Cincin Api Memberi Anugerah Energi Panas Bumi Untuk Indonesia

Foto By CNN Indonesia


Menyimak paparan para narasumber di acara talkshow Koaksi “Saatnya Energi Muda Beraksi” pada 27 November lalu, mengingatkan saya kepada cincin api yang mengelilingi Indonesia.

Negara Indonesia diimpit oleh tiga lempeng. Di sebelah selatan Lempeng Indo – Australia, Utara Lempeng Eurasia dan timur lempeng Pasifik. Tiga lempeng ini berpotensi terhadap gempa bumi dan rawan bencana karena pergeseran lempeng menyebabkan gunung berapi meletus.

Bencana yang timbul dari gempa dan letusan gunung berapi tersebut, ada berkah tersendiri tentunya. Selain abu vulkanik yang dapat menyuburkan tanaman dan memacu pertumbuhan varietas tanaman baru, sumber panasya dapat diolah menjadi energi terbarukan sebagai penghasil listrik.

Indonesia mempunyai banyak gunung berapi aktif dan terbanyak di dunia, menurut informasi dari Kepala Puslitbang BMKG Edvin Aldrian, ada 127 gunung berapi aktif. Belum terhitung yang di dasar laut. Jumlah ini merupakan 30 persen dari jumlah gunung berapi yang ada di dunia dan dapat menghasilkan 40 persen dari cadangan sumber energi panas di dunia.

Sumber energi panas bumi yang dimiliki Indonesia belum sepenuhnya dimanfaatkan. Dari potensi yang ada, dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, baru 4,7 persen yang dimanfaatkan. Tentu saja semua pihak sudah harus memberikan fokus besar pada persoalan energi terbarukan yang belum teroptimalisasi ini. Pemerintah harus mempercepat pengembangan energi panas bumi sebagai cadangan energi terbarukan.

Untuk memahami cara kerja energi panas bumi menjadi listrik, saksikan video dari Chevron berikut ini.



Energi panas bumi memiliki emisi nol, limbah yang dihasilkan hanya uap bersih. Siklusnya akan kembali seperti semula sehingga menjadi energi baru lagi. Sedangkan energi fosil mengakibatkan hujan asam dan polusi. Ironisnya energi fosil masih menjadi titik utama pengelolaan sumber energi di negeri ini.

Indonesia belum mengoptimalkan energi panas bumi karena masih banyak tantangan dan hambatan yang belum terpecahkan. Solusi dalam proses pengembangan energi panas bumi belum ditemukan.

Tantangannya adalah regulasi dan birokrasi yang masih tersendat, tumpang tindih dan tidak transparan karena proses pengelolaan energi panas bumi membutuhkan biaya yang tak sedikit sehingga sering menjadi masalah dalam proses birokrasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Hambatannya, edukasi kepada masyarakat juga kurang soal pemanfaatan energi panas bumi ini sehingga saat ada proyek pengelolaan di suatu daerah, sering tabrakan juga dengan masyarakat yang kontra terhadap hal ini.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Indonesia baru tersedia 13 PLTP yang tersebar dari wilayah Jawa Barat hingga timur Indonesia. Tentu harus ada kemajuan infrastruktur agar merata ke seluruh wilayah Indonesia sehingga potensi dari negara yang dikelilingi cincin api ini teroptimalisasi dan dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat. Gunung berapi harus diambil manfaatnya. Tidak hanya diasosiasikan sebagai bencana di Indonesia.

Jika melihat kenyataan bahwa Indonesia kaya dengan berbagai sumber daya alamnya namun ironis dengan minim pemanfaatan dan prosesnya, saya suka gemas sendiri. Jika sudah dikelola asing baru ribut-ribut. Dari pada saya merasa gemas terus melihat kenyataan tersebut, saya ingin berbai opini yang didasarkan pada sumber-sumber isu yang saya baca.

Dalam pengelolaan energi panas bumi menjadi listrik ini, hambatan utama yang dilontarkan pada pernyataan-pernyataan pemeritah di media massa adalah soal biaya pengelolaan yang tidak sedikit. Solusinya, pemerintah dapat berkolaborasi dengan investor dalam dan luar negeri. Dengan catatan, Indonesia menjadi pemegang kendali penuh atas segalanya. Mengacu pada pasal 33 ayat 3 yang berbunyi “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Dengan melimpahnya potensi dari gunung berapi yang mengelilingi Indonesia, ajak lebih banyak ahli vulkanologi dan geologi untuk dilibatkan dan dikerahkan dalam menggali potensi yang ada. Sumber daya manusia yang memadai akan melancarkan penemuan gunung berapi yang dapat dijadikan sumber cadangan energi terbarukan. Sebab tak semua gunung berapi dapat diolah jadi keterlibatan banyak ahli dalam bidangnya penting dilibatkan.

Koordinasi yang baik dan kompak antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Peran pemerintah daerah sangat vital dalam pengawasan dan penggunaan anggaran karena pemerintah daerah setempat paling tahu potensi dan kondisinya. Pemerintah daerah pun wajib bersikap transparan dan berkoordinasi juga dengan masyarakat setempat sambil memberikan edukasi terkait pengelolaan sumber energi panas bumi ini.

Setelah proses dan birokrasi pengelolaan lancar, lakukan juga koordinasi yang memudahkan bersama PLN untuk menentukan harga wajar produk listrik yang berasal dari panas bumi beserta prosedur lainnya.
Cincin api yang mengelilingi Indonesia menjadi berkah tersendiri, memberikan energi yang bersih dan terbarukan untuk kepentingan masyarakat. Alam raya selamat dan anak cucu tidak akan kehabisan sumber energi.


87 comments

  1. Betapa kita seharusnya bersyukur bgt ya Teh, tinggal di Indonesia. Alamnya terlalau kaya, keindahannya terlalu memukau, dan jika dimanfaatkan dgn benar kekayaan yg kita punya akan menjadi keunggulan buat Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saking melimpah berbagai sumber energi, hingga banyak yang lalai :((

      Delete
  2. Keren nih kalau terealisasikan, pemanfaatan energi dari cincin api yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma Indonesia yang punya ini Mba, berkah yang belum banyak terungkap :D

      Delete
  3. Sayang ya padahal Indonesia punya banyak sumber daya alam yg bisa d manfaatkan .semoga masyarakat Indonesia makin sadar dlm pemanfaatan sumberdaya tsb ya untuk kehidupan masa depan kelak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba semoga yang lalai semakin sadar juga

      Delete
  4. Ilmu baru buat saya ini teh.. Ngena banget opininya.. :')

    ReplyDelete
  5. Sudah sepatutnya menjaga lingkungan agar cincin api tetap berada sesuai dengan fungsi dan manfaatnya. Butuh sosialisasi yang sifatnya kontinyu

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya potensi alam di indonesia luar biasa ya salah satunya itu panas bumi..di dekat tempat tinggal saya juga ada panas bumi dan sedang dimanfaatkan

    ReplyDelete
  7. Kita harus bisa ambil berkahnya ya Teh, tinggal di dalam lingkaran cincin api. Semoga makin banyak teknologi yang bisa mengeksploitasi panas bumi jadi sumber energi kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba ini hikmahnya dan harus dikelola dan dimanfaatkan

      Delete
  8. Iya Teh banyak sosialisasi yang tidak sampai ke masyarakat lapisan bawah. Jadi hambatan dan tantangan tersendiri kan sebenarnya itu. Andai informasi tepat sasaran mungkin rakyat indonesia bisa sedikit lebih berpikir ke depan dan dimana negara punya program rakyat bisa mendukung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sosialisasi dan pengembangannya yang belum cukup maksimal Teh. Semua pihak perlu berkolaborasi. Antara pemerintah, tenaga ahli dan investor

      Delete
  9. Memang pengung banget menjaga lingkungan ini,namun harus bersama agar semua terjaga dengan baik ya, teh

    ReplyDelete
  10. Cincin Api keren juga yaa namanya. Eniwei Berkah hasil kekayaan alam jika yang menikmati adalah masyarakat juga. Meski besar biayanya, tabrakan di lapangan, dan regulasi daerah dan pusat yang ribet dll.

    Intinya semua harus Wish. Kalau nggak yaa gitudeh...

    ReplyDelete
  11. Yups panas bumi memang sumber energi terbarukan yg ramah untuk alam dan lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jawa Barat sudah jadi pelopor nih, PLTP Kamojang :)

      Delete
  12. Sayang ya teh sumber energi panas bumi belum dimanfaatkan secara optimal di Indonesia, semoga kedepannya energi yang besar ini bisa dikelola dengan bai,k baik untuk industri maupun masyarakat sehingga bisa mengganti energi lain yang sudah mulai menipis persediaannya seperti batu bara, minyak bumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, coba itu para mahasiswa yang ambil jurusan geologi bisa berinovasi untuk hal ini supaya biaya tak terlalu mahal ya dalam pengelolaannya

      Delete
  13. Jadi sebenarnya kita nggak kehabisan sumber energi ya teh, tinggal dikelola saja sumber energi yang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget Mba Tuty, asalkan ada niat yang kuat, semua bisa berjalan lancar

      Delete
  14. Membaca tulisan ini saya jadi kembali optimis kalau sumber enerhi untuk anak cucu sebenarnya sangat tercukupi. Tinggal bagaimana mengelolanya dan tentu menjaga agar tetap lestari demi masa depan kita semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak cucu kita harus dibekali ilmu mumpuni agar bisa mengelola energi terbarukan ini dengan baik :)

      Delete
  15. Ternyata walau rawan bencana ada hikmah nya Indonesia punya cincin api yang kalo dimanfaatkan akan berguna sebagai sumber energi. Semoga bisa dikelola dengan baik kedepannya karena sumber energi sekarang semakin berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cincin api ini sampai disebut-sebut oleh salah satu peraih nobel, bahwa Indonesia bisa jadi negara superpower jika bisa mengelola dan mengoptimalkannya

      Delete
  16. Antara bangga dan gemes ya, Teh. Betapa Indonesia sesungguhnya sangat kaya raya. Tapi ketika akan merealisasikan ide-ide pengelolaan SDA, ada saja hambatan di sana-sini. Hanya bisa berdoa, semoga semua stake holder bisa memanfaatkan kekayaan Indonesia dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba Diah, gemas dan kita bisa suarakan kegemasan hati kita atas semua ini :D
      Semoga ada yang tersentuh dan akhirnya membuat kebijakan yang dianggap perlu :)
      Terima kasih sudah berbagi kegemasan ini Mba hehehe

      Delete
  17. Energi panas bumi sebagai energi tak terbarukan masih minim banget informasinya di masyarakat. Padahal potensi panas bumi di Indonesia melimpah. Semoga Kementerian ESDM punya cara efektif untuk memopulerkan energi panas bumi di masyarakat kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minim sosialisasi, minim edukasi dan minim pengembangan. Ironis pokoknya Mba

      Delete
  18. Maksudnya energi terbarukan,teh. Mau diedit keburu terpublish hehe...

    ReplyDelete
  19. Sudah seharusnya kita semua bersyukur dengan kekayaan alam Indonesia. Dibalik bencana selalu ada hikmah. Nice article Teh, aku jadi makin paham persoalan energi di bumi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah bersyukur, kita semestinya bisa berbuat lebih banyak lagi kebaikan, betul gak? :)

      Delete
  20. Indonesia dengan segala potensi dan sumber daya yang ada, semoga terus dilakukan sosialisasi, agar masyarakat seperti saya, semakin mengenalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin betul Mba, masyarakat penting diedukasi juga dilibatkan

      Delete
  21. Potensi sumber daya alam Indonesia besar yah, alhamdulillah. Semoga bisa memberikan manfaat baik bagi semua, aamiin,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin bentul Teh Tian, semoga manfaatnya hingga ke anak cucu dan keturunannya kelak

      Delete
  22. Wah panas bumi ini memamg punya pptensi besar di Indonesia. Dulu saat kuliah aku pernah belajar tentanh macam macam energi potensial pengganti BBM salah satunya ya panas bumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Energi panas bumi sangat melimpah kita mbaaaa duh emessss hihihi

      Delete
  23. Takjub sekaligus merinding baca tentang cincin api ini, betapa allah SWT telah menganugerahkan energi yang luar biasa ini.
    Manusia memang dituntut belajar, agar energi alam ini tidak sia-sia ya Teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan sejuta hikmah selalu diberikan ya Mba dari fenomena alam ini.

      Delete
  24. Sayang banget ya, Teh, potensi sebesar itu belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Semoga saja semakin banyak orang yang terbuka mata dan pikirannya, agar bisa memanfaatkan potensi alam dengan baik, tapi tentunya dengan bijaksana dan tidak membuat alam rusak. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba padahal 40% dari cadangan yang ada di seluruh dunia ada di Indonesia dan ini baru termanfaatkan sekitar 4% saja :(

      Delete
  25. Alhamdulillah, hari ini bunda di blog ISB sehingga sampailah bunda ke sini. Kalau tidak mana buna tahu betapa Allah menyediakan cincin-cincin api yang dianugerahkan untuk dikelola oleh umat manusia dengan baik dan benar. Subhaanalla.

    ReplyDelete
  26. Banyak banget ya sumber daya alam Indonesia. Udah harus benar2 dimanfaatkan dengan baik. Trus dijaga juga lingkungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, jaga lingkungan juga tak kalah pentingnya

      Delete
  27. Jadi pengetahuan baru lagi buat aku ini mah teh.

    ReplyDelete
  28. Indonesia letaknya memang strategis dilihat dari berbagai sudut. Kekayaan alamnya bahkan sudah diincar sejak jaman belanda dulu ya teh namun memang kelemahan negara kita aadalah kerjakerjasama dari berbagai lapisan, kalau bisa semua dijadikan satu pintu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah satu pintu sesuai dengan Pasal 33 ya Mba, Bumi dan kekayaan alam yang ada harus dikelola dan dikuasai pemerintah dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

      Delete
  29. Panas bumi kalau dikelola dan dimanfaatkan dengan baik akan jadi potensi yang luar biasa untuk manusia. Memang butuh tekad dan usaha sih tapi kalau memang positif, kenapa tidak?

    Semoga suatu hari semangat mengelola panas bumi ini merata di seluruh wilayah Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tekad dan usaha kuat juga ketekunan dalam mencari solusi

      Delete
  30. Potensi geothermal besar banget. Sayang, kalau nggak dimanfaatkan. Orang-orang di bidang itu pasti sebetulnya sudah tahu soal potensi ini, cuma terhambat ini-itu. Semoga solusi dalam artikel ini bisa menjadi inspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benarm, terhambat birokrasi dan segala proses administrasi yang rumit

      Delete
  31. Dengan potensi kekayaan alam di indonesia. Rasanya sayang ya teh bila indonesia tidak bisa mengoptimalkan kekayaan tersebut pada penggunaan energi baru terbarukan ini. Yah semoga kedepannya program pemerintah terkait ebt bisa semakin meningkat progres pencapaiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga komitmen pemerintah bisa kuat untuk mengembangkannya, masyarakat juga bisa terlibat dengan melakukan sisi lain, seperti memahami dan mendorong stake holder untuk bergerak

      Delete
  32. Blessing in disguise ini namanya, ya, Mbak.

    ReplyDelete
  33. Semoga Indonesia tidak hanya menguras bahan bakar fosil terus menerus. Cincin api sebagai energi terbarukan ternyata bisa menghasilkan listrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, bahan bakar fosil beratus tahun prosesnya, menggalinya cuma beberapa bulan menghabiskannya cuma hitungan menit

      Delete
  34. Selalu ada hikmah dan manfaat dr setiap yang Allah ciptakan. Indonesia memang kaya,penuh berkah, hanya perlu kesadaran dan kemampuan untuk memaksimalkan potensi alamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba. Tak pernah ada yang sia-sia dari yang Allah berikan

      Delete
  35. Informasi yang menarik nih, mengingat energi panas bumi belum dimanfaatkan secara optimal ya teh, kadang suka gemes kalau lihat potensi yang blm dimanfaatkan secara optimal ya teh, rasanya pengin turun tangan langsung gitu hehehe. Indonesia ini kaya akan potensi alam sebenarnya, dan sumber energi terbarukan nya juga banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal move aja pihak-pihak yang punya wewenang dan berkepentingan ini, memang tak mudah tapi jika tak dimulai ya sayang kalau gak diolah atau ada yang mangkrak proyeknya

      Delete
  36. Indonesia ini memang kaya bangat, sungguh beruntung kita tinggal di Indonesia. Semoga potensi cincin api yang ada bisa dimaksimalkan oleh pemerintah untuk bisa mendapatkan sumber energi terbarukan supaya tidak tergantung terus dengan energi fosil.

    ReplyDelete
  37. Semoga pemerintah pusat dan daerah bisa berjalan beriringan agar semua potensi negeri tercinta tidak sia-sia. selama ini semua program tidak berjalan dengan baik karena kurangnya sinergi antara pusat dan daerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah Mba salah satu problemnya yang masih belum akur

      Delete
  38. Ini blessing in disguise banget si ya, Mba Ani. Antara kita haus waspada, tapi tetap bisa berdayakan untuk energi terbarukan.

    ReplyDelete
  39. Cincin api di satu sisi menjadi ancaman tersendiri di sisi lain merupakan anugerah energi bagi negeri ini. Semoga potensi ini bisa makin dioptimalkan nanti:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga pengelolaannya juga tepat sasaran :)

      Delete
  40. segala sesuatu itu memiliki 2 sisi mata uang ya. tinggal pinter2nya kita menyikapi :)

    ReplyDelete
  41. Sayang banget ya teh kalau sumber daya kita yang kaya ini ga dikelola maksimal. Masih banyak sumber daya yang bisa dikelola dan bikin kita kaya

    ReplyDelete
  42. Banyak sumber daya, tinggal pengelolaannya aja ya.

    ReplyDelete
  43. Promo Bonus Ajak Teman bersama OVO

    Kabar baik bagi kalian member setia Anapoker karena pada bulan Maret 2019 ini kami akan memberikan bonus 10% bagi kalian yang mengajak teman kalian untuk bermain menggunakan layanan aplikasi OVO.

    Syarat dan Ketentuan :
    1. Wajib memiliki user id di Anapoker
    2. Promo ini berlaku mulai tanggal 1 maret - 30 maret 2019
    3. Ajak teman kalian untuk bermain di Anapoker dan kalian bisa mendapatkan 10% dari jumlah deposit teman kalian
    3. Promo ini hanya bisa di klaim sebanyak 1 kali dalam 1 hari
    4. minimal melakukan deposit sebesar 50rb dapat 10% dan kalian harus melewati 1 kali turn over saja untuk dapat melakukan withdraw.
    contoh : deposit teman yang diajak 300rb maka kalian akan mendapatkan 10% dari deposit teman anda yaitu sebesar 30rb. untuk bisa melakukan wd kalian harus melewati to sebanyak 1 kali yaitu 30rb.
    5. Apabila teman yang diajak melakukan deposit 50rb, maka kalian akan mendapatkan 10% dari deposit teman yaitu 5rb dan kalian harus bermain sampai 25rb karena untuk minimal melakukan withdraw sebesar 25rb.
    6. Jika tidak mencapai syarat turn over dan ingin melakukan wd maka bonus akan ditarik kembali
    7. Tidak berlaku kesamaan IP Adress,no rek, dan nama yang sama.
    8. Apabila Ada Indikasi Kecurangan Anapoker Berhak membatalkan Bonus Secara Sepihak

    Kunjungi kami di https://www.linktr.ee/anapoker_ofc

    Tunggu apalagi segera ajak teman kalian bermain sekarang juga bersama OVO dan klaim bonusnya bersama Anapoker !!

    ReplyDelete
  44. Promo Bonus Ajak Teman bersama OVO

    Kabar baik bagi kalian member setia Anapoker karena pada bulan Maret 2019 ini kami akan memberikan bonus 10% bagi kalian yang mengajak teman kalian untuk bermain menggunakan layanan aplikasi OVO.

    Syarat dan Ketentuan :
    1. Wajib memiliki user id di Anapoker
    2. Promo ini berlaku mulai tanggal 1 maret - 30 maret 2019
    3. Ajak teman kalian untuk bermain di Anapoker dan kalian bisa mendapatkan 10% dari jumlah deposit teman kalian
    3. Promo ini hanya bisa di klaim sebanyak 1 kali dalam 1 hari
    4. minimal melakukan deposit sebesar 50rb dapat 10% dan kalian harus melewati 1 kali turn over saja untuk dapat melakukan withdraw.
    contoh : deposit teman yang diajak 300rb maka kalian akan mendapatkan 10% dari deposit teman anda yaitu sebesar 30rb. untuk bisa melakukan wd kalian harus melewati to sebanyak 1 kali yaitu 30rb.
    5. Apabila teman yang diajak melakukan deposit 50rb, maka kalian akan mendapatkan 10% dari deposit teman yaitu 5rb dan kalian harus bermain sampai 25rb karena untuk minimal melakukan withdraw sebesar 25rb.
    6. Jika tidak mencapai syarat turn over dan ingin melakukan wd maka bonus akan ditarik kembali
    7. Tidak berlaku kesamaan IP Adress,no rek, dan nama yang sama.
    8. Apabila Ada Indikasi Kecurangan Anapoker Berhak membatalkan Bonus Secara Sepihak

    Kunjungi kami di https://www.linktr.ee/anapoker_ofc

    Tunggu apalagi segera ajak teman kalian bermain sekarang juga bersama OVO dan klaim bonusnya bersama Anapoker !!

    ReplyDelete
  45. Haloo Guys , Bingung Mau cari game Online Poker Yang Aman dan Terpercaya .
    dari pada bingung yuk langsung aja Gabung di situs poker terlengkap
    dan terpercaya.

    Segera bergabung untuk menangkan hadiah utama 10juta di ANAPOKER
    WA : 0852-2255-5128
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128

    ReplyDelete