Menghadapi MEA Dengan Sukacita

09:23 Ani Berta 28 Comments

Apa itu MEA? Sekilas mirip nama seorang gadis cantik ya? Hahaha, bukan. MEA adalah singkatan dari Masyarakat Ekonomi Asean atau Asean Economic Community (AEC) Menurut Wikipedia, MEA dirancang untuk mewujudkan Wawasan ASEAN 2020. Perdagangan antarnegara ASEAN terintegrasi. Artinya, perdagangan bebas bagi semua negara ASEAN dan Indonesia kebanjiran produk-produk dan tenaga kerja dari negara-negara ASEAN lainnya.

Yang tertangkap di benak masyarakat pasti “takut” atau “terancam” malah sampai ada yang ngedumel, katanya “nambah-nambah masalah saja, sudah banyak pengangguran ditambah lagi tenaga kerja dari luar.” Come on! Bangkit dong jangan sukanya di ninabobo, dalam iklim tropis memang enak ya buat leha-leha. Asal bisa makan dan kumpul saja sudah senang, gak salah sebenarnya pandangan ini, tapi buatlah “Bisa makan dan kumpul sambil produktif dan gak tergantung” Dengan adanya MEA, diharapkan semua bangkit dan terpecut untuk membuat sesuatu yang lebih bernilai ketimbang jalan di tempat. Tak perlu menyalahkan keadaan atau perubahan.

MEA bisa disikapi sebagai ancaman juga peluang. Secara manusiawi, wajar jika merasa MEA itu ancaman, tergantung pada kesiapan seseorang. Kalau saya pribadi, bagaimana pun harus mampu menghadapinya. Karena suka atau tidak. Siap atau tidak. Hal itu harus terjadi.

Menghadapi MEA saya ingin berbagi tips dalam ranah sebagai seorang freelancer dalam dunia Blogging dan Kegiatan sosial media. Menurut saya, kegiatan blogging dan sosial media justru berpeluang besar untuk meningkatkan penghasilan jika dikelola dengan baik. Mengapa demikian? Karena dunia Blogging akan memberikan sentuhan unik dan variasi untuk dunia marketing. Era serba digital semua aktivitas selayaknya diimbangi dengan aktivitas digital. Tak heran jika banyak perusahaan yang membutuhkan Blogger dan Netizen untuk membantu proses marketing yang tidak monoton.

Bukan dunia Blogger saja yang berpeluang survive saat MEA. Menjadi penulis konten website perusahaan dan organisasi, kontributor media dan pengelola akun-akun sosial media juga menjadi lahan yang basah bagi yang menguasai skill terkait.

Setelah membidik peluang, apa yang harus dilakukan agar bisa tegak berdiri dan tetap lapang dada saat gempuran sumber daya manusia dan produk-produk luar berdatangan?

Sebagai Blogger dan Netizen serta freelancer, ini tips simpel dari saya :

  1. Perdalam Bahasa Inggris, banyak baca buku berbahasa Inggris, banyak latihan percakapan dan ikut ujian TOEFL atau IELTS. Kalau sudah pernah ikut, coba upgrade lagi.
  2. Buat Blog berbahasa Inggris, ini pernah saya lakukan dan akan saya perbanyak update post-nya.
  3. Banyak interaksi dan networking dengan blogger, netizen atau calon partner kerja dari negara-negara lain. Bisa melalui acara workshop atau kelas online.
  4. Upgrade ilmu dan kemampuan.
  5. Menciptakan peluang sendiri dan menangkap setiap kesempatan.
  6. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
  7. Mempertajam ciri khas dan karakter karya sendiri.
  8. Bekerja keras dan tekun.
  9. Pelajari karakter bisnis negara lain, bisa via media online atau buku.
  10. Ibadah tetap nomor satu.

Sepuluh tips ini ada penjabarannya, nanti akan saya sambung di postingan berikutnya. Simpel tetapi punya visi yang lebar, tantangan menghadapi MEA sangat menyenangkan karena beruntung, saya berada dalam ranah industri kreatif. Jadi sangat fleksibel dalam menciptakan peluang. Dari menjual ide dan konsep saja, sudah bisa menjadi sumber peluang. Dan ini bukan sekadar mencari peluang tetapi ikut membantu perusahaan-perusahaan dalam circle marketing mereka.

Maka tunggu apa lagi? Jangan sia-siakan waktu dengan hanya ngedumel, berdiam diri atau bergantung saja terhadap zona nyaman. Upgrade skill, Ciptakan peluang dan raih keleluasaan di era MEA dengan hati yang senang.



You Might Also Like

28 comments:

  1. harus improve Inggris aku lagi nih, hayu atuh diajarin teh

    ReplyDelete
  2. Dulu udah pernah bikin blog berbahasa inggris teh, tp gak lanjut krn gak pede sama grammar yg masih berantakan :(

    ReplyDelete
  3. 10 hal diatas adl hal2 yang harus dilakukan untuk menghadapi MEA sebagai seorang blogger. Walaupun harus bertahap melakukannya. Saya sendiri masih concern yg no 6,7 dan 10 karena ingn sekali mempertajam ciri khas artikel yg saya tulis. No 1 jg tengah saya lakukan upaya menghadapi MEA untuk persiapan di dunia kerja setelah lulus kuliah nanti. :)

    ReplyDelete
  4. Ibadah nomor satu, dibarengi usaha ya teh...setuju aku mah. Siap bertarung dengan MEA, perkenalkan namaku Xena The Warrior Princess hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah terima kasih tipsnya teh Ani. Jadi semangat nih semoga bisa lebih baik lagi ke depan

    ReplyDelete
  6. Keren tips nya teh, patut dicoba nih. Memang hidup itu proses belajar tanpa henti ya :)

    ReplyDelete
  7. Aku lemaaah banget nih teh bahasa Inggrisnya, dulu ikut les Inggris niatnya cari jodoh :D

    ReplyDelete
  8. Lho, tuh ibadah nomor 10, bukan nomor 1, Ani. (just kidding)
    10 tips ini lengkap sudah untuk bersaing di MEA, tapi itu buat yang sudah siap luar dalam. Sementara saya masih banyak bolongnya tuh. Apalagi yang nomor 1, parah bangeeeet...

    ReplyDelete
  9. Setuju banget. 10 tips yang harus diterapkan ini. Kalau belum bisa menerapkan semua, minimal satu dua mulai dicicil. Mari belajar :)

    ReplyDelete
  10. Setuju...tipsnya mengena banget
    Langsung saya sedot eh serap ��

    Daripada meratapi diri mending upgrade diri ya Teh
    Alin alon assal kalakon.
    Cikaracak ningg ang batu laun laun jadi dekok

    Hihi... nyambung gak?
    Ya maksudnya meski banyak ketertinggalan tetap semangat belajar karena lama lama masa sih kalau serius tidak ada hasilnya?

    Nuhun ilmunya Teh...

    ReplyDelete
  11. point satu dan dua, tentang improved English. PR banget buat saya heheee
    salam sukses Mbak Ani

    ReplyDelete
  12. Improve English itu jadi wajib hukumnya kalau nggak mau ketinggalan ya. Tks, tips nya, Ani. :)

    ReplyDelete
  13. Improve English itu jadi wajib hukumnya kalau nggak mau ketinggalan ya. Tks, tips nya, Ani. :)

    ReplyDelete
  14. Uwowowowo... makasiii banget Kak Ani Bertaaaa :)
    Yoi kalo pengin bisa outstanding, ya kita beneran kudu meng-upgrade diri yah :)

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  15. Baiklah, baca2 postingan temen-temen ttg MEA ini baru ngerti.

    ReplyDelete
  16. Baiklah, baca2 postingan temen-temen ttg MEA ini baru ngerti. (Komen yg diatas punya ahmad nurcholis itu Ima yang komen, belom di log out, hihi..)

    ReplyDelete
  17. Setuju dgn tipsnya teh Ani. Jd bikin semangat. Haduh, banyak banget PR-ku spya bisa upgrade skills, yak. Moga2 bisa.

    ReplyDelete
  18. Koreksi, Teh, ibadahnya ada di nomor 10 itu bukan nomor 1. Hehehehe....

    Khusus poin bahasa Inggris, ngerasa banget kalau keteteran dengan bahasa tulisan. Baca artikel bahasa Inggris gak masalah sih, ngerti-ngerti aja. Cuma kalau dibalik, disuruh nulis, langsung angkat tangan. Grammar keok. Kudu kursus lagi kayanya.

    ReplyDelete
  19. Saya lagi belajar bahasa inggris lagi teh secara online soalnya nyadar kurang banget

    ReplyDelete
  20. Makasih ya mbak ilmunya, memang bhsa inggris ini bhsa internasiona dan tdak sedikit org yang bisa, namun sya ini.kurang pintar berbahas inggris, bhs indnesia aja kdang masih belpotan kalau nulis artikel, jadi masih kesusahan utk bsa hehehehe....

    ReplyDelete
  21. Dengan adanya MEA kita juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

    ReplyDelete
  22. Kelemahan terbesar saya di bahasa Inggris, mau gak mau harus belajar giat buat ngadepin MEA.

    ReplyDelete
  23. bener banget ini...aku juga lagi benerin bahasa bule nih..banyak PR ya kita sebenarnya, justru ini bikin semangat ...

    ReplyDelete
  24. ya, sebenarnya sih saya juga kurang suka tapi itu mau gak mau harus bisa berlayar. saya yakin indonesia tak jauh beda dengan negara asean lainnya.. positif thingking aje :D

    ReplyDelete
  25. Kepengin memperlancar kembali bahasa Inggris, semoga kekejar ya
    Makasih sharingnya teh Ani, padat, penuh ilmu

    ReplyDelete
  26. Keilmuaku tentang MEA dan menghadapi MEA itu cetek banget hahahahah. Thanks for share ya eda. Intinya kita harus selalu upgrade dan update sama semua yg baru ya. SEMANGAT!

    ReplyDelete
  27. setuju banget kak, mari sambut MEA dengan semangat upgrade skill :D

    ReplyDelete