Indosat Ooredoo, Facebook dan Kominfo Berkolaborasi Kampanyekan Internet 1O1



Internet 1O1 adalah kampaye  upaya edukasi untuk para pengguna internet pemula di Indonesia yang dijalankan melalui program CSR Indosat Ooredoo  berkolaborasi bersama Facebook untuk menyebarkan 5 modul pelatihan. Yaitu cara menggunakan WhatsApp, Facebook, Google, YouTube dan Wikipedia.


Ki-ka : Ahmad Al Neama (Indosat ooredoo), Samuel Abrijani Pangerapan (Kominfo), Francisco Varela,(Facebook)

Menjadi inisiatif Indosat Ooredoo dalam kampanye Internet 1O1 ini didasarkan pada  riset  GSMA Mobile Economy Report Tahun 2019 menunjukkan perkembangan pengguna internet di 2025 nanti ada 24 Juta orang di Indonesia yang aktif menggunakan internet. Namun belum berbanding lurus dengan perkembangan internet di pedesaan.

Jangkauan jaringan, kepemilikan smartphone dan pengetahuan cara menggunakan internet yang tepat yang belum dikuasai masyarakat pedesaan membuat mereka merasa ketinggalan dalam penggunaannya.

Fakta ini benar adanya, ketika saya berkunjung ke Lembata Nusa Tenggara Timur untuk suatu pekerjaan, mendapati para pengrajin tenun di sana kesulitan dalam memasarkan hasil karyanya. Padahal, karyanya itu dibuat dengan detail secara home made yang hasilnya sangat berkualitas dan indah. 

Karena bahannya semua alami, memakai pewarna alam dari tumbuhan dan desain yang cantik.
Para pengrajin ini saya pikir harus mendapatkan edukasi soal pemasaran produk melalui internet agar dijangkau lebih luas lagi ke tempat lain, melalui internet, mereka pun dapat memperoleh wawasan lebih lagi tentang pengembangan usaha tenunnya.

Pengalaman ke dua, melihat sekumpulan ibu-ibu di Ngawi yang saya kunjungi juga untuk suatu pekerjaan, mereka terihat berseri saat menghadiri acara rutin di kantor desa. Ada seorang ibu menghampiri saya sambil membawa secarik kertas berisi tulisan tangannya. Sambil menyodorkan, ibu ini berkata bahwa dirinya ingin belajar membuat akun YouTube agar bisa mempromosikan lagu ciptaannya.

Kehausan ilmu akan internet ini pas dengan Program CSR yang diusung Indosat Ooredoo dalam Internet 1O1 yang baru saja diluncurkan pada 15 Oktober 2019 di Kantor Pusat Indosat Ooredoo yang dihadiri oleh Presiden Direktur & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al Neama, Francisco Varela, VP Global Mobile Partnership Facebook dan Samuel Abrijani Pangerapan dari Kementerian Kominfo.

Kolaborasi yang terjalin dalam satu kampanye Internet 1O1 ini, bertujuan untuk memberi peluang kepada masyarakat secara merata dari fasilitas internet yang dikelola dan dijadikan sumber inspirasi dan sumber ide dalam berkarya maupun sebagai penunjang pekerjaan.

Seperti yang dikatakan oleh CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al Neama, bahwa Internet 1O1 mempunyai misi untuk masyarakat agar mendapatkan hasil yang lebih besar dari sumber daya dan keahlian yang dimilikinya secara lebih optimal. Melalui bantuan penyebaran pengetahuan untuk memperkuat ekonominya. Dengan program tersebut, masyarakat pun akan terbantu dalam mengembangkan komunitas-komunitas dengan minat tertentu via online.

Program Internet 1O1 akan berlangsung hingga setahun ke depan untuk menjangkau lebih banyak lagi daerah terpencil di Indonesia. Untuk sementara, baru Kalimantan dan Sulawesi yang sudah berjalan. Ke depannya, akan menjangkau lebih banyak lagi daerah pelosok yang ada di Indonesia.



Semoga program ini akan terus berjalan dalam jangka waktu panjang sebab begitu banyak masyarakat di pedesaan yang haus ilmu dan haus melek teknologi. Begitu banyak potensi sumber daya manusia dan pemuda pemudi yang tinggal di pedesaan yang membutuhkan banyak wawasan serta pengajaran yang simple terkait teknologi.

Dan berharap infrastruktur untuk penggunaan dan penyebaran internet di luar daerah, sudah siap dalam menghadapi era serba digital ini. Sehingga roda perekonomian semakin lancar, anak muda yang berkarya juga semakin bertambah dan terpenting lagi, dengan adanya Internet 1O1 masyarakat bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk meraih berbagai peluang positif dari internet.

No comments