Pages

Tuesday, 13 February 2018

XPANDER Plant Tour

Share it Please


Berkesempatan kembali mengunjungi pabrik mobil dengan brand berbeda, membuat saya kaya pengalaman. Dari perbedaan idealisme setiap pabrik, menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan itu maha luas dan begitu banyak sudut pandang yang menjadi kiblat kesuksesan suatu perusahaan.

Hal tersebut juga membuat debit wawasan saya meningkat. Budaya disiplin dan komitmen perusahaan Jepang yang selalu menumbuhkan semangat menaati peraturan adalah inspirasi yang tak pernah surut.

Rifat Sungkar

Pada 7 Februari 2018, saya beserta puluhan blogger mengikuti XPANDER Plant Tour ke Pabrik Mitsubishi Cikarang bersama Portal Otomotif no.1. Perjalanan pagi itu lumayan lancar walau diselimuti mendung dan gerimis. Tapi tak menyurutkan semangat kami untuk touring bersama.

Sampai di Cikarang, kami tak langsung menuju pabrik karena masih banyak waktu menuju acara utama. Jadi, kami makan siang dulu sambil istirahat di sebuah rumah makan yang tentunya membangkitkan selera. Selain karena memang kami lapar juga menunya sangat lezat.

Setelah sholat dhuhur kami menuju pabrik Mitsubishi yang luasnya 51 hektar, rapi dan bersih. Di lobi pabrik terdapat mobil-mobil keluaran Mitsubishi yang mejeng dengan megahnya, mengundang untuk disentuh dan dicoba. Body nya yang kokoh dan desain yang gaya sangat menawan dipandang dan sangat fungsional untuk dipakai sehari-hari.

Kita mengenal Mitsubishi dulu. Ternyata, Mitsubishi sudah eksis lama dan berpusat di Tokyo, Jepang. Mitsubishi memiliki keunggulan kompetitif pada SUV dan Pick Up, kendaraan listrik dan plug-in hybrid vehicle. Seiring komitmen pelayanannya, Mitsubishi terus berinovasi mengembangkan karyanya untuk melayani konsumen secara maksimal.

Mitsubishi terus berinovasi berdasarkan survei dan observasinya agar produk-produk yang dikembangkannya bermanfaat banyak. Bukti komitmen tersebut, lahirlah Kendaraan Multi Guna atau bahasa kerennya adalah Multi Purpose Vehicle (MPV) baru. Yakni XPANDER dengan desain futuristik dan dinamis. Kalau melihat langsung, mobil ini terkesan elegan dan mewah. Padahal harganya standar layaknya mobil “sejuta umat” masih di bawah Rp.250 Jutaan dengan desain, fitur dan keamanan mumpuni.

Apa saja kelebihan dan keunikan XPANDER ini? Sehingga menjadi primadona dengan bukti penjualan awalnya melebihi target 3000-4000 per bulan sejak pertama dipasarkan mulai September 2017.

Pertama, Mitsubishi MPV ini diuji oleh ASEAN NCAP (New Car Assesment Program) secara keseluruhan dan memperoleh Bintang Empat atas kualitasnya. Untuk fitur keamanan menjadi highlight tersendiri. Misalnya, Kategori perlindungan orang dewasa dan anak menempati skors tinggi juga.

Dual airbag tersedia dan pengingat pemakaian sabuk pengaman tersedia bagi pengemudi maupun penumpang depan. Safety Assist Technology yang disebut Emergency Stop Signal juga menjadi komitmen Mitsubishi dalam mengutamakan keselamatan.

Rifat Sungkar, Product Ambassador Mitsubishi Motor Indonesia juga menjelaskan fitur-fitur unggulan yang ada pada XPANDER. Diantaranya ruang yang lapang, titik-titik penyimpanan yang luas dan bermuatan banyak, kapasitas mesin 1500CC, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Jika biasanya USB charging Cuma ada di depan, di XPANDER ini ada di depan, tengah dan belakang jadi kalau mau nge-charge tak perlu rebutan atau nunggu giliran. Tinggal colok saja yang dekat tempat duduk tanpa harus bergeser ke depan.



Kami pun berkesempatan melihat langsung bagaimana XPANDER dirakit dari proses awal, assembling, qualiy control hingga uji coba. Pabrik terlihat bersih dan nyaman. Semua peraturan ditaati pegawainya sehingga proses produksi terlihat efisien, rapi, teratur dan nyaman.

Rangkaian akhir tour, kami diberi kesempatan untuk test drive hal ini tak kami sia-siakan. Kami mencobanya bergantian. Kalau saya, cukup menjadi penumpang saja. Sensasinya benar-benar tak terduga. Tadinya saya berpikir pasti ya rasanya sama saja dengan test drive mobil lain. Tapi ternyata ini beda. Saat melewati jalan tidak rata, tidak terasa guncangan berarti. Suspensinya halus.

Saat bermanuver dengan melewati jalan kelokan-kelokan tajam pun tak terasa oleng. Dahsyatnya lagi, saat rem mendadak, tak terasa kaget dan mesin mobil tetap hidup dan lanjut berjalan kembali dengan lancar.

Pengalaman berkesan dapat menyambangi pabrik mobil bonafid sekelas Mitsubishi Motor. Banyak filosfi dari etos kerja yang diterapkan di sana yang sangat menginspiasi.



4 comments:

  1. Nyobain trus liat proses perakitanya jdi penasaran pengen punya (Amin) Xpnder emang cocok banget buat mobil keluarga nyaman dan aman

    ReplyDelete
  2. asik ya bisa lihat langsung pabriknya kak, ah jadi pengen cepet-cepet punya mobil nih.

    ReplyDelete
  3. suatu kehormatan bisa melihat lebih dekat proses perakitan Mitsubishi Xpander
    kaget juga, prosesnya benar-benar teliti dari a hingga z, pantes ini mobil jadi dambaan rakyat Indonesia

    terima kasih bu Ani, ISB, dan Mobil123 yang sudah memberi kesempatan berharga ini :)

    ReplyDelete
  4. setuju banyak ilmu yang bisa didapat dr berkunjung pabrik

    ReplyDelete

Blogroll

About