Konsultasi Ke Psikiater di Halodoc Bebas Rasa Malu

Peluncuran Fitur "Kontak Dokter" Halodoc


“Jika ada yang pernah merasa tertekan lalu malas mau mau ngapa-ngapain walaupun itu adalah kegiatan yang disukai, dan ini terjadi berkali-kali selama 2 minggu berturut-turut, maka sudah seharusnya periksa ke psikiater. Karena ini adalah salah satu gejala depresi.” Kata Dr. Eva Suryani, Sp, KJ Kepala Divisi Edukasi dan Training Asosiasi Psikiatri Indonesia.

Dr. Eva memberikan pencerahan soal kesehatan mental yang wajib diketahui sejak dini di acara talkshow bersama Halodoc agar dapat menekan laju depresi. Acara yang diselenggarakan di Ocha & Bella Cafe 29 Agustus 2018 ini, materinya begitu padat dengan tips menjaga kesehatan jiwa yang bisa dilakukan dengan amat mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Halodoc dan Dr. Eva memberikan fokus ke materi ini, agar kita selalu aware dan tidak menyepelekan kesehatan mental, karena menurut World Health Organization (WHO) pada 2016 terdapat 35 juta orang di dunia terkena depresi dan hasil riset kesehatan dasar Kementerian Kesehatan pada 2013 sebanyak 6%  dari total penduduk Indonesia mengalami gangguan emosional dan tingkat kecemasan. Berdasarkan data ini, sudah tanggap darurat anti depresi tentunya.

Sosialisasi soal anti depresi harus dilakukan berbagai pihak agar masyarakat mengetahui tindakan apa yang dianggap perlu jika terjadi depresi atau dirasakan gejalanya.

Stigma masyarakat yang menganggap bahwa gangguan mental adalah penyakit memalukan dan dianggap sebagai penyakit tingkat hina dina, harus diubah pandangannya. Bahwa penyakit ini bukan merupakan sesuatu yang patut dicemooh atau dianggap rendah. Karena suatu penyakit bisa terjadi jika ada kondisi yang mengganggu. Bukan faktor kesengajaan tentunya.

Dengan cepat memeriksakan ke psikolog atau psikiater, permasalahan akan cepat teratasi walau belum sepenuhnya menjadi solusi, setidaknya bisa mempermudah proses pengobatan.

Menurut Dr. Eva, psikolog dan psikiater itu berbeda. Jadi, sebelum memeriksakan diri, sebaiknya dilihat dulu tujuan pemeriksaan dan jenis penyakit yang dirasakan. Psikolog social science, psikiater medical science jadi psikiater dapat memberikan solusi obat untuk pasien karena punya basic dokter sedangkan psikolog hanya melayani konsultasi.

Membantu masyarakat luas soal konsultasi psikiater, Halodoc memberi kemudahan layanan secara gratis melalui fitur “Kontak Dokter” Caranya mudah, tinggal download aplikasi Halodoc di smartphone android atau iOS lalu pilih “ kontak dokter” dan siap konsultasi. Fitur ini menjamin kerahasiaan data pasien dan mudah diakses. Maka siapapun dapat berkonsultasi di sana dengan psikiater dan psikolog berpengalaman.

Felicia Kawilarang, selaku VP Marketing Halodoc mengungkapkan bahwa fitur Kontak Dokter hadir untuk memberikan kenyamanan dan motivasi untuk masyarakat agar semangat saat memeriksakan gejala depresi yang dirasakannya tanpa ragu. Karena fitur ini memberikan keleluasaan dan jaminan terjaganya privacy dan terbebas dari rasa malu karena bisa berkonsultasi via chat sepuasnya dan sejujurnya. Jika sudah curhat dengan jujur, pastinya segala hal yang mengganggu, meskipun hal paling sepele, dapat teratasi segera.

Dr. Eva
Dr. Eva dalam presentasinya menjelaskan tentang proses penyembuhan terapi psikologik yang akan lancar terjadi jika pasien patuh berobat dan dapat menghindari segala hal yang menjadi pemicu depresi.

Setiap individu memang sebaiknya dapat mengetahui semua gejala depresi sedini mungkin untuk mengurangi risiko penyakit berat ini. Dengan penanganan sejak dini, risikonya akan terminimalisisr dan terhindar dari penyakit yang selanjutnya menjadi komplikasi.  

Dr. Eva juga menekankan supaya kita selalu menjaga kesehatan dengan asupan nutrisi seimbang, cukup istirahat dan tidak terlalu memikirkan tekanan-tekanan yang datang dari lingkungan rumah atau pekerjaan. Sebaiknya, cari alternatif lain agar senantiasa merasa happy dalam kondisi apapun. 
Polusi udara dan berbagai tekanan harus bisa diatasi dengan cara yang tepat. 

Jangan lupa selalu online aplikasi Halodoc nya agar mudah diingat dan mudah diakses bagi yang benar-benar memerlukan. 



Halodoc adalah aplikasi yang membantu untuk mendapatkan solusi kesehatan melalui tiga layanan utama, yaitu Apotek Antar, Hubungi Dokter dan Lab Service ditambah “Kontak Dokter” yang baru diluncurkan.




No comments