Pages

Monday, 25 September 2017

FWD Life dan Bank BTN Mendukung Target Pemerintah Terhadap Inklusi Keuangan

Share it Please
Sinergi FWD Life dan Bank BTN penuh keakraban

Inklusi keuangan sedang digencarkan oleh pemerintah mengacu pada Peraturan Presiden No.82 Tahun 2016 mengingat masyarakat Indonesia belum merata untuk mengakses produk-produk perbankan yang disebabkan beberapa faktor.

Faktor tersebut misalnya, karena ketidak tahuan cara mengaksesnya, dianggap terlampau mahal untuk biaya administrasinya, cenderung menganggap mahal juga untuk premi asuransi yang harus disetorkan jika minatnya adalah membeli asuransi. Jadi, sebagian masyarakat hanya membayangkan saja untuk mencapai keinginannya. Bahkan kemudahan akses lokasi juga sangat menentukan dalam kesiapan masyarakat dalam mengakses perbankan tersebut.

Untuk kepemilikan Asuransi bahkan menurut data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), kepemilikan asuransi di Indonesia hingga 2017 baru mencapai 2,7% masih kalah jauh dengan negara tetangga yang rata-rata sudah mencapai 5%.

Data AAJI tersebut cukup logis dengan yang pernah saya saksikan pada saat berkunjung untuk sebuah acara ke perkampungan nelayan di Muara Angke. Saat itu, saya berada di sekolahan TK. Melihat para orang tua murid yang membayar SPP dengan uang tunai yang ditaruh dalam keresek segitu banyaknya. Menurut saya, seharusnya cukup ditransfer demi keamanan. Konon, mereka pun saat berbelanja emas atau mobil, uang kas yang hendak dibayarkan ditaruh di keresek karena tak cukup di dompet. Padahal ini zaman moderen. Mereka seharusnya sudah memakai produk perbankan demi keamanan.

Menurut beberapa sumber, nelayan di kawasan tersebut juga tidak ada yang memiliki asuransi, padahal pekerjaannya sangat berisiko. Kemungkinan jika asuransi tersosialisasikan di sana, bukan hal mustahil jika mereka juga berminat menabung di bank sekaligus punya asuransi.

Permasalahan kurang meratanya akses perbankan tersebut bukan hanya terjadi pada perkampungan nelayan di Muara Angke, masih banyak lagi di luaran sana yang punya masalah serupa.


Menyikapi hal ini, FWD Life dan Bank BTN bekerjasama meluncurkan produk Bancassurance yang memudahkan masyarakat untuk memiliki tabungan sekaligus asuransi dengan premi terjangkau, mulai dari Rp.100.000 sampai 1 Juta Rupiah tanpa dikenakan biaya administrasi. Produk ini bernama ASURANSI BEBAS RENCANA PLUS dengan jangka waktu pembayaran premi selama 5 tahun.

Seperti yang dikatakan Presiden Direktur FWD Life, Bapak Choo Sin Fook bahwa tujuan adanya kerjasama FWD Life dengan Bank BTN adalah memberikan akses seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia dalam memperoleh produk perbankan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan sinergi. Bapak Choo Sin Fook pun sangat mengapresiasi Bank BTN yang bersedia menjadi partner dalam pelayanan Bancassurance untuk masyarakat Indonesia yang lebih mudah.

Bank BTN yang telah berdiri sejak 1897 ini, tentu sudah sangat berpengalaman dalam pelayanan untuk masyarakat luas. Apalagi Bank BTN satu-satunya bank yang ditunjuk pemerintah sebagai institusi yang menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi masyarakat menengah ke bawah sejak 1974 hingga sekarang.

Kolaborasi ini disambut juga oleh Direktur Utama Bank BTN, Maryono. Komitmen yang terjalin menurutnya, sangat sejalan dengan komitmen perseroan dalam meningkatkan layanan produk untuk nasabah yang memberi ketenangan karena bebas dari risiko keuangan di masa depan.

Ada tiga manfaat utama untuk nasabah atas ASURANSI BEBAS RENCANA PLUS adalah sebagai berikut:

  1. Pemberian Bonus 105% Jika tidak terjadi klaim. Bonus dibayarkan dalam dua tahap, yakni akhir tahun ke-5 sebanyak 50% dan sisanya di akhir tahun ke-8.
  2. Manfaat Meninggal Tahun Pertama, Seluruh premi dibayarkan 100% non kecelakaan dan 200% jika karena kecelakaan.
  3. Manfaat Meninggal Tahun ke-dua dan seterusnya, Seluruh premi dibayarkan 100% non kecelakaan dan 200% jika karena kecelakaan.

Hanya ada dua pengecualian dalam melakukan klaim, yakni percobaan bunuh diri dan melanggar hukum.

Kabar baiknya lagi dari ASURANSI BEBAS RENCANA PLUS ini, nasabah yang menyukai olah raga berisiko ekstrim, bisa mendapatkan perlindungan dengan maksimal. Dalam kesempatan ini, hadir dua atlet cantik Wewey Wita (Juara Sea Games 2017 Pencaksilat) dan Rifda Irfanalutfi (Juara Sea Games 2017 Gymnastic) yang menyambut gembira hadirnya asuransi yang meng-cover olah raga berisiko yang mereka tekuni.

Wewey Wita dan Rifda Irfanalutfi

Menurut Wewey, selama ini belum ada asuransi yang cover perlindungan jangka panjang untuk dirinya dan teman-teman sesama atlet.

“Biasanya jaminan yang diberikan hanya pada masa tanding saja, kalau untuk jangka panjang belum pernah ada. Jujur saja, dengan hadirnya ASURANSI BEBAS RENCANA PLUS ini, pasti sangat membantu kami atlet dengan risiko olah raga ekstrim.” Kata Wewey.

“Soal cedera sudah makanan sehari-hari kami, mulai dari tulang retak, keseleo, luka robek dan lain-lain. Dengan adanya asuransi dari FWD dan Bank BTN ini, terus terang saja ini adalah sebuah solusi bagi kami yang tentu saja menenangkan.” Rifda menambahkan.

Memang sudah selayaknya atlet yang mengharumkan nama bangsa seperti dua atlet cantik ini memperoleh perlindungan jangka panjang selama karirnya.

Kelebihan lainnya, Asuransi yang digodok FWD Life bersama Bank BTN ini, memakai sistem digital dan paperless. Sehingga mendukung Go Green dan efisiensi transaksi dengan memanfaatkan teknologi.

Sosialisasi Bancassurance ini mulai disampaikan dalam “Padang KulinerRUN2017” pada 24 September 2017. Tentu saja dalam acara ini, FWD Life dan Bank BTN memberikan keakraban tersendiri dalam meyampaikan informasi seputar asuransi dan perbankan dalam bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat sambil olah raga.

FWD Life sebagai official insurance partner memberikan perlindungan asuransi kecelakaan diri untuk seluruh peserta lari Padang KulinerRUN dengan uang pertanggungan hingga Rp.20 Juta.
Inovasi dan kolaborasi seperti ini mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi bancassurance lainnya di tanah air supaya masyarakat selalu mendapatkan kemudahan dan pelayanan prima.

14 comments:

  1. Ini membantu masyarakat menengah ke bawah yang butuh asuransi jiwa ya, Teh

    ReplyDelete
  2. Waah ini sinergi yang bermanfaat. Sangat membantu ini buat kita ke depannya.

    ReplyDelete
  3. Preminya pun terjangkau ya, mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 1.000.000, acara Padang KulinerRun pun menarik nih bisa mengenalkan kepada masyarakat luas ya tentang Bancassurance ini

    ReplyDelete
  4. makin kreatif cara meningkatkan inklusi keuangan. Dengan kolaborasi BTN dan FWD Life begini masyarakat mudah mendapatkan asuransi yang terjangkau

    ReplyDelete
  5. Sistem asuransinya terutama dalam klaim sangat menarik untuk dicoba.

    ReplyDelete
  6. Iya teh Ani, banyak yang kurang tau informasi asuransi dan gimana cara mengaksesnya, termasuk aku sebelum banyak cari info sendiri

    ReplyDelete
  7. kudu dibandingin dulu sih FWD sama asuransi lain, mau coba lihat ilustrasi asuransinya misal ada agennya.

    ReplyDelete
  8. asuransi ini sangat inovatif dan menggaet berbagai kalangan ya, Mbak, mudah mudahan bermanfaat bagi yang membutuhkan :)

    ReplyDelete
  9. Banyak yg belum tertarik dgn asuransi, terutama masyarakat bawah. Selain karena preminya dikira mahal, juga cara bayarnya yang sulit.

    ReplyDelete
  10. Iya, nelayan resiko pekerjaannya tinggi terombang-ambing di laut, pas nih asuransinya buat nelayan, preminya terjangkau

    ReplyDelete
  11. Asuransi yang cover perlindungan jiwa atlet harus didukung nih mba. Soalnya profesi atlet beresiko juga. Aku dukung juga kerjasama dengan Bank BTN agar makin banyak yang menggunakan asuransi

    ReplyDelete
  12. Konon asuransi hanya dimiliki bagi mrk yg berduit, kini ada yg terjangkau buat kalangan menengah, smg bisa membantu.

    ReplyDelete

Blogroll

About