Buka Puasa Bersama Presiden Joko Widodo

Ngobrol santai jelang berbuka puasa bersama


Tidak menyia-nyiakan undangan buka puasa bersama Presiden Bapak Joko Widodo atau lebih akrab disapa Bapak Jokowi pada 23 Mei 2018 lalu. Siapa yang menolak jika ada undangan istimewa seperti ini kan? Singkirkan soal anggapan kampanye. Pokoknya tidak ada tendensi apapun dan saya senang datang ke acara ini sebagai warga negara Indonesia juga sebagai blogger.

Jadi, ada kegiatan apa saja di acara ini? Tentunya banyak sekali insight yang didapat. Apalagi yang hadir kebanyakan tokoh muda digital yang punya peranan penting dalam membuat konten baik dan bermanfaat. Bisa kenalan juga dengan teman-teman yang baru, menyenangkan dan punya karya dengan berbagai latar belakangnya.

Sore itu, Gedung Golkar di Cikini terlihat tidak biasa, di gerbang terlihat ramai antrean security check dan aura kebanggaan nampak di wajah para undangan saat itu. Tak lama dari jadwal acara yang ditentukan, Pemimpin RI nomor 1 ini hadir di ruangan aula tempat kami berkumpul. Mengenakan jaket kuning dengan desain Asian Games 2018. Dengan senyum khas nya menyapa para undangan sambil menuju podium untuk memberikan sambutan.


Alhamdulillah berkesempatan berfoto bersama RI1

Dalam sambutannya, Bapak Presiden menyampaikan soal pemahaman Pancasila yang harus benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Semua yang hadir di sini sebagian adalah pencipta tren dan mampu menjadi content creator yang dapat memengaruhi masyarakat. Ada baiknya dalam setiap konten yang dibagikan adalah konten baik dan bermanfaat. Tidak ada unsur hoaks.” Kata Pak Presiden.

Bapak Jokowi pun berbagi pengalaman saat berkunjung ke Sillicon Valley dan mencoba berbagai teknologi canggih. Menurutnya, perubahan zaman yang kian cepat membuat kita harus selalu siap dalam menghadapinya. Baik secara adaptasi maupun kemampuan. Oleh karena itu, belajar saja belum cukup. Meluaskan pandangan serta menjadi inovator adalah solusi terbaik dalam menghadapi tantangan dan persaingan di era digital ini.

Kemajuan teknologi digital tentunya harus disikapi dengan bijak, harus menjadi fungsional dan memudahkan segala aktivitas. Bukan menjadi senjata makan tuan, alih-alih merasa moderen malah membuat susah karena pemanfaatan yang tidak tepat dan penyalahgunaan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, Bapak Presiden pun menyarankan agar para content creator dan influencer serta blogger dapat memberikan wawasan ke lingkungan terdekatnya tentang pentingnya pemanfaatan media sosial yang tepat guna. Juga memerangi hoaks bersama-sama.

Bicara soal era digital, Bapak Jokowi menyambungkan dengan visi misi era Indonesia 4.0 yang berprinsip pada memajukan industri yang terintegrasi dengan teknologi digital. Diharapkan semuanya efisien dan menghasilkan sesuatu yang lebih produktif. Para pekerja pun dimajukan dengan lebih fokus pada tingkatan sumber daya manusianya.

Diamini oleh Bapak Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian yang mendukung penuh era Indonesia 4.0 dimana kemajuan ekonomi yang ditopang oleh industri dalam negeri dengan memanfaatkan sumber daya alam, sumber daya manusia serta teknologi secara lebih tepat.

Usai menyimak paparan Bapak Presiden dan Bapak Menteri Perindustrian, kami pun sukacita  menyambu waktu berbuka puasa dan di dua puluh menit terakhir kami mendapat siraman rohani dari Bapak Ustadz yang sekaligus membaca doa sebelum buka puasa bersama.

Dalam pesan siraman rohani ini ditekankan soal kerukunan umat beragama yang harus saling menghargai. Indonesia dengan berbagai budaya, agama dan adat sebaiknya mengacu pada pandangan hidup berpancasila yang mengusung Bhineka Tunggal Ika.

Bersama Mba Mey, Choirul Huda, Riri dan Titis

Ramadhan kali ini sangat berkesan karena berkesempatan untuk berdialog langsung dengan RI 1 dan berkesempatan berkumpul dengan para content creator, influencer, blogger dan tokoh-tokoh muda digital yang menginspirasi tentunya.




5 comments

  1. Wah, mbak ani berta keren ... Bisa dapat kesempatan istimewa gitu. Mbak ini dalam rangka menyambut asian games berarti ya mbak?

    ReplyDelete
  2. Wow...jarang ada kesempatan bisa bersua dengan RI 1....beruntung mbak berta mendapat kesempatan itu..

    ReplyDelete
  3. paparan pak menteri saja sudah cadas sangat apalagi ada RI 1 .. wah kalau ada lagi mau atuh teh, ikutan hehe :)

    ReplyDelete
  4. keren mbak bisa bukber sama pak pres
    memang sekarang udah jaman maju jadi harus banyak inovasi terutama dunia industri

    ReplyDelete
  5. asyikkkk dapat foto bareng beliau bu hehehe
    terima kasih undangannya ya bu ani dan isb
    sesuatu banget ramadan kemaren sangat berkesan :)

    ReplyDelete