Saturday, 1 April 2017

Menikmati Ruang Terbuka Hijau Sambil Belajar Keuangan di Taman Literasi

Share it Please
Game Board
Belajar keuangan dan asuransi biasanya ada sugesti memusingkan dan sudah menganggap susah duluan, tapi jika belajarnya sambil menghirup udara segar dan sambil bermain bersama teman atau keluarga, pasti mengasyikkan.

Ada kabar gembira untuk sarana yang bisa dimanfaatkan keluarga, anak sekolah dan masyarakat umum jika ingin belajar asyik tentang keuangan. Yaitu hadirnya Taman Literasi Keuangan dari Prudential yang diluncurkan Desember 2016 lalu.

Foto by: Atanasia Rian
Program CSR (Corporate Social Responsibility) Prudential Indonesia dialokasikan pada pembangunan Taman Literasi Keuangan di Taman Mataram Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman ini dibangun hasil kerjasama Prudential dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI)  dan Pemerintah DKI.

Taman Literasi Keuangan ini terwujud juga berkat terpilihnya Program CSR Prudential sebagai pemenang kategori inovasipada kompetisi Chairman Challenge tingkat CSR Prudential sedunia.  

Saya dan beberapa teman blogger berkesempatan menyaksikan Taman Literasi Keuangan ini 30 Maret 2017 lalu. Dalam acara ini, hadir  Sean Rach, Chief Marketing Officer, Prudential  Corporation Asia, Paul Mandua, Chairman Prudential plc (Prudential Group in London) serta dari perwakilan Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing & Communications Director dan Relawan Prudential.

Dimeriahkan pula oleh siswa siswi dari SD Selong 4 dan SMK 15 Jakarta. Menurut Paul Mandua, Taman Literasi ini dibangun untuk mendukung sarana pendidikan dan wawasan untuk masyarakat luas yang dapat digunakan kapan saja.

“Taman Literasi bukan satu-satunya sarana pendidikan yang dibangun Prudential, masih banyak misi mengedepankan pendidikan dari Prudential untuk menunjang kemajuan dan masa depan generasi penerus. Hal ini harus berkesinambungan dan merupakan tanggung jawab bersama, baik korporasi, Lembaga Swadaya Masyarakat maupun masyarakat umum.” Kata Paul.

Ada apa saja di Taman Literasi ini? Banyak platform untuk edukasi tentang literasi keuangan tentunya. Diantaranya ada:

Area Terbuka Hijau: Bisa untuk tempat diskusi atau kumpul-kumpul, bebas mau melakukan kegiatan positif apapun asal bisa menjaga kebersihan. Tempat sampah banyak tersedia di setiap sudut taman.

Permainan Game Board: Mencocokan kartu untuk mengenal asuransi dan rambu-rambu pengelolaan keuangan.

Game Board Cha-Ching

Permainan Game Board Cha-Ching yang melatih setiap individu untuk pandai mengelola keuangan dan melakukan pencatatan dengan detail. Tersedia papan untuk mencatat transaksi yang dilakukan.

Ada yang menarik dari Program Cha-Ching ini, saat saya bertanya ke salah satu perwakilan dari Prestasi Junior Indonesia yang mengelola program Cha-Ching, ternyata sudah mengunjungi sekolah-sekolah untuk mengedukasi siswa siswi nya dalam pengelolaan keuangan untuk anak-anak. 

Misalnya cara menabung, cara menggunakan uang yang tepat dan beramal. Setiap bulan tim Cha-Ching akan mendatangi sekolah tersebut untuk mengevaluasi perkembangan apakah anak-anak tersebut mengaplikasikan edukasi tersebut atau tidak? Bagi anak-anak yang ternyata konsisten, diberi hadiah berupa beasiswa. Keren kan?





Delapan Rambu-Rambu Tips Pengelolaan Keuangan: Terpasang di setiap sudut taman dengan isi quotes yang dapat mengingatkan betapa pentingnya manajemen keuangan. Pemahaman tentang manajemen keuangan pun tercantum dalam papan-papan tersebut dalam bahasa yang mudah dimengerti.

Dalam sambutannya, Nini Sumohandoyo berharap dengan hadirnya Taman Literasi Keuangan dari Prudential ini, masyarakat mau belajar tentang manajemen keuangan yang baik sehingga bisa terkelola lebih tepat. Selain itu, ia juga berkomitmen bahwa program ini ada sustainability nya. Akan terus berkelanjutan dalam mengedepankan inovasi program untuk kepentingan masyarakat luas.

Sekarang, tak ada lagi alasan untuk mengatakan “susah belajar soal keuangan” jika ingin belajar manajemen keuangan dengan fun, datang aja ke Taman Literasi ini, tempatnya cukup strategis, kalau dari Blok M dekat sekali. Kalau naik kereta, bisa turun di Stasiun Kebayoran. Sedangkan metromini jurusan Blok M banyak melewati jalur ini.

Nini Sumohandovo Marcom Prudential bersama Blogger
Bersama Maskot Literasi Keuangan


Di sana bisa belajar memahami asuransi sebagai proteksi, cara memulai investasi, tips supaya tidak boros dan masih banyak lagi. Tentunya sambil menikmati udara segar.

Terima kasih Prudential!

11 comments:

  1. Belajar asuransi dan keuangan jadi lebih mudah kalau sambil bermain ya Teh.

    ReplyDelete
  2. Sekalian main di taman sekalian belajar, konsepnya keren banget ini.

    ReplyDelete
  3. Waw! Benar-benar taman yang mengedukasi bagi para pengunjungnya tidak hanya sembarang taman. Kerjasama yang baik melalui program CSR antara Prudential dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) dan Pemerintah DKI. Asyik juga nih kayaknya untuk pengambilan gambar buat vlog. Thanks you infonya teh Ani.

    ReplyDelete
  4. Aku sampe pengen balik lagi dan bawa anak2 ke sini lho teh, pas banget emang lagi pengen ngedukasi anak2 soal keuangan, apalagi yang udah abege..

    ReplyDelete
  5. wah, kayaknya seru bu :)
    yuk ah, kapan2 kita belajar bareng lagi di taman
    jadi penasaran nih, kalo libur mau mampir ah

    ReplyDelete
  6. Keren ya teh taman nya sangat mengedukasi anak, salut untuk program CSR nya Prudential

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya saya pengen ikutan main kemarin hihi.. seruu.. boleh kan ya orangtua ikutan maen hehe.. lain kali ah diem diem

    ReplyDelete
  8. Bagus banget Teh tempatnya, kapan waktu ke sini ah sekeluarga.

    ReplyDelete
  9. Wah bener nih, penting sekali ruang terbuka hijau sperti di Jakarta, apalagi tamannya ada area bermain anak sambil edukasi.

    Pas banget, klo ajak anak main kesana....

    ReplyDelete
  10. Waah anak-anak pasti senwng banget ini kalo diajak kwsini, sayang jauh banget dari Bekasi

    ReplyDelete
  11. Prudential profitnya lagi banyak banget ya, jadi bisa menggaji tenaga branding buat bikin common room beginian..

    ReplyDelete

Blogroll

About