SCG Sosialisasikan Program Beasiswa Untuk Anak Indonesia

Add caption


Beasiswa semakin langka informasinya untuk beberapa tahun ini. Entah karena kurangnya fasilitas beasiswa dari berbagai pihak atau memang saya yang kurang update? Yang saya ketahui selama ini, hanyalah beasiswa dengan syarat dan ketentuan yang kurang membantu seutuhnya para penerima beasiswa.

Tetapi saya mendapatkan angin segar saat menghadiri gathering bersama SCG Indonesia yang mensosialisasikan program beasiswa Sharing The Dream dengan tagline Passion for Better. Program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang pendidikan yang diperuntukkan anak-anak Indonesia.

SCG (Siam Cement Group) salah satu perusahaan terkemuka di ASEAN dan berpusat di Thailand ini juga menyelenggarakan program beasiswa di beberapa negara ASEAN lainnya. Nantapong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia menyatakan bahwa beasiswa penting bagi generasi muda. Dengan beasiswa, akan menumbuhkan semangat anak-anak untuk memperoleh peluang yang lebih besar dalam menjemput masa depan.

“Keadaan yang lebih baik, mulai dari kesejahteraan, karakter dan segala hal yang menyangkut upaya penjemputan masa depan, akan lebih mudah diraih jika kebutuhan pendidikan terpenuhi” Kata Nantapong.

SCG Indonesia sudah beroperasi sejak 2012 hingga 2017 yang memberikan beasiswa untuk tingkatan SMA. Baru 2018 ini dibuka untuk tingkatan perguruan tinggi.

Persyaratan untuk memperoleh beasiswa dari SCG Indonesia tidak rumit. Selain penentuan nilai dan rekomendasi sekolahan, syarat lainnya adalah calon penerima beasiswa diutamakan yang benar-benar dari keluarga tidak mampu berdasarkan hasil survei yang dilakukan SCG. Satu lagi, syarat utamanya yaitu harus piawai membuat essay dengan tulisan tangan.

Essay dengan tulisan tangan ini akan diperiksa oleh psikolog, untuk mengetahui karakter calon penerima beasiswa ini. Jadi, sangat menentukan sekali si calon ini dapat diterima atau tidaknya melalui sebuah essay yang dibuatnya. Bahkan untuk menerima beasiswa tingkat perguruan tinggi, essay dalam Bahasa Inggris yang harus dibuatnya.

Cerita Penerima Beasiswa

Sharing The Dream tak sekadar program CSR namun sustainability dari kegiatan ini terbukti, selama enam tahun ini sudah berjalan terus dan ada evaluasi. Dibuktikan dengan testimoni Setiawan Novaldi yang lebih akrab dipanggil Seti oleh rekan-rekannya. Seti mengemukakan bahwa sebagai alumnus SCG Sharing The Dream, sangat terfasilitasi dengan baik hingga lulus SMA.

“Setelah lulus SMA, saya pun mendapatkan lagi beasiswa dari SCG untuk pembiayaan kuliah saya di Teknik Sipil ITB. Sharing The Dream sangat fair terhadap pendaftar yang berkali-kali ikut serta, jika memang memenuhi syarat, pasti bisa mendapatkannya lagi. Tips nya, ikuti semua prosedur dan persyaratan dengan baik saja.” Seti menjelaskan.

Diamini oleh Novia Kardiyanti, Brand and Communication SCG Indonesia yang menjelaskan bahwa alumni Sharing The Dream dapat memperoleh beasiswa lebih dari satu kali selagi memenuhi persyaratan. Menurut Novia, untuk sementara wilayah Jawa dulu, ke depannya akan menyebar ke kota-kota lainnya.

Menurutnya, SCG tak hanya memberikan beasiswa tapi mendekatkan diri dengan para penerima beasiswa dengan mengunjungi langsung rumah para penerima untuk silaturahmi dengan keluarganya sambil survei tentang keadaan penerima beasiswa tersebut.

Tasya Kamila, dari kalangan selebriti Indonesia, ikut sharing pengalaman ketika menerima beasiswa untuk program pascasarjana di sebuah universitas di Amerika Serikat. Berbagi kiat juga soal beasiswa. Menurutnya, begitu banyak program beasiswa yang diselenggarakan pihak pemerintah maupun swasta. Jika rajin cari informasi dan percaya diri mengikuti programnya, mendapat beasiswa itu bukanlah hal yang mustahil.

“Setamatnya sarjana, sudah distop keluarga untuk segala biaya kuliah lanjutan. Orangtua saya sudah berkomitmen bahwa kewajibannya membiayai hanya hingga S1. Selebihnya saya harus provide sendiri. Maka dari itu, saya serius dan belajar keras dalam menjalani kuliah dan akhirnya mendapat beasiswa S2 dari hasil usaha saya sendiri.” Ujar Tasya.

Diskusi Kelompok

Di penghujung acara, seluruh peserta undangan mengikuti diskusi kelompok bersama rekan-rekan satu mejanya sambil menuliskan bahan untuk presentasi bagi masing-masing kelompok.

Diskusi Kelompok

Cukup menarik karena interaktif dan melibatkan semua yang hadir. Karena setiap meja jadi saling mengenal dan mendapatkan banyak insight saat berdiskusi bareng. Kami membahas betapa pentingnya peran komunitas lokal untuk mensosialisasikan informasi terkait program beasiswa yang diadakan oleh SCG Indonesia.

Setiap kelompok sama-sama berpikir dan memberi masukan.Setelah itu mempresentasikan di depan semua tamu undangan. Seru!

Semoga semakin banyak perusahaan yang ikut memberikan kontribusi untuk pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa seperti yang dilakukan oleh SCG. Dan semakin banyak juga yang mengakses informasi terkait beasiswa ini.

Bagi yang tertarik untuk mendapat beasiswa ini, dapat mengaksesnya di fan page Facebook SCG Indonesia dan http://ancorafoundation.com/

2 comments

  1. Terimaksih informasi tentang beasiswa lewat SCG dan menurut saya sangat membantu terutama untuk para siswa yang memiliki kecerdasan, ketekunan, keuletan namu terkendala masalah biaya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  2. udah tahu SCG sejak masih ngantor dulu dan selalu suka sama keramahan org2nya, ternyata CSR-nya juga keren banget yaa...

    ReplyDelete