Keberkahan Usaha Kuncinya Adalah Berbagi dan Kolaborasi

Saat berkunjung ke suatu acara pameran fashion, yang lebih banyak saya datangi adalah booth pakaian dan aksesoris unik dari berbagai daerah. Karena jejeran pakaian dan aksesoris tersebut mampu membawa imajinasi kuat saya untuk merasakan atmosfer daerah-daerah tersebut. Yang muaranya akan membawa saya untuk berusaha bisa mengunjungi daerah-daerah tersebut.

Selain alasan untuk ingin berkunjung ke daerah tersebut, saya pun sangat menyukai produk-produk UMKM dari setiap daerah mengingat produk-produk seperti pakaian dan aksesoris tersebut dibuat dengan tingkat kerumitan tinggi dengan bahan berkualitas alami dan diolah dengan “hati” tak heran jika hasilnya produk-produk tersebut menjadi berkualitas dan mempunyai karakter spesial.

Namun UMKM belum banyak yang mendukung sepenuhnya, selalu saja ada hambatan untuk kemajuan mereka. Mulai dari akses pemasaran hingga kapasitas untuk memajukan usahanya. Padahal, UMKM adalah salah satu sumber yang dapat memajukan ekonomi bangsa. Karena UMKM berasal dari aktivitas dan pergerakan akar rumput yang langsung memberikan dampak nyata pada perputaran transaksi di kalangan masyarakat langsung.

Bicara soal UMKM, saya langsung ingat pada perusahaan kurir ternama di Indonesia yang jasanya sering saya pakai juga. Yaitu JNE. Dalam perjalanan eksistensinya lebih dari tiga dekade sering membuat program pemberdayaan UMKM dengan berbagai macam konsep yang mempunyai tujuan penguatan agar UMKM berdaya. Informasi detail ada di https://jnewsonline.com/

JNE memberikan fasilitas mulai dari JNE Loyalty Card, diskon harga untuk UMKM hingga workshop dan talkshow khusus untuk UMKM yang mencakup materi pembukuan, teknik pemasaran, digital marketing hingga cara mendapatkan akses legalitas usaha. Tentu saja hal ini sangat membantu dan memberikan kesempatan UMKM untuk go digital karena saat ini, jika UMKM tidak menyentuh area digital, bisa saha terpinggirkan dan diambil alih oleh pesaing untuk berbagai peluangnya.

Berkat JNE pula UMKM dari pelosok desa mempunyai kesempatan banyak untuk terhubung dengan pelanggan=pelanggannya dari berbagai daerah lainnya karena sekarang, untuk mendapatkan berbagai produk hasil karya perajin dari berbagai daerah bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus datang ke daerah tersebut. Misalnya, saat saya ingin membeli Kain Besurek dari Bengkulu, Ulos Batak, Kain Tenun NTT dan lain-lain, semua bisa dibeli secara online. Atau memesan langsung kepada pembuatnya dengan pengiriman langsung melalui jasa JNE.


Foto: JNE

Foto: JNE

Begitu pedulinya JNE terhadap masyarakat terutama kaum marginal, acara puncak dan rangkaian acara ulang tahunnya pada 27 November 2022 dengan tema “Bangkit Bersama” dilaksanakan bersama 20 Yayasan Yatim Piatu dengan berbagai aktivitas bermanfaat seperti lomba foto dan video serta khataman Al Qur’an. Tak hanya itu, JNE juga melibatkan masyarakat di luar dengan memberikan program Giveaway di sosial media. Sehingga semua pihak mendapatkan kebahagiaan dari hari jadinya JNE ini.

Bapak M.Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE mengungkapkan rasa syukurnya bahwa perayaan hari jadi JNE merupakan moment untuk lebih dekat lagi dengan masyarakat dengan semua aktivitas yang dilibatkan. Ini merupakan wujud dari tagline JNE “Connecting Happiness”   

Dalam perjalanan JNE melalui berbagai tahap peningkatan kesuksesan ini tak luput dari prinsip berbagi dan kolaborasi. Dapat diambil pelajarannya dari sini, bahwa keberkahan suatu usaha bisa dirasakan jika kita mampu mengelola penghasilan sebanyak apapun yang diperoleh, harus selalu menyisihkan untuk beramal dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Di samping itu, saya juga mengadopsi prinsip JNE dalam memberikan pemberdayaan terhadap masyarakat tak hanya melalui materi namun juga melalui capacity building skills yang diberikan kepada masyarakat luas baik muda maupun dewasa. Terutama para pelaku UMKM. Pantas saja kalau usahanya maju dan berkembang pesat serta berkah.

Hal-hal positif yang menjadi prinsip JNE dapat menjadi teladan bagi individu secara personal atau bagi perusahaan-perusahaan karena hal baik seperti ini patut dijalankan dengan konsisten agar menjadi kebiasaan baik yang terus berkelanjutan dan berdampak positif bagi dirinya sendiri juga lingkungannya.

Oh ya, bagi yang ingin menyaksikan keseruan gelaran acara puncak ulang tahun JNE, masih dapat disaksikan melalui Channel Youtube JNE. Ada hiburan dan berbagai acara seru lainnya. Jika sempat, intip juga konten Youtube JNE yang memuat konten edukasi supaya dipetik manfaatnya. 


No comments