Pentingnya Pengetahuan Otomotif Untuk Perempuan

Saya bersama Mba Maria Fransisca (Carsome) - Christian Sugiono (Aktor & Entrepreneur) dan Mba Leeny (MC)


Urusan otomotif tak dapat dihindarkan dalam kehidupan sehari-hari, baik bagi yang mempunyai kendaraan pribadi maupun tidak. Setiap hari beraktivitas menggunakan mobil, sepeda motor dan moda transportasi lainnya. Bersentuhan dengan otomotif hamper setiap hari, membuat kita harus mengetahui barang sedikit saja pengetahuannya.

Jangankan bagi pemilik kendaraan pribadi baik mobil atau motor, bagi pengguna kendaraan umum online pun harus paham agar kenyamanan dan keamanan selalu terjaga da nada sikap aware ketika di jalan.

Dibahas lengkap dalam Community Workshop “Wanita Pegang Kendali” bersama Carsome Indonesia 20 Juli 2019 di Jakarta yang menghadirkan Narasumber Maria Fransisca (Marketing Manager Carsome Indonesia), Christian Sugiono (Aktor dan Entrepreneur) dan betapa merupakan apresiasi tak terhingga buat saya, dipercaya menjadi salah satu narasumber berjejer dengan Mba Maria dan Christian orang-orang hebat di bidangnya. Suatu kehormatan banget. Terima kasih Carsome Indonesia!

Jadi ingat di 2010 saat masih ngantor, dikasih mobil dinas tapi dianggurin karena gak bisa nyetir. Itulah yang memaksa saya belajar nyetir, gak mau tergantung pada driver kantor yang juga sibuk dan mubazir saja mobil dinas didiamkan. Mobil manual yang saya pertama saya pelajari, keliling-keliling di sebuah perumahan di Depok. Ternyata belajar nyetir itu gak setakut yang dibayangkan.

Banyak perempuan yang bisa mengemudikan mobil tapi hanya sebatas tahu menyetir, menginjak kopling dan rem. Namun untuk teknis lainnya, seperti pengetahuan komponen-komponen mesin dan segala hal di dalamnya, malas cari tahu sehingga ketika terjadi sesuatu, seperti mogok, ada sedikit kerusakan dan lain sebagainya, selalu meminta bantuan orang lain bahkan sedikit-sedikit dibawa ke bengkel.

Karena kurangnya pengetahuan soal otomotif mengakibatkan kerap dibohongi di bengkel, kerusakan sedikit dibesar-besarkan. Belum lagi ketika hendak menjual mobil, selalu ditawar terus hingga harganya sangat rendah. Waktu yang terbuang juga sangat banyak mengingat susahnya menjual mobil secara mandiri.

Begitu banyak kesempatan buat perempuan untuk maju dalam segala bidang dan tidak susah lagi untuk mencapai puncaknya karena tak ada lagi diskriminasi, yang perlu digarisbawahi adalah bagaimana pandai-pandainya perempuan menangkap peluang dengan jeli. Berkaitan dengan soal otomotif juga perempuan seharusnya sudah bisa mandiri dan tidak tergantung pada laki-laki. Kadang perempuan yang sudah cukup pengetahuan otomotif merasa tidak percaya diri sehingga masih minta bantuan.

Sudah saatnya perempuan tahu nilai mobil yang dimilikinya. Sehingga tahu harga jual yang wajar ketika menjualnya. Nilai sebuah mobil yang tinggi akan diketahui ketika mobil di-treat dengan baik. Mulai service berkala, merawat mobil saat di rumah atau garasi dan lain sebagainya. Kondisi mesin dan sparepart yang terawatt akan memberi nilai jual yang baik.

Christian Sugiono yang akrab dipanggil Tian ini selalu melibatkan istrinya ketika jual beli mobil. Karena menurutnya, istri adalah manager rumah tangga yang berperan dalam mengambil keputusan.

Tian juga setuju bahwa perempuan harus mau cari tahu tentang otomotif agar saat menjual mobil istri dapat bernegosiasi sendiri tak perlu memanggilnya saat sibuk bekerja. Istrinya punya usaha dan sama-sama sibuk membuat urusan mobil tak menjadi eksklusif melainkan keputusan bersama.

Maria Fransisca pun  memberikan informasi kemudahan menjual mobil di Carsome yang efektif dan efisien. Memberi solusi besar untuk para perempuan yang ingin menjual mobilnya tanpa dibohongi.

Carsome Indonesia tak hanya membantu menjualkan mobil secara cepat namun membantu penmdampingan dan mengecek nilai mobil yang akan dijual oleh inspektor andal. Hargapun dipasang dengan transparan. Penjual dapat mengecek secara realtime di website.

Maria menjelaskan bahwa 27% penjual mobil di Carsome Indonesia adalah perempuan dan hal ini menjadi fokus perhatian dan selaras dengan tujuan Carsome untuk mengedukasi otomotif bagi para perempuan juga. Melalui pendampingan inilah mengurangi risiko rentannya perempuan dirugikan dari segi informasi dan finansial terkait otomotif.

Edukasi menjual mobil yang aman dan cara menjual mobil di Carsome mudah sekali. Tinggal registrasi di www.carsome.id lalu janjian sama inspektor yang disediakan Carsome dengan waktu yang ditentukan penjual, penawaran transparan kepada dealer-dealer terkemuka dan terverifikasi. Lalu penjual akan didampingi hingga transfer dokumen kepemilikan secara legal.

Mudah, cepat dan gratis menjual mobil di Carsome yang sudah melesat berkembang di Asia Tenggara ini sejak berdirinya di 2015.

Tips menjual mobil agar nilainya tetap tinggi, Maria memberikan beberapa jurus, pertama siapkan semua surat-surat berharga seperti STNK, BPKB, Buku manual, Struk pembelian hingga brosur. Lalu mesin dalam kondisi prima, mobil dicuci bersih pokoknya kelihatan kinclong. Pertimbangkan juga modifikasi yang dilakukan. Karena modifikasi kadang dapat menjatuhkan nilai mobil juga.

“Sudah saatnya perempuan paham soal otomotif agar tak selalu dijadikan subjek dalam urusan otomotif dan ketika harus servis sendiri, tak dirugikan dari berbagai sisi.” Pungkas Maria.



Lomba Make up

Insightful banget acara ini dan blessing banget buat saya dapat terlibat di acara ini. Keseruan belum berakhir. Setelah talkshow ada games membuat make up praktis berhadiah. Dan selamat buat Hani, Okta dan Amalia Sarah yang memenangkannya!

Mulai sekarang, yuk peduli otomotif supaya stigma nya tak harus dikuasai laki-laki. Mereka juga banyak yang menjadi Chef mengapa kita masih ragu belajar otomotif?



1 comment