Pages

Tuesday, 23 January 2018

BBPLK Bekasi Siapkan Pelatihan Gratis Berbasis Kompetensi Bersertifikat

Share it Please
Pejabat BBPLK Bekasi

Balai Latihan Kerja (BLK) yang saya kenal adalah bangunan bertingkat dengan kelas-kelas yang berderet dan sejumlah kekakuan di setiap sudut. Adalah BLK yang saya lihat di Bandung pada dua puluh tahun yang lalu. Saat itu, saya sempat menaruh harapan besar ke BLK Bandung untuk ikut kursus komputer dan serangkaian skill lainnya yang sedang hits di era 90an.

Namun apa daya, harapan saya pupus karena per kursus saat itu harus bayar. Mulai dari biaya beli formulir, pendaftaran awal hingga bayar bulanan. Akhirnya saya balik jalan. Tak pernah datang lagi ke sana.

Senin, 22 Januari 2018 saya diajak Mba Eni dan Mba April untuk memenuhi undangan Balai Besar Pengembangan dan Latihan Kerja Bekasi (BBPLK) di bawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan RI. Berada di pusat Kota Bekasi. Awalnya saya skeptis dan ingatan saya melambung kembali ke masa silam. Namun saya terperanjat dan cukup surprise ketika melihat kondisi BLK di Bekasi ini. Lingkungan sangat asri, tertata rapi, tidak kumuh dan sangat ramah penglihatan.



Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi bersama 576 Peserta

Bertepatan dengan pembukaan pelatihan berbasis kompetensi, maka terlihat lalu lalang peserta dengan pakaian hitam putihnya. 576 peserta pelatihan mengikuti acara pembukaan ini.

Dalam sambutannya, Ibu Hemiaty Basri, Kepala BLK Bekasi mengatakan bahwa pemerintan melakukan percepatan dalam menyediakan sumber daya manusia Indonesia agar dapat memiliki kemampuan di atas rata-rata sehingga bisa berdaya saing dan menciptakan peluang.

Era digital dan kecanggihan teknologi membuat pemerintah melakukan pembenahan dan berbagai persiapan matang dalam pelatihan berbasis kompetensi ini. Menarik sekali mengingat program ini sesuai dengan program yang dicanangkan Presiden Jokowi pada saat meresmikan pendidikan vokasi bagi SMK dan industri di Cikarang tahun lalu.

Pendidikan vokasi adalah program pelatihan berbasis teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. Jadi, biasanya BLK dan perusahaan bekerjasama untuk membuat kurikulum atau modul pelatihan. Jadi, lulusannya siap pakai.

Pertanyaan yang berkecamuk saat sampai di sana, membuat saya tak sabar mendengarkan paparan atau penjelasan pihak BLK terkait keberadaan tempat pelatihan yang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke ini.


Kami bertatap muka dengan Ibu Helmiaty Basri selaku Ketua BLK Bekasi, Memey Meirita Handayani, kepala Bagian Tata Usaha BLK Bekasi, Bapak Syafruddin, Kepala Bidang Program dan Evaluasi serta Bapak Yudi Hermawan, Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan. Pertanyaan saya terjawab. Ternyata penampilan BLK yang cozy serta peserta yang banyak ini berkat program 3R, yakni Re-Orientasi – Re-Vitalisasi – Re-Branding

Re-Orientasi, Pembinaan kejuruan yang lebih mudah dan terarah. Kejuruan dirampingkan menjadi 10 unggulan dimaksudkan untuk mengutamakan kualitas sehingga hasilnya berdaya saing dan siap pakai di industri.

Dengan merampingkan kejuruan, berarti banyak fokus yang lebih mudah dikuasai peserta pelatihan karena waktunya efektif. Re-Orientasi ini menghasilkan sistem kejuruan unggulan di setiap BLK provinsi. Misalnya, di Bekasi ini unggulannya adalah Teknologi dan Informasi dan Elektro, di Bandung, Manufaktur dan Otomotif, di Medan, Bangunan dan Pariwisata, Serang, Las dan Listrik, Semarang, Fashion Technology dan Administrasi Bisnis & Manajemen.

Pelatihan unggulan ini disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing dan peminatnya diarahkan ke kejuruan yang tepat melalui assesment.

Re-Vitalisasi, BLK yang selama ini image nya kumuh, membosankan dan tidak punya sistem jelas, kali ini BLK dirombak infrastrukturnya, mulai dari pengadaan fasilitas, akomodasi untuk peserta dan hal-hal penunjang lainnya. Disesuaikan dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi.

Karena sarana yang ada di BLK harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi masa kini yang banyak diterapkan di setiap perusahaan. Jadi, jika teknologi yang diajarkan di BLK tidak sesuai, tentunya akan sia-sia hasil pelatihannya.

Salah satu ruangan kelas Teknologi Informasi 
Sudut Asrama wanita yang berfungsi sebagai hotel untuk praktek juga
Salah satu ruangan workshop untuk kejuruan Elektronika

Re-Branding,
Lagi-lagi soal image jika selama ini banyak ketidakpuasan hasil pelatihan di BLK yang diadakan pemerintah karena terkesan apa adanya dan formalitas. Maka, re-branding BLK dengan meningkatkan mutu, dari mulai sistem pengajaran yang lebih intensif, instruktur berkualitas dan kompeten dan memperluas kemitraan dengan pihak ke-tiga. Misalnya dengan industri, instansi dan organisasi.

Setiap lulusan pun diusahakan mempunyai portfolio bagus dengan langsung bekerja di perusahaan-perusahaan yang sesuai dan dapat menampung peserta dengan keahlian masing-masing.

Kenyamanan peserta saat pelatihan juga sangat menjadi perhatian, maka tempat yang dibangun dibuat layak dan disesuaikan dengan kondisi yang kekinian untuk mencegah kebosanan. Seperti yang dikatakan Ibu Helmiaty bahwa bangunan BLK ini disesuaikan selera anak zaman sekarang yang suka tempat instagramable, spot foto kece dan fasilitas lainnya seperti kafe dan kantin. Yang menjamin peserta betah dan semangat saat belajar.

Strategi Pelaksanaan 3-R

Strategi pelaksanaan 3-R BLK ini dititikberatkan pada delapan detail yang terdiri dari kompetisi kerja, instruktur dan tenaga kepelatihan, assessment, pembiayaan, kurikulum, materi pelatihan, manajemen dan tata kelola lembaga serta sarana dan prasarana.

Menurut Ibu Helmiaty, untuk instruktur masih menemui kendala karena selama ini, instruktur lebih banyak yang mempunyai visi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan membidik jenjang jabatan. Sehingga setelah lolos menjadi PNS dan naik jabatan biasanya tak melanjutkan mengajar.

Oleh karena itu, sedang diupayakan untuk outsourcing tenaga dari luar dan meningkatkan kualitas pengajar dengan jam terbang yang sepadan.

BBPLK Bekasi ini banguannya didirikan di atas lahan seluas 10 hektar yang terdiri atas ruangan-ruangan kelas, asrama, hotel, kantin , masjid dan sarana lainnya.

Program Pelatihan

BBPLK Bekasi menyediakan program pelatihan Kejuruan Elektronika dengan 94 paket boarding dan 45 paket non-boarding. Kejuruan TIK83 paket boarding dan 27 paket non-boarding, kejuruan refrigeration 15 paket boarding dan 15 paket non-boarding. Dalam waktu dekat, ada kejuruan baru di BBPLK Bekasi, yakni Perhotelan dan pariwisata dengan 15 paket boarding dan 15 paket non-boarding.

Boarding adalah peruntukan bagi peserta yang tinggal di luar kota atau luar pulau yang harus menginap di asrama. Fasilitas yang diberikan adalah akomodasi selama di BLK plus uang saku serta sertifikat kelulusan. Sedangkan non-boarding adalah program yang tidak harus menginap.

Siapa saja yang dapat mengikuti pelatihan di BBPLK Bekasi?

Siapapun bisa ikut selagi melengkapi persyaratan administrasi dengan lengkap. Masih sekolah, kuliah, sudah bekerja, pengangguran, usia lanjut dan siapapun bisa mengikuti pelatihan ini. Menurut Ibu Helmiyati, biasanya yang usia lanjut ikut pelatihan ini sebagai pengisi waktu supaya tetap produktif di usia lanjut. Sedangkan para pemuda tentunya termotivasi oleh ragam keinginan dalam menciptakan masa depan.

Para peserta dibina secara fisik, mental dan akademis. Mengapa fisik diterapkan juga? Karena jika bekerja di industri, persiapan fisik yang prima juga sangat penting dan latihan fisik ini melibatkan militer. Keren kan?

Kedisiplinan pun diterapkan dengan baik. Jika peserta telat datang, tidak diperkenankan masuk kelas. Untuk kelulusan pun sangat ketat. Semua harus memenuhi nilai standar karena untuk menjaga kredibilitas BLK supaya lulusannya berkualitas.

Jika tidak lulus, peserta pelatihan akan diberi kesempatan untuk dibina kembali sampai bisa. Yang penting ada kemauan dan mengikuti aturan.

Bagaimana cara mendaftar pelatihan gratis di BBPLK Bekasi?

Registrasi online melalui website www.kios3in1.net/006 atau bisa menghubungi hotline 08159171717 dan 085711070057 atau bisa datang langsung ke BLK Bekasi Jl.Guntur Raya No.1 Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan. Telp: (021) 8841147.

Proses seleksi kerjanya meliputi Seleksi administratif, tes tertulis dan wawancara.

Persyaratannya bisa disiapkan fotocopy ijazah pendidikan terakhir, fotocopy KTP, pas photo 3X4 1 lembar, lulus tes seleksi dan sehat jasmani, rohani serta tidak buta warna.

Peserta juga akan mendapatkan sarana transportasi PP, asrama bagi yang ikut boarding, makan, pakaian kerja, asuransi, sertifikat pelatihan dan sertifikat BNSP.

Program 3-R pada BLK ini sebagai salah satu upaya untuk memotivasi peserta pelatihan agar mampu berdaya saing di era perdagangan bebas ASEAN (MEA) dan Asia (AFTA). Juga untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengentaskan pengangguran.


11 comments:

  1. Nah... Pas banget ini buat ponakan, saudara, atau siapa pun yang mau nambah skill. Jadi, BLK tak sekadar obeng, martil, gergaji dan teman-temannya. Ada banyak pilihan dengan program-program menarik yang bisa mewujudkan impian. Wajib kita dukung program seperti ini.

    ReplyDelete
  2. Kalau BLK yang di Surabaya (zaman2 saya SMA kuliah gtu) krn bapaknya temen ada yg kerja di sana dan tingal di perumahan sebelahnya, dr luar tu keliatan kyk seadanya gtu Teh. Tapi gk tau skrng ya, mungkin lbh baik. Moga semua BLK2 lain jg nyusul diperbaiki kyk BLK Bekasi ini dan mampu mengentaskan pengangguran TFS

    ReplyDelete
  3. BLK di Situbondo ada ga ya Teh? Aku ga pernah ngorek2 info itu.. cari tahu ahhh

    ReplyDelete
  4. saya baru tau teh,maka nya agak kaget juga ternyata dah lama tapi ga kedengaran

    ReplyDelete
  5. Ahh senanggg bacanya. Pasti banyak bgt yg terbantu dng adanya balai latihan kerja ini ya teh..

    ReplyDelete
  6. Keren ya teh program 3R nya, nggak sabar pengen datang lagi ngeliat ruang tunggu yang bakal dibuat kayak lobi hotel dan ada photobooth 3D nya.

    ReplyDelete
  7. Bagus bangat nih BBPLK Bekasi, pelatihannya dengan program-program studi yang sesuai pasar sehingga benar-benar ilmu bisa digunakan di dunia kerja. Salut!

    ReplyDelete
  8. Semoga dengan adanya BBPLK Bekasi ini mampu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia ya tehm], dan semoga BLK yang di daerah lainnya pun ikutvtermotivasi memiliki tempat pelatihan kerja yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap.

    Salut sama program 3-Rnya, nda salah jadi makin kece aja BBPLK Bekasi :)

    ReplyDelete
  9. Mudah2an banyak masyarakat yang mau mengakses program ini ya teh Ani.

    ReplyDelete
  10. BBPLK Bekasi hadir memberikan lapangan kerja baru yang bersertifikat, melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi. Masyarakat tak perlu khawatir lagi dengan perkembangan jaman, karena melalui BBPLK Bekasi masyarakat diberikan pelatihan khusus yang diharapkan oleh pasar, karena kurikulum di BBPLK Bekasi tidak sama dengan pendidikan formal, oleh karena itu BBPLK Bekasi lebih menjemput bola permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yaa tehh

    ReplyDelete
  11. Teh, BLK gratis ga cuma di Bekasi kan? Yang di Bandung sekarang gratis juga? Info ini aku bagi ke OB dan satpam komplek, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

Blogroll

About