Eko Yuli Irawan Siap Melaju Ke Olimpiade Tokyo 2020 Didukung Penuh Team VISA

Eko Yuli Irawan 

Perjuangan seorang atlet tak hanya berlatih dan mengikuti kompetisi. Dalam beberapa kondisi, atlet juga harus berjuang mencari pendukung untuk menuju laga nya di arena yang lebih tinggi. Untuk atlet pelatnas sekalipun masih memerlukan sponsor agar performa dan kebutuhan akomodasinya terpenuhi dengan baik.

Jika kebutuhan atlet terpenuhi mulai dari pengembangan pelatihan, akomodasi nutrisi yang memenuhi syarat, akomodasi di tempat kompetis  dan lain -lainnya, maka atlet akan merasa tenang dan fokus pada latihan yang berkualitas serta persiapan mental yang lebih matang sebagai persiapan bertanding. Apa lagi untuk mempersembahkan sesuatu yang terbaik untuk nama baik bangsa.

Dukungan yang dibutuhkan atlet ini dipenuhi oleh VISA yang telah mensponsori lebih dari 400 atlet dari seluruh dunia dalam naungan Team VISA yang dibentuk Tahun 2000. Menjadi mitra eksklusif dalam sistem pembayaran pada Olympic Games juga sejak 1986 dan diperpanjang hingga 2032.

Untuk Olimpiade Tokyo 2020, VISA mendukung Eko Yuli Irawan, atlet angkat besi yang prestasinya mendunia.

Sebelum lebih lanjut, kita kenalan dulu dengan Eko Yuli Irawan. Masih segar ingatan saat diberitakan di televisi bahwa di Olimpiade Rio 2016 ada penyumbang Medali Perak untuk Indonesia dari cabang olah raga angkat besi. Yaitu Eko Yuli Irawan. Dari situ, saya mencari tahu profil Eko bermodal tanya ke Mbah Google. Rupaya Eko sudah sering memenangkan kejuaraan dunia angkat besi.

Eko memulai bertarung di ranah internasional sejak usia 17 tahun dala ajang Junior Weightlifting Championship 2006 di Santo Domingo, Republik Dominika. Medali Perak langsung dipersembahkannya untuk Indonesia. Meraih Medali Emas di Asian Games 2018 dan di tahun yang sama, Eko meraih juara juga di World Championship 2018 di Turkmenistan.


Eko Yuli Irawan

Melihat prestasi yang gemilang ini, Bapak Widyananto Sutanto, Head of Corporate Communication  PT.VISA Worldwide Indonesia, menyatakan bahwa pertimbangan VISA merangkul  Eko untuk mendukungnya dalam ajang Olimpiade 2020 di Tokyo, karena melihat kegigihan Eko berlatih, punya talenta yang perlu dikembangkan dan karakternya yang baik.

Maka Eko bergabung dengan Team VISA yang terdiri dari 70 atlet dari 43 negara dan wilayah, lintas 30 jenis olah raga termasuk cabang - cabang baru seperti berselancar, skateboard dan panjat tebing.  
Dalam kesempatan wawancara eksklusif bersama Eko Yuli Irawan di CrossFit6221, Bellagio Boutique Mall pada 5 Maret 2020 lalu, sangat memberikan banyak inspirasi juga kekuatan untuk transfer semangat kepada anak dan keluarga dari hasil obrolannya.

“Atlet angkat besi yang sangat rendah hati dengan segudang prestasinya ini, tak segan berbagi inspirasi dan tips bagi yang ingin anak – anak nya berprestasi.” Kata Eko.

“Sebaiknya dilatih sejak dini jika ingin menjadi atlet apapun, harus tekun berlatih dan yakin bahwa kita mampu menjalani dan melewati segala rintangannya untuk menuju keberhasilan, karena butuh proses untuk mencapai apa yang diinginkan. Tidak dijalani setengah – setengah karena kalau dijalani nanggung, bisa – bisa tidak akan dapat apapun yang menjadi harapan karena semua terbengkalai akibat tidak ada totalitas.” Tambahnya.

Eko juga menyarankan untuk selalu kuat mental saat berjuang, Eko bercerita ketika di perjalanan mengawali karirnya, Eko sempat mendapat perlakuan underestimate bahkan oleh ibunya disuruh pulang kampung mengingat belum menunjukkan hasil. Saat itu, Eko meminta waktu untuk mewujudkan harapannya. Lantas Ia berlatih lebih tekun lagi dan usahanya berbuah manis dengan prestasi gemilang.

Satu per satu keberkahan itu datang dan Eko merasa bersyukur atas kepercayaan yang telah diberikan oleh VISA tergabung dalam Team VISA yang proses seleksinya sudah tentu melalui banyak proses. Sungguh inspiratif dengan mengedepankan attitude, sikap rendah hati dan kalem dalam paduan prestasinya yang berkelas dunia. 

Dikutip dalam pernyataan Presiden Direktur VISA Indonesia, Riko Abdurrahman “Kami merasa bangga dengan prestasi Eko Yuli Irawan yang tergabung dalam Team VISA, keragaman talenta, prestasi dan karakter anggota Team VISA merepresentasikan nilai - nilai penerimaan, kemitraan, inklusi yang merupakan aspek fundamental terhadap bisnis kami. Hal tersebut penting dalam membangun kemitraan yang baik bersama konsumen, pelaku usaha dan masyarakat.”

Semoga aksi nyata yang dilakukan oleh VISA dapat menjadi inspirasi bagi pengusaha – pengusaha lainnya juga dalam mendukung para atlet yang berlaga untuk menaikkan nama baik bangsa pada dunia. Karena dukungan terhadap atlet adalah tanggung jawab bersama untuk mempertahankan martabat bangsa.

Mengakhiri sesi talkshow Eko pun memberikan tips olah raga angkat besi kepada kami. Beberapa teknik dipraktekkan bahkan teman – teman Blogger pun berkesempatan belajar angkat besi bersama Eko Yuli Irawan.

Kita doakan semoga Eko Yuli Irawan dapat memperoleh Medali Emas di Olimpiade Tokyo 2020 nanti.

No comments