Pages

Thursday, 25 May 2017

Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

Share it Please
Talkshow
“Karena aktivitas sehari-hari di Bulan Ramadan tidak berubah, maka asupan makanan harus tetap seimbang antara karbohidrat, lemak, sayur, buah, air dan serat serta menghindari makanan berkalori tinggi yang mengakibatkan berkurangnya cairan yang akan mengganggu metabolisme tubuh untuk detoksifikasi.” Rita Ramayulis DCN, M.Kes membuka talkshow. Rita adalah seorang nutritionis dan penulis buku gizi.

Menyambut Ramadan ini, Philips Home Living Indonesia menyambut Ramadan dengan mengadakan  Gathering Media dan Blogger pada 15 Mei 2017 di Jakarta. Dengan tema “Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips”

Gathering ini sangat menarik dan bikin betah. Bagaimana tidak? Di awal acara sudah ada aktivitas yang bermanfaat dan tak membosankan. Misalnya, konsultasi gizi bersama pakar. Di sini kita bisa mengetahui posisi dan kondisi kesehatan kita dan mendapat solusi untuk mencapai kondisi tubuh yang semestinya.

Selain itu, ada praktek membuat minuman dari buah segar menggunakan Philips Blender dan makan siang bersama. Oh ya, kita lanjutkan dulu paparan Rita Ramayulis tips makanan sehat dan praktis selama berpuasa.

Rita Ramayulis DCN, M.Kes

Tips Makanan Sehat Dan Praktis Selama Berpuasa

Buka Puasa, Ada anggapan bahwa berbuka puasa dengan yang manis adalah memakan yang manis-manis saja tanpa memikirkan bahan pembuat makanan tersebut. Misalnya, berbuka dengan minuman yang sangat manis dan mengandung banyak pewarna. Ini tidak dianjurkan karena Glukosa yang ada di sekitar lambung akan meningkat dan susah dicerna.

Berbuka dan sahur tidak dianjurkan dgn yg terlalu manis. Untuk menu Kolak,maksimal gula 7% dari satu porsi higangan. Misalnya dalam satu cangkir kolak, cukup satu sendok makan saja, tidak muncung pastinya.

Sahur, prinsip pertama harus memenuhi kebutuhan zat gizi makanan yg bisa dicerna lebih lambat oleh tubuh, supaya rasa kenyang lebih awet. Protein rendah lemak, sangat dianjurkan untuk konsumsi makanan di saat sahur karena jika makanan mengandung lemak tinggi, akan susah dicerna, misalnya, makanan yang digoreng dan masakan yang menggunakan minyak banyak lainnya.

“Makanan yang digoreng atau mengandung banyak minyak akan melalui proses yang panjang dalam pencernaan, jika ada dalam menu buka puasa atau sahur, ini sangat mengganggu proses detoksifikasi yang sudah terjadi sejak pagi hingga berbuka puasa. Bayangkan saja, ketika makanan berminyak itu masuk ke lambung lalu menuju usus halus dan diproses oleh pankreas sampai terbentuk cairan empedu. Begitu panjang prosesnya.” Rita memberikan penjelasan.”

Karbohidrat, jika memungkinkan pilih yg seratnya tinggi, nasi putih bisa dicampur beras merah jika makan roti, pilih roti gandum.

Makanan yang dihidangkan saat sahur sebaiknya tidak terlalu panas dan tidak telalu kuat rasanya. Misalnya makanan yang terlalu pedas dan mengandung banyak perasa, sangat tidak dianjurkan. Buah durian yang mengandung banyak gas dan minuman berkarbonasi juga sangat tidak dianjurkan.

Minum kopi atau teh dengan kafein tinggi pun saat sahur sebaiknya hindari dulu. Usahakan olahan makanan prosesnya dikukus, jika menggoreng pun tidak terlalu banyak minyaknya. Trik makanan yang diolah dengan minyak, sebaiknya ditumis saja.

Rita menambahkan bahwa menu yang terbaik saat puasa adalah karbohidrat mengandung serat, protein rendah lemak, sayuran, buah-buahan dan air dan susu. Rita juga menganjurkan saat puasa sebaiknya berolah raga ringan, bisa setelah sahur atau menjelang berbuka puasa.

Indikator puasa yang berhasil, menurut Rita adalah berat badan menjadi stabil, tidak terlalu gemuk atau kurus. Lalu HDL membaik. Glukosa darah dan tekanan darah juga lebih stabil dan pikiran lebih positif dan segar.

Sebagai anjuran dari hasil penelitian Departemen Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa menu makanan saat berpuasa mengikuti prinsip seimbangdan beraneka ragam, terdiri dari 50% karbohidrat, 25% lemak dan 15% protein dari kebutuhan energi, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan setiap orang. Dan makan sahur tidak terlalu kenyang.

Pengolah Makanan Sehat Dan Praktis dari Philips Untuk Sahur Dan Berbuka

Untuk memperoleh makanan sehat tak cukup dari bahan makanannya saja tapi cara mengolahnya pun harus diperhatikan. Salah mengolah bisa menjadi sumber penyakit juga. Misalnya, terlalu banyak memanaskan masakan bisa menyebabkan kanker, masak dengan peralatan yang mudah berkarat juga berbahaya untuk kesehatan karena bisa mengkontaminasi.

Philips sebagai produk terpercaya memberikan kepedulian terhadap olahan makanan sehat yang layak konsumsi saat berpuasa melalui inovasi produk yang terus berkembang. Dalam kesempatan ini, Philips mengenalkan tiga produk peralatan dapur yang dapat memudahkan para ibu untuk mengolah makanan berbuka dan sahur dengan praktis hanya dalam waktu 30 menit.

Tiga produk tersebut adalah Philips Air Fryer, Fuzzy Logic dan Philips Blender.

Hasil memasak dan mengolah dengan produk Philips

Low Fat Fryer

Berikut spesifikasi dari Philips Viva Collection Air Fryer with Rapid Ait technology.
Low Fat Fryer Multicooker 800 g.

Menggoreng dengan lemak kurang dari 80% dengan teknologi yang sempurna membuat masakan garing dan tetap gurih baik di bagian dalam maupun luar makanan yang dimasak dengan sedikit minyak maupun tanpa minyak.

Desain yang unik dan dapat digunakan untuk menggoreng, memanggang bahkan membakar.
Cepat dan mudah dengan kapasitas luas dan bisa diatur temperaturnya. Selain itu, peralatan ini mudah dibersihkan.

Cocok banget dipakai untuk mengolah makanan untuk berbuka dan sahur apa lagi untuk yang tak punya waktu banyak.

Juice yang diolah dengan Philips Blender 

Philips Blender HR2115/40
Listrik 600 W, Kapasitas 200 L Plastic Jar, 5 Kecepatan

Membuat jus segar, sop buatan sendiri atau membuat smoothies dengan Blender Philips aman karena bahan dari alat ini terbuat dari bahan yang aman dan tidak mengkontaminasi makanan yang diolahnya.

Menggiling makanan dengan halus dan sempurna, setelah selesai digunakan mudah sekali dibersihkan.

“Philips mengerti kebutuhan masyarakat, saat tidak mempunyai banyak waktu untuk mengolah masakan sedangkan di rumah ingin tetap menyajikan makanan sehat untuk keluarga dalam waktu singkat. Maka inovasi Philips ini dipersembahkan sebagai pemacu semangat para ibu untuk menhidangkan makanan sehat dan praktis.” Pungkas Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia.

Kesimpulannya, kita bisa menyajikan masakan dengan cepat dengan produk yang aman dan tidak mengkontaminasi dengan produk yang tepat seperti Philips. Jadikan moment Ramadhan yang lebih berarti dan membuat tubuh tetap bugar karena asupan makanan yang tepat dan seimbang serta diolah dengan produk yang aman.

39 comments:

  1. Tertarik sama produk low fat frayer itu Teh, desainnya unik tapi fungsinya banyak.

    Bikin juice pake philips blender emang udah paling tepat dech, dirumah pun pakai blender philips dan hasilnya perfect.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya praktis banget dan masaknya gak lama :D

      Delete
  2. Philips memang juara dan awetnya terjamin.
    Dri dlu sdh ngefans dg product philips

    ReplyDelete
  3. Low fat fryernya bikiin mupeeeng

    ReplyDelete
  4. Tips mengolah makanan buat puasanya penting bgt nih.
    Terus itu blendernya kok keren ya

    ReplyDelete
  5. Mupeng, punya cukur jenggot listrik dari Philips yang dibeli bapak di jerman tahun 97 aja awet. Apalagi produk tahun sekarang pasti lebih oke. produk low fat frayer banyak fungsi pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukur jenggot itu memang hits! :D
      Aku kemarin punya buat hadiah

      Delete
  6. Pengen banget punyalow fat fryer nya ♡_♡
    Makanan matang lebih sempurna dan tanpa sisa minyak berlebih, baik buat kesehatan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah matang sempurna, cepat pula masaknya.

      Delete
  7. artikel yg bermanfaat. trima kasih

    ReplyDelete
  8. Wah, solusi buat masak banget deh, Jadi semakin praktis dan enak. Ibu saya juga di Rumah pakai produk Philips, awet sudah lama. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak kost cocok pakai ini Aris hehehe praktis :D

      Delete
  9. Terima kasih tuk tipsnya Mbak.. Info Philips nya juga berguna, jd tau deh kalo Philips punya produk low fat fryer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba.
      Iya ini inovasi barunya Philips Mba :)

      Delete
  10. Jadi pengen beli philips low fat fryernya, masak jadi tambah praktis dan sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak sehat dan praktis kalo pakai alat tsb mba

      Delete
  11. kayaknya reccomended banget buat emak saya yg suka masak.

    ReplyDelete
  12. Duh teh aq pengen bgt pnya low feat fryernya,,keren bs ngurangin konsumsi minyak goreng.
    kmren lupa nnya watt-nya brp hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabung Mbaaaa hihihi
      Spesifikasinya ramah lingkungan kok mba

      Delete
  13. Sahur itu PR. Kadang lupa kandungan gizinya yang penting kenyang. Apalagi waktu jadi kosan, seringnya mie Instant paling mewah goreng telor sama oseng2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh bhayyy deh Mie instan buat sahur :D

      Delete
  14. Informasi bermanfaat karena buka puasa itu maunya yang manis dan berwarna. Harus mulai bikin olahan makanan.menyenangkan jika pakai Philips

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bikin olahan yg sehat dan segar tanpa kontaminasi bahan dari peralatan itu sendiri.

      Delete
  15. "Gathering ini sangat menarik dan bikin betah"
    setuju bu, awalnya saya sempet kaget soalnya mayoritas yang datang wanita, alias cowonya dikit hi hi hi
    tapi setelah diskusi dan praktek, jadi lebih ngerti
    apalagi, sekalian masak2 (aslinya sih ga bantuin, cuma makan doang)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Calon bapak harus paham soal makanan sehat, biar kelak istrinya bisa ikutin :D
      Masak2 bantuin icip2 ya hahaha

      Delete
  16. Suka banget dengan blendernya. Apalagi buat memasak semua bumbu langsung halus seketika. Ada Low Fat multicookernya hmmm kira-kira sebulan bisa turun berat badan dan kolesterol ya Teh Ani...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Blendernya bisa buat lumatkan bumbu juga, multifungsi hehehe

      Delete
  17. Naksir sama lot fat fryer Philips multicooker������.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah beli Low Fat Fryer Philips jangan lupa beli Blendernya Mel hehehe. Nabung nabung :)

      Delete
  18. cucok banget ni alat masak philips buat kita buibuk yg sibuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya buat Mama Ina cucok bisa bikin tambah lezat masakan2nya deh dan lebih bervariasi :)

      Delete
  19. Inovasinya keren ya teh, memperhatikan faktor kesehatan

    ReplyDelete

Blogroll

About