Pionirbeton Sediakan Beton Siap-Pakai Untuk Mempercepat Pembangunan

Batching Plant Kasablanka

PT Pionirbeton Industri (Pionirbeton/PBI) adalah anak perusahaan PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. yang menyediakan produk beton siap-pakai untuk kebutuhan pembangunan perumahan, gedung perkantoran, jalan, terowongan dan infrastruktur lainnya.

Jika flashback ke zaman serba konvensional, saya masih ingat ketika rumah orang tua direnovasi, pengerjaan untuk membuat fondasi dan lain-lainnya yang dilakukan dengan mengaduk bahan-bahan untuk membuat cor, dikerjakan di tempat pembangunan sehingga terlihat repot sekali karena area yang seharusnya lapang untuk pergerakan para tukang, malah menyempit karena ada pengadukan cor yang memakan tempat. Bahkan sampai mengotori lantai atau alas bangunan karena bekas adukan cor susah dibersihkan.

Melihat hal tersebut, saya jadi membayangkan untuk pembangunan gedung atau sarana lainnya yang lebih luas, jika masih memakai cara konvensional, pasti akan memperlambat pembangunannya. Terbukti menurut catatan sebuah data, bahwa di 2017 aktivitas konstruksi di Indonesia melambat dan berpengaruh pada penurunan volume penjualan sebanyak 27,1%.

Maka, Pionirbeton melakukan ekspansi menyediakan beton siap-pakai high grade yang fokus pada pembangunan gedung bertingkat, kawasan industri, jalan, terowongan dan perumahan. Untuk memperkuat pasar produk tersebut, Pionirbeton mendatangkan bahan-bahan komponen berkualitas, seperti batu dan pasir dari Ketapang dan Belitung. Sebagai upaya pengamanan pangsa pasar maka dilakukan penandatanganan kontrak eksklusif dan jangka panjang dalam hal pasokan bahan bakunya.

Pada 19 Maret 2018 saya dan beberapa blogger mengunjungi area batching plant Kasablanka tempat pengolahan beton siap-pakai yang didistribusikan ke berbagai tempat pembangunan infrastruktur. Penempatan batching plant di area strategis untuk memperlancar pendistribusian dan menjaga produk tetap dalam keadaan baik sampai di tempat tujuan.

Di sana, kami melihat secara langsung proses pembuatan beton siap-pakai ini. Terlihat aktivitas yang sangat profesional. Dijalankan oleh pekerja yang mempunyai peran masing-masing. Setiap pegawai wajib memakai alat pengaman saat bekerja.

Truk Mixer untuk mendistribusikan produk beton siap-pakai
Agregat untuk membuat beton siap-pakai
Quality Control sangat detail di ruangan ini
Peralatan tak hanya modern namun steril dan terukur. Menyesuaikan semua bahan baku agar tercampur dengan pas sehingga menghasilkan beton berkualitas dan kuat. Bahan-bahan seperti pasir, kerikil dan lain-lain, disimpan dalam penyimpanan terpisah untuk menghindari kontaminasi.

Dalam mencampur bahan pembuat beton atau agregat, dilakukan dengan sistem batch komputerisasi. Jadi, semuanya dapat terkontrol, dari memberikan informasi, mengontrol semua material, menimbang dan mencampur bahan untuk beton.

Setelah proses pembuatan selesai, beton siap-pakai dimasukkan ke dalam truk mixer dan dilakukan inspeksi agar produk benar-benar terjaga kualitasnya dan kuantitasnya pas sesuai takaran kemasannya. Jika semuanya sudah pas, akan diberi label dan siap dikirimkan ke pemesan.

Penerapan jaga lingkungan pun menjadi prioritas utama bagi Pionirbeton. Misalnya, setiap truk mixer yang selesai beroperasi, langsung dibersihkan agar bahan-bahan tak tesisa di dalam. Corong tempat keluar bahan cor beton siap-pakai ditutup dengan terpal khusus agar tidak tercecer di jalanan.

Sisa pengelolaan beton siap-pakai tidak dibuang sembarangan namun diambil manfaatnya oleh pihak ketiga untuk diolah kembali menjadi sesuatu yang bernilai.

Begitu pula untuk area batching plant, dibuat penghijauan dan air limbah dilakukan treatment khusus dulu sebelum dibuang jadi tidak mencemari lingkungan.

Pembangunan Menara Jakarta di Kemayoran
Kami melanjutkan kunjungan ke salah satu proyek yang dikerjakan oleh PBI di kawasan Kemayoran, yaitu  Menara Jakarta seluas 4 hektar dari Developer Agung Sedayu Grup. Menara Jakarta adalah bangunan hunian yang membutuhkan 240.000 meter kubik, sampai 2017 Pionirbeton telah memasok 25.000 meter kubik beton siap-pakai dan masih berlanjut hingga perkiraan selesai pembangunannya di 2020.

Proyek-proyek lainnya yang ditangani Pionirbeton dari Agung Sedayu Grup, adalah Menteng Park Apartment, Sedayu City Apartment, Gold Coast PIK Apartment dan PIK Office Tower.

Stasiun Kereta Api Bandara Soeta
Proses pengecoran fondasi di area maintenance stasiun kereta api Bandara Soeta

Dari Kemayoran, kami menuju Bandara Soekarho-Hatta. Untuk melihat langsung proses pengecoran beton untuk area maintenance kereta api bandara. Menurut Bapak Edi yang mendampingi kami saat kunjungan, hampir 80% pengerjaan beton dilakukan oleh Pionirbeton.

PBI juga berkontribusi dalam memasok kebutuhan beton untuk pengerjan seksi 1 Tol Lido Bocimi yaitu ruas Ciawi – Cigombong sepanjang 15,35 km. Volume pasokan yang telah dipenuhi 150.000 meter kubik dari total kebutuhan 350.000 meter kubik. Untuk proyek ini, Pionirbeton membangun dua batching plant di Ciawi dan Lido. Sebagai upaya memudahkan distribusi karena lokasi tersebut berada di dua titik penghujung proyek seksi 1 Tol Bocimi.

Tentu bukanlah hal yang biasa jika menangani proyek-proyek besar tersebut. Semua bisa terjadi karena ada sebab kualitas yang baik di dalam produknya. Pionirbeton pun terus melakukan banyak evaluasi dan inovasi untuk memberi pelayanan maksimal dan hal ini berpengaruh besar terhadap pembangunan infrastruktur yang cepat.

Pionirbeton melayani masyarakat perorangan juga, untuk beton siap-pakai ini bisa dipesan secara online di www.tokotigaroda.com atau bisa menghubungi hotline 08001037632

Bersama Rekan Blogger ki-ka (Gie Wahyudi, Terry Endoputro, Nita Selya, Rere Atemalem, Sally Fawzi, Hendra Gunawan, Melly, Driana Venus, Harris Maulana

Pionirbeton melakukan sinergi yang harmonis dengan developer-developer yang menaungi proyek-proyek yang ditangani tersebut. Sehingga memperlancar berbagai pembangunan karena dapat saling melengkapi dan mendukung sehingga pembangunan menjadi cepat penylesaiannya. Semoga Pionirbeton terus berinovasi dalam karya terbaiknya.

4 comments

  1. Aku agak kaget pas liat es batu di batching plant. Bikin adukan kaya bikin jus ya, pake es.

    ReplyDelete
  2. yang paling bikin aku girang hari itu: NAIK SKYTRAIN! ::)))

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah senang sekali bisa melihat langsung proses pembuatannya ya, mba. Untuk harga betonnya apakah berada di kelas premium, mba?

    ReplyDelete
  4. Promo Bonus Ajak Teman bersama OVO

    Kabar baik bagi kalian member setia Anapoker karena pada bulan Maret 2019 ini kami akan memberikan bonus 10% bagi kalian yang mengajak teman kalian untuk bermain menggunakan layanan aplikasi OVO.

    Syarat dan Ketentuan :
    1. Wajib memiliki user id di Anapoker
    2. Promo ini berlaku mulai tanggal 1 maret - 30 maret 2019
    3. Ajak teman kalian untuk bermain di Anapoker dan kalian bisa mendapatkan 10% dari jumlah deposit teman kalian
    3. Promo ini hanya bisa di klaim sebanyak 1 kali dalam 1 hari
    4. minimal melakukan deposit sebesar 50rb dapat 10% dan kalian harus melewati 1 kali turn over saja untuk dapat melakukan withdraw.
    contoh : deposit teman yang diajak 300rb maka kalian akan mendapatkan 10% dari deposit teman anda yaitu sebesar 30rb. untuk bisa melakukan wd kalian harus melewati to sebanyak 1 kali yaitu 30rb.
    5. Apabila teman yang diajak melakukan deposit 50rb, maka kalian akan mendapatkan 10% dari deposit teman yaitu 5rb dan kalian harus bermain sampai 25rb karena untuk minimal melakukan withdraw sebesar 25rb.
    6. Jika tidak mencapai syarat turn over dan ingin melakukan wd maka bonus akan ditarik kembali
    7. Tidak berlaku kesamaan IP Adress,no rek, dan nama yang sama.
    8. Apabila Ada Indikasi Kecurangan Anapoker Berhak membatalkan Bonus Secara Sepihak

    Kunjungi kami di https://www.linktr.ee/anapoker_ofc

    Tunggu apalagi segera ajak teman kalian bermain sekarang juga bersama OVO dan klaim bonusnya bersama Anapoker !!

    ReplyDelete