Tren Hijrah Milenial Memberi Dampak Positif

Achmad K Permana, CEO Bank Muamalat Indonesia, Tbk 

Bicara soal hijrah bisa dari kehidupan sehari-hari dan tak jauh dari apa yang sering dilakukan. Hal ini bisa menjadi langkah awal untuk melakukan hijrah yang lebih jauh lagi. Ketika saya bertanya-tanya soal hijrah dalam hati dan bingung mau mulai dari mana, bagai dayung bersambut, datang undangan dari Bank Muamalat untuk mengikuti Hijrah Talk pada 26 Juli lalu di Muamalat Tower.

Hadir Ustadz Erick Yusuf, CEO Bank Muamalat Indonesia, Tbk Achmad K Permana dan Pemenang pertama lomba blog #AyoHijrah Triani Retno Adiastuti.

Narasumber

Selain promosikan campaign #AyoHijrah Bank Muamalat juga mengajak para undangan media dan blogger untuk berdiskusi soal Hijrah. Menurut Ustadz Erick, hijrah dalam arti harfiah adalah meninggalkan sesuatu yang buruk dan menjalani kehidupan baru yang lebih baik. Melakukan proses transformasi hidup yang lebih baik.

Dalam prosesnya menuju hijrah ini harus benar-benar dinikmati karena justru dalam menuju transformasi ini banyak hal yang menempa seseorang dengan banyak ujian yang harus dihadapi. Membuat komitmen semankin kuat.

Tren hijrah di era milenial ini membawa dampak positif pada kebaikan kondisi para generasi muda. Seiring meningkatnya euphoria ini, keinginan para milenial untuk melakukan pola hidup sesuai syariat Islam bagi umat Muslim menjadi hal yang menggembirakan.

Seperti dikatakan Bapak Achmad Permana, kondisi ini harus disambut baik agar terus meningkatkan motivasi ke depannya. Bank Muamalat sebagai bank syariah pertama di Indonesia pun proaktif membuat banyak inovasi yang disesuaikan dengan kekinian.

Misalnya, membuat konsep pelayanan customer service di cafe yang ada di lantai dasar Muamalat Tower dengan sistem self service information. Dibalut dalam Hijrah Coffee. Jadi, di kafe ini disediakan berbagai informasi yang dibutuhkan nasabah secara efektif dan efisien melalui perangkat gadget yang disediakan.

Nasabah tak lagi tatap muka dengan customer service dan bisa sambil ngopi cantik. Aplikasi #AyoHijrah pun memotivasi untuk selalu melakukan berbagai kebaikan dan mendapatkan banyak informasi seputar Islam dan informasi keuangan sesuai syariat Islam.

Hijrah Coffee buka Senin sampai Jumat pada jam kerja. Perpaduan layanan nasabah, tempat nongkrong modern dan professional ini diharapkan menjadi magnet bagi para milenial untuk memperoleh syiar Islam tanpa harus didikte.

“Generasi Milenial Muslim tentu saja harus paham sistem keuangan yang mengacu pada sistem syariat Islam.” Kata Pak Achmad Permana.

Proses Hijrah dalam kehidupan sehari-hari di zaman digital ini perlu perhatian juga. Misalnya, semua aktivitas di gadget dan keterhubungan di internet menjadi fokus perbaikan akhlak juga. Dengan cara detoks social media dengan memilah informasi mana yang layak dan tidak. Lalu mengurangi ghibah di WhatApp grup atau forum-forum lainnya. Menghindari perdebatan sengit di social media pun tentunya harus dihindari.

Hal yang tak pernah terpikirkan, saat me-like atau komentar post di berbagai sosial media yang menyuguhkan konten kurang layak dan melenceng dari ketentuan agama, juga akan menjadi bahan perhitungan atau perhisaban kelak.

Proses hijrah juga harus mampu meninggalkan segala sesuatu yang membuat diri menjadi mudharat. Misalnya,  meninggalkan teman yang tak mampu membawa diri ke arah kebaikan diri atau tak pernah mengingatkan saat salah.

Dekat dengan keseharian, jika ingin berbuat baik dan menuai manfaat yang dekat dengan aktivitas, menjadi pengingat banget buat saya dan teman-teman Blogger bahwa berbagi kebaikan bisa melalui tulisan blog yang menebar inspirasi dan mampu mengubah pola piker pembaca menjadi lebih baik.

“Bayangkan jika jutaan pembaca merasa terinspirasi dengan tulisan para blogger dan menuai manfaatnya, betapa besar pahala yang didapat para penulisnya. Tapi dalam berlomba berbuat kebaikan ini, sepatutnya hanya memohon Ridho Nya.” Kata Ustadz Erick.

Bersama teman Blogger yang hadir
Aplikasi Ayo Hijrah Bank Muamalat

Banyak sekali proses hijrah yang dapat dijalankan saat ini dengan mudah dan konsisten. Salah satunya dengan panduan aplikasi Ayo Hijrah dari Bank Muamalat yang dapat diunduh dari Google Play di android. Informasi seputar doa harian, informasi wisata halal, seputar kopi, promo-promo yang sedang berlangsung hingga belanja online. Bisa ter-update terus semua informasinya.

Jadi tak lupa untuk melakukan kebaikan-kebaikan karena semua informasi terkait ibadah ada dalam genggaman. Gadget dan internet pun akhirnya punya manfaat untuk memaksimalkan ibadah berkat Ayo Hijrah dari Bank Muamalat.

3 comments

  1. Betul, mbak.. Ada banyak cara untuk kita melakukan kebaikan. Salah satunya ya seperti tulisan mbak Ani ini. Saya bisa tahu kalo Bank Muamalat ada aplikasi kerennya. Ya, bermanfaat buat saya.
    Terimakasih mbak.

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing, semoga sukses..

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing, sukses terus,.

    ReplyDelete