Operasi Gigi Bungsu Dengan Biaya BPJS Kesehatan

Hasil rontgent, ada gigi bungsu miring dan gigi depannya bolong hingga akar


Setahun belakangan saya merasa terganggu dengan nyeri di sekitar geraham kanan. Ketika diperiksa ke dokter gigi terdekat, selalunya cuma dilihat saja lalu dikasih obat. Karena jika dilihat secara mata telanjang, gigi saya baik-baik saja dan tampak sehat. Namun saya merasa sakit tak terkira bercampur gatal dan nyeri merambat hingga ke kepala dan bahu.

Nyeri tersebut datangnya sesekali saja atau ketika makan cokelat dan makanan manis lainnya, baru terasa. Biasanya saya cukup beli obat gigi di apotek, berangsur membaik. Puncaknya, enam bulan yang lalu. Saya sudah merasa terganggu dengan rasa nyeri yang tak dapat ditoleransi. Akhirnya, saya ganti dokter gigi yang lain. Ini belum pakai BPJS karena belum sempat ke puskesmas jadi ke dokter gigi dekat rumah saja.

Dengan drg.Dewi Adiwilaga inilah ketemu biang kerok penyebab rasa nyeri tersebut. Menurut dokter Dewi, gigi bungsu saya impaksi, alias tumbuh miring tidak semestinya. Saya memperoleh pencerahan dari beliau, bahwa gigi bungsu sering menjadi masalah bagi sebagian orang karena sebagian gak kebagian tempat untuk tumbuhnya gigi tersebut.

Dari sini, dokter Dewi menyarankan saya untuk bedah minor. Subhanallah dokter cantik ini menyarankan saya untuk memanfaatkan BPJS Kesehatan atau Kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang saya miliki saja, menurutnya, akan lebih ringan jika pakai JKN. Tanpa pikir panjang, saya langsung ke puskesmas untuk periksa dan meminta rujukan untuk bedah minor tersebut.

Setelah memperoleh surat rujukan dari Puskesmas Benda Baru Pamulang, besoknya saya ke RSUD Kota Tangerang karena RSUD Tangerang Selatan tidak tersedia peralatan Bedah Mulut. Tak apalah, saya ingin punya pengalaman juga, kan? Sambil jalan-jalan ke Kota Tangerang ya? Hehehe. Saya sengaja berangkat jam 6 pagi jadi sampai sana jam 7 lebih sedikit. Alhamdulillah, bisa dapat antrean yang tak terlalu panjang.

Dokumen yang diperlukan

Oh ya, persyaratan untuk berobat di tempat yang dirujuk, cukup membawa dokumen sebagai berikut:
  1. Kartu Keluarga
  2. KTP
  3. Kartu JKN (BPJS Kesehatan)
  4. Surat rujukan dari Puskesmas.

Jangan lupa fotokopi dulu semua dokumen tersebut dari rumah agar tidak repot sebab di tempat rujukan akan diminta semua fotokopinya. Setelah ambil antrean, Customer Service akan memproses data dan meminta fotokopi dokumen tadi lalu membuatkan kartu pasien. Dan tunggu dipanggil untuk konsultasi ke dokter gigi bedah mulut.

Saat itu, saya hanya di-rontgent gigi dan diperiksa lalu pulang dulu. Saya disuruh menunggu dipanggil pihak rumah sakit dalam jangka waktu selambatnya 6 bulan. Biasanya, tergantung banyaknya pasien, jika beruntung, antrean dipanggil pada masa tunggu, ada yang sebulan, dua bulan atau tiga dan seterusnya. Kalau saya pas banget 6 bulan. Kok lama? Ya iyalah, namanya juga pakai asuransi BPJS yang semua tumplek berobat di situ dari seluruh Tangerang Kota dan Kabupaten. Jadi, wajar saja ya, jika antreannya selama itu?

Jika sakitnya tidak terlalu mengganggu, tidak masalah. Tapi jika sudah sangat bengkak atau terlampau sakit, bisa berobat sementara dulu di Puskesmas sambil menunggu antrean. Atau jika punya rezeki lebih, bisa lakukan bedah mulut di rumah sakit atau klinik yang berbayar. Kalau saya tidak terlalu mengganggu, jadi bisa menunggu sampai dipanggil. Sekalian ingin tahu prosesnya jika pakai BPJS plus menghemat.

Tiba masanya, biasanya, pemanggilan dilakukan dua minggu sebelum hari H. Di masa ini, sebaiknya rawat dulu gigi supaya pas waktunya dibedah, kondisi gigi dan gusi sedang tidak sakit. Supaya proses bedah mulut bisa cepat dilaksanakan. Jika kondisi sedang sakit, maka bedah mulut akan ditunda. Nantinya harus tunggu antrean lagi.

Rawat gigi dengan selalu membersihkannya setelah makan dan H-3 periksakan dulu ke puskesmas, biasanya akan diberi obat dulu jika ada masalah dengan gigi menjelang operasi.

Hari H Bedah Mulut

Hal-hal ini perlu dilakukan:
  • Usakahan tidur cukup sebelumnya agar kondisi fit. Banyak minum air putih.
  • Bersikap rileks supaya tekanan darah tidak tinggi menjelang operasi, karena jika tensi darah tinggi, bisa batal operasinya. Pengalaman saya saat mau operasi kepikiran banget, sesampainya di RSUD merasa tidak santai, berbagai perasaan campur aduk, akibatnya, tensi darah saya mencapai 130 padahal saya paling tinggi pun tekanan darah hanya sampai 110 biasanya. Untunglah masih bisa dilakukan operasi dengan tensi 130 tersebut. Namun saya berusaha rileks dan ngobrol-ngobrol dengan pasien lain yang sama-sama menunggu.
  • Makan dulu yang cukup dari rumah, karena beberapa jam setelah operasi belum bisa makan. Kalaupun bisa, makanan cair atau lembek. Itu pun harus hati-hati.
  • Tidak usah cemas karena saat disayat, dicabut dan dijahit tidak akan terasa karena dibius lokal.
  • Pasrah dengan tindakan dokter karena kita harus percaya dengan kerjanya.
  • Berdoa dan bersikap santai.

Bye Bye dua gigi saya yang tercabut!

Setelah dioperasi

Dokter gigi akan menyarankan kita agar :
  • Tidak makan makanan dan minuman kasar, pedas dan panas dulu pada 24 jam pertama.
  • Perbanyak minuman dingin.
  • Jika bengkak tidak usah kaget karena itu biasa.
  • 24 Jam pertama, sering kompres air dingin atau es batu.di sekitar pipi.
  • Tidak banyak meludah, sebaiknya ludah telan saja.
  • Tidak minum dengan cara menyedot.
  • Tidak banyak kumur-kumur karena semakin berkumur bisa semakin berdarah.
  • Seminggu setelah operasi, check up lagi, bisa ke Puskesmas atau RSUD, jika ke RSUD, harus meminta rujukan kembali tentunya. Biasanya saat check up ini, sekalian dibuka benang jahitan.

Mengapa Gigi Bungsu Miring Harus Diangkat?

Mengapa gigi bungsu yang tumbuh miring harus diangkat? Berikut penjelasan dari drg. Marlina yang menangani saya:
  • Gigi bungsu yang tumbuh miring jika tidak dicabut dapat menyebabkan terganggunya saraf di sekitar gigi.
  • Untuk Sebagian orang ada yang gigi bungsunya menembus bagian dalam pipi, ini tentunya sangat mengganggu.
  • Gigi di depannya bolong dan rusak, akibat gigi bungsu miring, gigi di depannya bisa berlubang dan rusak parah. Ini saya alami sendiri, karena saat diperiksa dokter gigi di RSUD Tangerang, dari hasil rontgent, gigi yang di depan si bungsu itu bolong hingga ke akar. Menurut drg. Marlina, yang harus dicabut jadinya dua gigi. Dan misteri paling kuat dari kenyerian gigi saya itu rupanya gigi bolong yang rusak terdorong si bungsu itu. Karena setiap saat makanan masuk ke situ dan terjadilah karies hebat serta infeksi.
  • Berperan besar terhadap kenyamanan fungsi rahang. Karena impaksi juga berhubungan dengan kondisi buka tutup rahang.

Tidak usah takut dioperasi gigi bungsu miring karena kondisnya biasa saja, seperti cabut gigi biasa, bedanya hanya ada pembiusan lokal, penyayatan, pencabutan dan dijahit, tidak terasa juga karena ada efek anestesi atau bius itu.

Sesudahnya, saya pribadi tidak merasakan sakit yang amat sangat. Nyut-nyutan sedikit wajarlah ya? Karena itu bekas sayatan dan jahitan. Tapi berkah banget buat saya, setelah operasi masih bisa langsung kerja dan biasa saja. Bahkan tidak merasakan bengkak.

Tip dari saya, jika setelah operasi, ikuti semua anjuran doker gigi, mulai dari meminum obat yang diberikan, berkumur pelan dengan cairan betadine sehabis makan, menuruti saran-sarannya setelah operasi dan lakukan kontrol sesuai jadwal. Semua dijamin lancar.

Biaya

Berapa biaya yang dikeluarkan dari proses awal hingga akhir operasi? Tentu saja Nol Rupiah. Alhamdulillah BPJS Kesehatan sangat membantu saya. Jika bayar, biayanya tidak sedikit!

Kesimpulannya, ambil tindakan segera, sebelum semuanya menjadi parah bahkan merusak gigi di sebelahnya, jika sudah diangkat, lega rasanya. Jadi terbebas dari infeksi dan sesuatu yang mengganjal. Bahkan, saya jadi tak sering migrain yang sampai merambat hingga bahu. Pokoknya, bebas dari siksaan sakit gigi yang katanya “lebih sakit dari sakit hati” bener lho!


Yuk, semangat, jika punya JKN dari BPJS manfaatkan dengan baik, jika prosesnya ingin cepat, bisa bedah mulut di Rumah Sakit atau Klinik berbayar. Yang penting sehat dan bisa lebih produktif.

67 comments

  1. Aku dulu operasi gigi bayarnya juta-juta banget, Buk. Serem. Padahal tahun 2003 itu. Syukurlah sekarang ada BPJS, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebayang kan sekarang kalo bayar biayanya berapa? :D

      Delete
  2. Saya mah gigi kanan atas nyengsol, tumbuhnya keluar rshang, ketutup gusi. Gigi kiri atas tumbuhnya ke belakang. Duh pabeulit, Teh. Mau operasi sieun nyerina... Haha. Tapi kayaknya abis baca tulisan teh Ani ini mau memantapkan diri pake BPJS.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, suami saya jg 2 thn yg lalu operasi gigi bungsu pakai bpjs... Krn yg diambil empat2nya jd bius total hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dibius total Mba? Sadarnya berapa lama?

      Delete
  4. Sekaranb sudah aman ya ... tanpa gangguan gigi bungsu. BPJS sangat membantu masyarakat

    ReplyDelete
  5. Ngeri juga liat hasil rontgent sebelum dicabut. Giginya nabrak yang depannya. Jadi inget temen kostku yang dulujuga pernah operasi seperti ini. untungnya dia dibiayai perusahaan jadi gak ribet ngurus surat-suratnya.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Aduh serem juga ya liat gigi tumbuh miring gitu, aku kebayang sakitnya teh.. tp Alhamdulilah sekarangkan tth udah terbebas dr sakit gigi, dan Bpjs memang sangat2 membantu, akupun pernah ngerasain manfaatnya.

    ReplyDelete
  8. Kalau boleh tau rumah sakit tempat cabut giginya dimana ya ? Saya jg domisili bandung pengen cabut gigi bungsu pakai bpjs

    ReplyDelete
  9. Bulan lalu sy jg oprs gigi impaksi, tapi dibius total, gak lokal. Dktr bdh mlt sy bilang, pasien bkl kasian krn capek mangapnya gr2 dibius lkl. Kbtln, sy make KIS. Seandainya gak, bs Rp 20 jt s.d 30 jt.

    ReplyDelete
  10. Ini aku banget teh... Sampe sekarang belum berani operasi,akhirnya aku cuma pake sebelah sisi mulut aja buat makan... Jadi bagian mulut yg gigi bungsunya tumbuh miring itu ga aku pake sama sekali... sekarang sih ga ada masalah, cuma ya gitu deh kalo dipake buat makan emang langsung berasa sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran aja.. lebih baik operasi, gak sakit kok. kalo gak operasi dan selalu makan pake satu sisi mulut aja bisa terjadi pergesaran rahang. takutnya nanti malah terjadi yg lebih tidak diinginkan

      Delete
  11. Replies
    1. Iya KALO gak pke BPJS kshtn, JKN, atw KIS.

      Delete
  12. Replies
    1. Temen saya sampe 18 juta utk operasi tsb, alhamdulillah pakai jkn semua d cover

      Delete
  13. saya sampai sekarang belum jg di panggil untuk oprasi bedah mulut dan giginya ,dokternya bilang nunggu di panggil antri,padahal sakit nya luar biasa dari telinga sampai kepala,saya nanya kedokter gigi biayanya 7 juta sedangkan saya ngk punya uang sebanyak itu ,harus menderita berapa bulan ini maaah huuuuhuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke klinik gigi aja, 1,5-2,5jt, gk semahal itu kok gk nyampe belasan atau puluhan juta, cuma pilih klinik yg beneran ada dokter spesialis gigi (orthodontic), jangan klinik abal2

      Kl di daerah bekasi kab. (Cikarang) jawa barat ada pelita dental, bisa cek di IGnya

      Delete
  14. Kalo gigi nya yang Uda tumbuh trus bolong mesti operasi juga kah atau bisa langsung di cabut di drg/puskesmas ya

    ReplyDelete
  15. Kmaren saya pengen nyabut gigi tidur yg sudah kropos datang kr faskes 1 katanyaa gk bisa pakai bpjs dan biaya ny sekitar 3 jt woww

    ReplyDelete
  16. Iya bner emang sgitu harga nya 3jtann

    ReplyDelete
  17. Saya udah ke rs tp dapet jadwal operasi bulan desember 2019 nanti, bahabahaya gak yaa kalo ditunda ampe begitu Lama?

    ReplyDelete
  18. Aq br selese operasi cabut gigi bungsu yg impaksi,sekaligus 2 atas n bawah 2 hr lalu, dibius total jg, alhamdulillah sdh mendingan skrg, msh ada 1 gigi bungsu yg mau dicabut tp kata drg. Sp. BM nya tggu nt saja dicabut biasa.

    Aq pake bpjs jg kmrin, free cm bayar 30rb (administrasi di PMI) dan beli obat semprot diluar.

    Ade temanq ada jg yg cabut di drg. Sp. BM yg sama ky aq tp gak pake bpjs dan gak dibius total (mgkin kasus nya gak separah gigi q), per 1 gigi ongkos nya kira2 5jt rp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mau nanya kira2 klo make bpjs impaksi giginya bisa dicabut 2 sekaligus gak ya? Soalnya ini kanan kiri impaksi :(

      Delete
    2. InsyaAllah pakai bpjs free.cuma
      Yg nentuin bakal dicabut berpa nya itu dokternya.
      Harus foto panoramik dlu

      Delete
  19. Saran aq, jgn takut utk operasi gigi bungsu, lbh cepat lbh baik, aplg kl gigi nya di bagian atas bs pengaruh ke saraf n THT, sblum operasi aq sering mugrain atau sakit kpla parah smp bagbagian blkang kpla n leher tegang n nyeri bgt, aq ty2 suster nndokter yg pernah rawat pasien ky aq kt nya itu bs jdjd krna gigi bungsu aq yg impaksi/abnormal itu.

    Dan 1 lg, ikuti smw saran dokter spya cepat sembuh n bs kmbali makan spti sedia kala.

    ReplyDelete
  20. Mau tanya , kalau gigi graham bungsunya lurus ga miring/nabrak gigi lain , tapi masih ketutup gusi dikit lagi , apakah itu harus dicabut juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, berarti itu bisa tumbuh baik, dan selagi nggak menimbulkan masalah ya nggakpapa kok, kalau masih ketutup gusi berarti belom tumbuh sempurna alias belom nongol semua

      Delete
  21. Bedah gigi bungsu rontgen nya ditnggung bpjs juga kah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mulai proses awal sampai selesai operasi ditanggung bpjs, kecuali fotokopi dokumen² hehe

      Delete
    2. Pengalaman saya. Jika yg menyarankan foto rontgen/panoramik itu dokternya sendiri insya allah gak bayar.
      Tapi dlu saya foto pakai uang pribadi dlu baru nnti d rumah sakit bisa di claimkan

      Delete
  22. Kemaren pas periksa gigi ada bapak2 yg mau operasi gigi bungsu. Katanya karena cuma 2 gigi ngga dicover bpjs. Kalo 4gigi baru dicover. Emangnya bener ya gitu?

    ReplyDelete
  23. mudah2an krtu bpjs nya cpat trun, dan dftr Operasi bdah mlutnya tdak mnunggu lama krna nhan skitnya luar biasa, takut tapi hrus brani krna ga mngkin tiap hri hrus ngrasain sakit n migrain gara2 gigi impaksi

    ReplyDelete
  24. baruuu semalem operasi gigi bungsu kiri bawah, ke klinik gigi, operasi sm dokter bedah mulut, biayanya 4,5jt plus obat. rasanya? nyuttt nyuttt... tp dikasi obat pereda nyeri, jd lumayan dah bisa minum jus dulu 1x24jam

    ReplyDelete
  25. Makasih teteh bermanfaat bgt tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanya,, kalo cabut gigi impaksi sekaligus 4 gigi Boleh ga ya pake bbjs?

      Delete
  26. Aku baru aja operasi impaksi gigi bungsu.. total 3 yang dicabut huhuhu... tapi Alhamdulillah pake bpjs dicover semua (kecuali tes darah dan obat pra operasi)
    Aku bius total mantap banget ����
    Pas keluar dari rumah sakit cuma bayar 10ribu buat administrasi
    Obat pasca operasi dan kontrol ke dokter juga gratis..

    Recommended banget pake bpjs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh, klo dibius total itu sadarnya brp lama ya?
      Saya calon mau dioprasi juga nie, hadeuhh

      Delete
    2. Saya juga sudah 2x operasi odontektomi bius total, thn 2017 dan 2020, alhamdulillah di cover bpjs. Sadarny cepet 2-3 jam pasca operasi

      Delete
    3. Kak ktnya bius total itu sakit bgd ya? Aku bener2 trauma infusan

      Delete
  27. Ka. Saya rencana juga mau operasi gigi bungsu tanggal 24 Desember ini. Alhamdulillah dapet rujukan dan bisa pake bpjs. Doakan ya ka supaya berjalan lancar & tidak terlalu bengkak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rujukan nya minta dr faskes dr gigi ato faskes dr umum ya? ... soal nya aq gak faskes puskesmas..mksh

      Delete
  28. Kalo misal pake bpjs pabrik gt bisa d cover smw g ya.. Ada rencana bedag gigi bungsu sama gigi impaksi yg tertanam dalam gusi.... Udah tak siapin mental tapi liat harga maju mundur euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsul dengan dokter BPJS saja kak.. saya kemarin setelah Konsul dan diberi obat, selang beberaa hari kembali.lagi dan dirujuk ke RSUD untuk Rontgen,, dari hasil Rontgen ternyata gigi saya 4 impaksi.. akan dirujuk ke RS kota, tapi karena pedemic dan antrinya banyak banget,
      saya mencari opsi.lainnya dan ketemu klinik di Semarang, best banget pelayanannya meskipun harganya relatif lumayan

      Delete
  29. permisi mau nanya.sekarang ini saya ngerasa sakit bgt bagian gigi geraham pling blakang nyerinya sampe telinga dan kepala kadang ampe bingung msalahnya di telinga apa gigi,tp sebelum gini rasanya gigi saya emang slalu bermasalah.saya mau nanya kalau pake bpjs memang gag bisa ya langsung dioprasi dan apakah harus menunggu dipanggil selang bberapa bulan??saya posisibfi jogja dan giginya rasanya gag enak sekali sampe migren��

    ReplyDelete
  30. Kak klo gigi bungsu nya tumbuh satu d bagian bawah sebelah kiri gmna yaa...
    Apa harus d cabut juga ..?
    Dan gigi saya emang sakit sih tapi bukan yg gigi bungsu. Tapi gigi yg ber lubang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik Konsul dulu dngn dokter kak.. nanti disarankan Rontgen, jadi bisa kelihatan.. ada indikasi impaksi/ tidak.. biasanya kasusnya kalo depannya berlubang jika masih bisa dirawat maka akan dilakukan penambalan, tinggal yang bungsu nya hasil Rontgen nya bagaimana

      Delete
  31. Utk Tangerang Selatan ada info tdk biaya sekarang di Audy Dental BSD? Saya jg mau operasi tp tkut biayanya diatas 5 jt

    ReplyDelete
  32. Di bius nya dimanakah? Di mulut kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diarea sekitar gusi yang akan dibedah mba,, untuk bius lokal.
      Tapi kalau total saya kurang tau 🙏

      Delete
  33. Aku juga mau operasi gigi bungsu tp knpa yaa kok msih takut rsanya gmna gt meskipun ntar dibius tp gatau knpa aku msih tkut aja gmna dongg biar berani kloo lagi skit bnran sakit nya smpe ke kepala"juga

    ReplyDelete
  34. Utk operasi gigi bungsu perlu rawat inap di RS berapa hari ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai bpjs sekarang rawat inap ya 3 hari mba... Tapi untuk pencabutan nya kurang tau, 4" nya/ satu persatu dahulu 🙏

      Delete
  35. Ikut komen ya,,,,,sya juga mau operasi gigi bwah paling pojok ap th msa dengan gigi bungsu teh,pake bpjs ya harus sabar pdhal sakit ny dh nyampe k kuping

    ReplyDelete
  36. Ntah ini gigi rahang no 3 dari belakang tembus ke dalam apakah mesti operasi/cabut biasa?BPJS masih bisa kah?

    ReplyDelete
  37. Ternyata gigi impaksi bisa dari turunan juga y, mulai dari bpak, adek saya nah sekarang sya juga kena impaksi parah..
    Minta saran kalo rs rujukan buat op mending ke rskgm kah atau ke rshs?

    ReplyDelete
  38. Ini tadi barusan operasi gigi bungsu kanan bawah, saya pakai klinik di Semarang karena prosesnya kalau pakai bpjs lama dan antrinya banyak( kurang lebih hampir setahun) biayanya 2.5 ( belum dengan obat) tapi puas dengan pelayanannya, dokternya super baik dan sabar,, padahal posisi gigi saya sangat sulit karena miringnya kebelakang🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klinik mana ya, aq juga di Semarang. Gigi bungsuku impaksi , mau cabut gigi

      Delete
  39. gigi bungsu sm graham nyajadi dicabut 22 nya ya teh?

    ReplyDelete
  40. tanya dung ka, ni kan gigi bungsu ku baru tumbuh yg sebelah kanan, kiri gak sakit, kanan sakit kalo bawa makan, nah kalo mau cek pakai rontgen itu bayar gak kalo pakai bpjs (kis) ???

    ReplyDelete
  41. Saya barusan ke klinik , dengan masalah yang sama gigi bungsu dan gigi depannya rusak, disaranin untuk cabut dan crown yang rusak dengan biaya kisaran 10-20jt , wadaw kaget bund :)

    ReplyDelete
  42. Aku juga impaksi parah ni, nunggu abis lebaran ini ketemuan dlu sama dokter bedah mulutnya, dirujuk sih dr klinik pakai BPJS, doakan ya semoga diperlancar..

    ReplyDelete
  43. ka, pas lepas jahitan dibius lg ga ya ?

    ReplyDelete