dari Thailand yang menjadi penasehat acara ini, memberikan sambutan singkat dan berharap acara ini memberikan impact yang mendalam bagi semua pihak.

Pukul 14.30 Breakout Session semua peserta berpencar dan diperbolehkan memilih talkshow yang dibagi per kategori, Ada empat kategori workshop yang dilaksanakan di sana. Yaitu Corporate Leadership, Women’s Empowerment, Rural Ambition dan Youth Aspiration.

Bersama Delegasi dari Laos

Bersama Delegasi dan pembicara dari Malaysia yang berteman sampai sekarang Lily Maznah Muaz
Ibu Musdah Mulia (Indonesia) dan Miguel L de La Rama (Filipina)
Semua sesi sangat menarik dan ingin semua saya hadiri tetapi waktunya sangat terbatas jadi saya hanya sempat menghadiri sesi talkshow di Women’s Empowerment dengan Narasumber Dr.Siti Musdah Mulia dari Indonesia, aktivis dalam hal keagamaan dan Dosen di UIN Jakarta. Narasumber lainnya Miguel L. De La Rama dari Filipina. Sesi ini sangat interaktif dan menuai diskusi yang hidup karena membahas masalah kerukunan beragama yang dihubungkan dengan hak asasi manusia serta kesetaraan gender di masing-masing negara. Kondisi ini dihubungkan juga dengan gaya hidup yang seimbang dan menciptakan kehidupan yang harmonis dengan semua orang. Tak mudah menyatukan aspirasi dan pendapat makanya diskusi ini sampai tak cukup waktu, banyak yang pertanyaannya belum terjawab.

Hari pertama berhasil dilalui dengan menyenangkan. Malamnya kami Gala Dinner di tempat yang tak jauh dari hotel tempat kami menginap. Suasana semakin hangat dan akrab. Kami ngobrol santai dan membicarakan banyak hal. Mulai makanan khas sampai tempat-tempat menarik yang ada di negara masing-masing. Lagu dan tarian Poco-Poco di Malaysia sangat populer rupanya. Kami semua menari dan bernyayi diiringi lagu tersebut. Terharu saya.

Kami semuanya cair dan dalam kesempatan ini tak sabar ingin mengikuti rangkaian hari ke 2 di mana saya dan Kak Martha akan berbicara juga dalam sebuah sesi.

Bersambung

You Might Also Like

19 comments:

  1. so PROUD of you, teh Ani :)

    InsyaAllah, apapun yang teh Ani lakukan bisa jadi teladan bagi kami, para bloggers Indonesia Raya :)

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  2. keren bisa jadi bagian dari acara besar. semoga saya bisa menyusul prestasi teh ani

    ReplyDelete
  3. pastinya pengalaman berkesan banget ini. Saya tertarik banget pengen tau lanjutan ceritanya. Terutama tentang Ani dan Mbak Martha berbicara di satu sesi :)

    ReplyDelete
  4. Perlu perjuangan ya Teh tidak instan...
    Saya sangat camkan itu ��

    Btw, selamat ya Teh...

    ReplyDelete
  5. Ikut bangga teh..gimana rasanya yah bisa menghadiri suatu event kayak gini, ditunggu hari keduanya.:-)

    ReplyDelete
  6. Contoh nyata perjuangan yang bukan instan... Sip ito ani.. Semoga kelak ssya setidaknya bisa menyusul jejak yg tertinggal :)

    ReplyDelete
  7. kereenn,
    terus berkarya mbak Ani
    salam sukses

    ReplyDelete
  8. Kegiatan positif yang menyenangkan karena menambah wawasan dan pengalaman. Seperti yang saya lakukan ketika dinas di Kemhan. Sering menjadi anggota delegasi RI itu juga membanggakan.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  9. Bangga deh, bisa berada di sana.. Sukses mba Ani Berta

    ReplyDelete
  10. Bangga deh, bisa berada di sana.. Sukses mba Ani Berta

    ReplyDelete
  11. euforianya berasa bgt pas bacanya kak, hmm, seminar yg prestisius :)

    ReplyDelete
  12. Bangga pada pencapaianmu yang luar biasa, Ani Berta. Sukses terus ya. *angkat dua jempol* ;)

    ReplyDelete
  13. Lama gak komunikasi sama mbak Ani via blog (dulu masih sesama user blogdetik), tapi masih ngikuti perkembangan via sosial media.
    Proud of you mbak. Semoga bisa terus memberi manfaat yak :)

    ReplyDelete
  14. Mbak Ani memang keren deh. Lanjut baca postingan selanjutnya ah.

    ReplyDelete
  15. So proud of you teh. Modal keikhlasan dalam dunia blogging akhirnya mengantarkan teteh ke langit langit tertinggi. Nunggu kejutan lainnya lagi.

    ReplyDelete
  16. Ikut senang dan bangga buat Teh Ani.
    Ngikutin ceritanya serasa ada di sana juga :)

    ReplyDelete