Pages

Tuesday, 19 September 2017

Beli Mobil Bekas Eks Taksi dan Tips Beli Asuransi Online

Share it Please
ki-ka: Bernardus P Wanandi, Enny, Hery Sugiarto

Banyak tips cara membeli mobil bekas tapi hanya mengulas sebagian besarnya saja tanpa membahas lebih rinci bagaimana teknisnya. Kali ini, saya memperoleh informasi akurat dari Pak Hery Sugiarto, General Manager Blue Bird Used Card di acara Blogger Gathering rutin bersama Portal Otomotif No 1 pada 13 September 2017 lalu di FX Senayan.

Apa saja yang dibagikan oleh Pak Hery? Berikut ulasannya soal memilih mobil bekas yang tepat:

Cek Bentuk Eksterior Mobil

Saat memeriksa mobil, pastikan di permukaan yang rata, periksa kondisi ban dengan seksama, perhatikan bagian-bagian mobil, apakah ada bagian yang sudah melorot atau bentuknya berubah dari aslinya.
Lalu, perharikan cat mobil, apakah melepuh, bergelembung, ada goresan dan titik-titik karat.

Cek Mesin

Periksa bagian dalam kap mobil, dari perubahan bentuk apakah penyok atau banyak karatnya, periksa juga selang-selang dan sabuk-sabuk lalu periksa mesin dari kebocoran atau koros. Lalu angkat tongkat pengukur oli transmisi yang menunjukkan warna oli harus berwarna merah atau merah jambu.

Interior Mobil

Memeriksa interior, harus masuk sekalian ke dalam mobil untuk memeriksa jok, sarung jok yang dipastikan tidak berlubang, sobek, banyak goresan atau kerusakan lainnya. Pendingin udara dites juga apakah bekerja dengan baik atau tidak?
Jika mesin mobil tersebut sudah punya sistem komputerisasi, bisa dicek melalui tanda peringatan ketika mobil dalam posisi ON

Test Drive

Lakukan test drive dengan mengetes rem yang ditekan dalam-dalam untuk berhenti mendadak tidak sampai selip. Periksa juga terhadap guncangan kecil pada kecepatan 72/88/105/121 km/Jam.

Surat-Surat Kendaraan

STNK dengan pajak yang tertib dibayar, BPKB dalam kondisi baik dengan nama yang sesuai dengan STNK, Cek juga Faktur Pajak dan periksa kesesuaiannya.

Tips Sederhana

Pak Hery juga menyarankan saat memeriksa kondisi mobil bekas yang hendak dibeli, sebelumnya cari pembanding dulu baik secara online maupun offline

Jika mau lebih akurat lagi, bisa membawa mekanik sendiri. Jadi memeriksa mobil lebih objektif dan lebih meyakinkan.

Berikut mobil-mobil yang tersedia di CAReady Blue Bird :

Eks Bluebird Limo yang telah dipoles
aamiin
Mercedes Benz ini bikin mupeng

Beli di tempat yang terpercaya lebih direkomendasikan lagi. Bicara soal tempat terpercaya, Bluebird punya CAReady yang menyediakan mobil bekas taksi siap pakai. Jangan memandang sebelah mata dengan mobil eks taksi karena Bluebird punya standar kualitas pemeliharaan berkala yang sangat akurat.

Untuk nilai ekonomisnya standar 5 tahun dan sebelum dijual ke konsumen, semua atribut taksi dilepas, dicat sesuai permintaan konsumen dan seruluh interior dirapikan. Selain itu, quality control pun dilakukan standar Bluebird.

Jenis Limo dan Mecedes Benz adalah yang biasa dijual ke konsumen. Kondisinya masih sangat layak dan mendukung lifestyle juga memenuhi kebutuhan dasar berkendara.

Pak Hery juga mengemukakan bahwa membeli mobil itu bukan investasi namun konsumsi. Banyak yang salah kaprah menganggap beli mobil adalah investasi. Padahal mobil yang dipakai terus menerus tentu mengalami banyak penyusutan secara ekonomis dan penggunanya memperoleh manfaat secara langsung.

Jadi, jangan ragu kalau mau beli mobil bekas eks taksi karena mobilnya dipelihara sangat memenuhi standar. Jika tertarik dengan mobil bekas eks taksi, bisa mengunjungi CAReady.

Ibu Enny dari MSIG

MSIG

Beli mobil tak lepas juga dari kebutuhan Asuransi. Dalam kesempatan ini, saya dan teman-teman blogger juga memperoleh pengetahuan kiat membeli asuransi melalui online. Narasumbernya Pak Bernardus P Wanandi dan Ibu Enny dari Asuransi MSIG.

Sebelum melangkah ke kiat membeli asuransi online, kita kenalan dulu dengan MSIG yang merupakan bagian dari MS&AD Insurance Grup yang merupakan grup asuransi terbesar di Jepang. Hadir di Indonesia dengan nama PT.Asuransi MSIG Indonesia yang merupakan perusahaan asuransi patungan Indonesia - Jepang.

Menurut Pak Bernardus, membeli asuransi secara konvensional harus melalui banyak prosedur untuk mendapatkan asuransi yang diinginkan. Seperti janjian dengan agen marketing, menunggu proses administrasi, menunggu persetujuan dan lain sebagainya.

Sehingga konsumen merasa terlalu lama menunggu apalagi untuk mendapatkan benefitnya, pasti harus menanti dengan sabar.
Lain jika membeli asuransi melalui online. Konsumen bisa lebih mudah mendapatkan layanan yang diharapkan. Mulai dari konsultasi jarak jauh, memperoleh informasi pembanding, simulasi premi dan lain sebagainya. Bisa dilakukan di mana saja selagi terhubung dengan internet.

Lalu, Ibu Enny selaku Senior General Manager Production MSIG, berbagi kiat ketika kita hendak membeli asuransi online. Berikut paparannya:

Upayakan asuransi tersebut terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), jika sudah terdaftar di OJK, asuransi terawasi setiap transaksinya dan pertanggungan jawab setiap transaksinya dapat dipegang.

Reputasi Baik, Citra perusahaan yang baik serta banyak testimoni baik dari konsumen sebelumnya tentu memberi nilai tambah untuk kepercayaan kita kepada asuransi yang dipilih.

Dikenal dan Berpengalaman secara internasional, artinya asuransi tersebut sudah mempunyai nama baik di masyarakat bahkan sudah dikenal di luar negeri.

Memiliki sistem pembelian dan pembayaran yang mudah, Konsumen tidak dipersulit untuk berbagai transaksi.

Memberikan e-Policy, Konsumen dapat mempelajari polis asuransi setiap saat melalui e-policy yang mudah didapatkan.


Untuk menjawab kebutuhan asuransi secara online ini, MSIG menyediakansemua kemudahan tersebut karena MSIG sudah mempunyai reputasi lebih kurang selama 100 tahun sejak berdirinya dan memberikan berbagai kemudahan pelayanan.

MSIG juga mempunyai sistem pembayaran dengan berbagai cara yang dapat memudahkan konsumen bertransaksi.Aman dan dapat dipercaya serta memiliki daya saing dan akuntabel.

Kelebihan lainnya, MSIG memiliki menfaat Overseas Travel Insurance MSIG yang memiliki santunan untuk keterlambatan penerbangan yang terlindungi diberikan per 3 jam.  Sedangkan untuk paket asuransi keluarga manfaat yang diterima untuk masing-masing tertanggung adalah 100%. Lebih penting lagi, premi nya kompetitif.


Indra Prabowo (Mobil123.com)

Bapak Indra dari Mobil123.com pun mengatakan dalam sambutannya bahwa talkshow ini diharapkan banyak manfaatnya untuk blogger dan media yang hadir. Partnership seperti ini tentunya memberikan banyak wawasan dan sinergi yang bermanfaat bagi semua pihak.

18 comments:

  1. iparku udah pernah beli juga mobil eks Blue Bird teh, lumayan bgt ya harganya, gak bikin kantong bolong, hehhe.

    ReplyDelete
  2. Karena gathering ini,sebagai wanita saya jadi belajar apa yang penting untuk dilakukan pengecekannya sebelum membeli mobil second.

    ReplyDelete
  3. Mobilnya masih mulus ya teh dan harganya worth it jd berasa beli mobil baru, apalagi ada asuransi on line ga ribet lagi deh bisa by phone tipsnya bermanfaat banget teh Ani.

    ReplyDelete
  4. Bener banget Teh, kalao ternyata mobil itu konsumsi bukan nilai investasi yang suka salah kaprah disitu xixi. Asuransi MSIG pun keren,sampai delay penerbangan pun dibayarkan ya

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen beli, harganya murah tapi kualitas mobilnya masih ok ya

    ReplyDelete
  6. Iya betul teh, kayaknya supaya lebih meyakinkan lagi sih mending bawa mekaniknya ya. Jdi bisa lebih teliti lg periksa2nya. Tapi ini informasinya boleh jg teh ani untuk rekomendasi beli mobil bekasnya, jd tau tempatnya.

    ReplyDelete
  7. Anggapan saya dulu beli mobil bekas itu semacam siap menanggung resiko yang terjadi, misalnya aja tiba2 mogok dan mesinnya bermasalah dls. Soalnya teman saya waktu itu pas beli mobil bekas ujung2nya malah tekor gegara sering masuk bengkel :(

    Tapi dengan adanya ulasan ini, jadi membuka pikiran saya kalau beli mobil bekaspun bisa juga berkulitas asal beli ditempat yng terpercaya dan tahu tips2nya. Thanks untuk ulasannya teh :)

    ReplyDelete
  8. Walau bekas pakai tapi selama di pakai para supir taxi pastinya blue bird pengawasan terhadap armada nya. Kita akan bisa duduk nyaman apalagi beli yg bekas .

    ReplyDelete
  9. Aq jg mupeng teh liat mobilnya mulus bgt...msti nabung kayanya :)

    ReplyDelete
  10. Intinya, beli di tempat yang terpercaya ya teh, dan tips sederhana tadi bikin kita yakin deh pilih mobil bekas, gak takut lagi.

    ReplyDelete
  11. Solusi banget nih beli mobil eks taksi buat yang baru pertama kali mau punya mobil. Harganya dipastikan gak bikin kantong bolong soalnya. Dan yang terpenting perhatiin deh tips-tips dari Teh Ani di atas, dijamin nggak rugi.

    ReplyDelete
  12. Katanya mobil ekx taksi Blue Bird paling bagus. Karena saat masih jadi taxi, perusahaannya rutin melakukan perawatan

    ReplyDelete
  13. untuk biaya konsumsi seperti mobil, memang perlu diperhatikan baik-baik sebelum membeli ya teh..

    ReplyDelete
  14. Mobil skrg udah jadi kebutuhan ya teh. Makanya beli mobil juga harus perhatikan cermat. Dan kayanya mobil bekas taksi patut juga jd pertimbangan

    ReplyDelete
  15. mobil bekas sekarang juga masih bagus-bagus, siapin budget dulu dari sekarang mbak.

    ReplyDelete
  16. Dulu agak gak yakin kalo beli mobil bekas pasti banyak pertimbangannnya dan setelah baca ulasannya tentang CAReady dan tipsnya dalam memilih mobil bekas yang aman, dan berkualitas gak ragu lagi saya untuk beli mobil bekas

    ReplyDelete
  17. Skrang jamannya online, Semua serba praktis dan mudah beli asuransi aja baru tau kalo bisa online....pilih ex taksi BB boleh juga terjangkau

    ReplyDelete

Blogroll

About