Memilih Mobil Keluarga Perlu Riset Akurat

17:54 Ani Berta 10 Comments

Mobil sudah bukan barang tertier lagi, kini bergeser menjadi kebutuhan skunder yang bisa dibeli kalangan mana pun. Mengingat dorongan kebutuhan terhadap dunia bisnis atau penunjang aktivitas kehidupan sehari-hari.

Dibuktikan dengan pertumbuhan mobil dunia yang mencapai 89,68 unit pada Tahun 2012. Sedangkan di Indonesia mencapai 1 Juta unit. Bahkan dua Pameran Otomotif terbesar ASEAN, seperti GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) dan IIMS (Indonesia  International Motor Show) selalu dibanjiri pengunjung yang datang untuk membeli atau sekadar melihat-lihat dulu mobil pilihan yang akan dibelinya. Ini, dijadikan ajang untuk mengetahui spesifikasi mobil yang dipilihnya.
Agar tidak terjebak dengan spesifikasi mobil yang kurang tepat dan tak sesuai kebutuhan pembeli, diperlukan kejelian untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil dari mulai onderdil, sparepart, aksesoris dan tipe-nya.
Zaman yang sudah serba digital memberi kemudahan untuk calon konsumen mendapatkan banyak informasi tentang berbagai macam mobil dari berbagai brand. Salah satunya, kehadiran portal Mobil123.com yang menyediakan segudang informasi dari mulai A sampai Z tentang mobil apa pun. Di sana tersedia review berbagai brand dan dipastikan semua mobil yang dijual di Mobil123 sudah terverifikasi, jadi aman.

“Untuk membeli mobil baru atau bekas di Mobil123, terjamin kualitasnya dan dapat dipercaya karena sekalipun mobil bekas, keberadaannya legal dan ada detail penjelasan kondisinya. Konsumen tak perlu susah payah lagi mencari-cari informasi tentang mobil yang diinginkannya dari luar, cukup membuka portal Mobil123, semua bisa diapatkan.” Kata PC Gan selaku Country Manager Mobil123


Ms. PC Gan, Pak Agus dan Pak Paulus 
Tanggal 29 Maret 2016, di Pisa Kafe Mahakam Jakarta mobil123 mengadakan Talkshow dengan tema “Tips Mencari Mobil Idaman Keluarga” dengan Narasumber Paulus S Firmanto, Praktisi Otomotif dan Agus Mustofa, National Technical Support AUTO2000. Sangat membuka wawasan sekali dan membuka pikiran dalam mempertimbangkan berbagai hal dalam memilih mobil yang dibutuhkan. Sehingga tak akan terjebak dengan biaya tinggi yang harus dikeluarkan.

Menurut Paulus, ada beberapa faktor yang dipertimbangkan saat memilih mobil keluarga, diantaranya;

1.  Muat banyak anggota keluarga

2. Harga Terjangkau

3. Irit Bahan Bakar dan kemudahan perawatan

4. Resale Value.

5. Pertimbangan tambahan berupa fitur keamanan, keselamatan,desain nyaman dan fitur hiburan tambahan.

Definisi keluarga tak hanya keluarga inti saja, selain suami, istri dan anak-anak saja tetapi menyangkut seluruh keluarga besar. Paulus juga menambahkan bahwa resale value (Nilai jual kembali) dalam membeli mobil keluarga menjadi pertimbangan utama agar nilai ekonomis dari mobil yang dibeli dapat berfungsi walaupun niatnya beli mobil untuk dipakai bukan untuk dijual kembali.
Sementara Agus Mustofa menitikberatkan pada masalah kesesuaian mobil dengan gaya hidup atau kebutuhan. Saat memilih mobil jenis Sedan, Hatchback, MVP, SUV, Pick UP dan Light Truck, semuanya sebaiknya disesuaikan dengan karakter pembeli.

Pentingnya Service Berkala
Service berkala dinilai sangat penting dan ketika membeli mobil bekas, harus diperhatikan baik-baik Service History nya. Harus diperhatikan Tahun, Harga, Kilometer dan Kondisi Mesin mobil bekas tersebut.

Sangat menarik, beberapa hal yang tak pernah terpikirkan tentang jenis mobil yang mempunyai karakter dan kualitas sama, baik onderdil dan lain sebagainya, ternyata bisa dilihat dari Resale Value nya. Mau membeli tipe mobil apa pun atau ketika membeli buatan negara mana pun, jika kita mengetahui soal Resale Value nya, dijamin mendapatkan mobil yang bernilai ekonomis juga berkualitas.

Keseruan yang tak terlupakan
Dari acara talkshow ini, pencerahan banget bagi saya, siapa tahu ya, rezeki ke depannya kalau mau beli mobil sudah tahu gambaran apa yang perlu diperhatikan. Mobil sekarang bukan sekadar untuk pelengkap gaya hidup tetapi sudah menjadi kebutuhan utama dalam menunjang aktivitas dan menunjang kegiatan ekonomi.

You Might Also Like

10 comments:

  1. Aamiin, semoga dikabulkan doa nya ya teh.

    Tau mobil123 ini sejak tahun lalu dan emang fitur lebih friendly user dan lengkap.

    ReplyDelete
  2. Semoga terkabul ya mbak punya mobil idamannya :D

    aamiin

    ReplyDelete
  3. Aku dapet wawasan yang benar-benar baru dalam memilih mobil, yakni soal histori servis.

    ReplyDelete
  4. Aku coba dulu cari di web mobil 123 nya yaaa... kok byk yg review kyknya recommended ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  5. semoga ada rezekinya nanti buat beli mobil ya teeeh aamiin ^^ *berdoabuatakujuga

    ReplyDelete
  6. Iya setuju teh, mobil sudah bukan hanya gaya hidup lg skrg, tp pelengkap yg harus disesuaikan dng kondisi kita..

    ReplyDelete
  7. nanti jika ada rezeki dan bisa terkumpul insyaAllah saya mau membeli mobil. nanti coba liat-liat terlebih dahulu di mobil123.com. mobil impian sayaa yaitu honda jazz. semoga tercapai. amiinn...

    ReplyDelete
  8. Amin, semoga mbak cepat2 membeli mobil barunya

    ReplyDelete
  9. betul banget, pernah bokap mau beli mobil tapi budget minim, eh malah belinya avanza, aturan yg aga kerenan yaa.. paling ngganya ertigalah cukup atau livina :D
    tp harus tetep brsukur ga smua keluarga pnya mobil keluarga...

    ReplyDelete
  10. tak perlu terlalu dirisetkan, mobil murah berkualitas pilihan keluarga ya jelas Datsun donk pastinya.. hehe :D

    ReplyDelete