Smartphone Gaming ASUS Fasilitasi Pecinta Games Untuk Gali Peluang Dari Main Game



Selalu meriah dan guyub! Itu yang saya lihat di semua kanal sosial media saat melihat berbagai prosesi peluncuran produk barunya atau ketika gathering bersama blogger dan Zen Fans (Sebutan untuk para fans produk ASUS).

Ketika mendapatkan undangan untuk 11 Desember 2018 dari Mba Katherina, saya senangnya bukan main. Berarti saya bisa juga merasakan atmosfir kemeriahan hajatan ASUS ini, secara laptop saya dan anak menggunakan ASUS sejak lima tahun lalu. Setiap apa yang saya pakai, selalu ingin tahu dekat rekam jejaknya.

Setelah selesai menghadiri acara di tempat lain, saya bergegas ke Pullman dan benar saja, acara belum dimulai tapi sudah sangat meriah karena menurut kabar, acara ini dihadiri oleh lebih kurang 900 undangan meliputi media, influencer, blogger, Zen Fans dan pihak-pihak rekanan ASUS lainnya.
Tatanan panggung yang smart membuat kami bisa menyimak dengan jelas apa yang diinformasikan oleh narasumber. Duduk di depan atau belakang bahkan berdiri pun masih bisa melihat jelas ke arah panggung utama.

Ada primadona di sana. Bukan artis atau Brand Ambassador yang bening-bening tapi smartphone yang bisa dekat dengan semua pecintanya. Yang akan selalu ada di genggaman pecintanya.

Dan pada hari itu, ASUS meluncurkan inovasi terbarunya yang mulai hadir di pasaran Indonesia, ASUS ZenFone Max Pro M2, ZenFone Max M2, serta ROG Phone. Tiga Smartphone gaming ini memenuhi kebutuhan entertainment dan aktualisasi masyarakat Indonesia khususnya pecinta game yang ingin sesuatu yang lebih baru.

Menurut Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia, Tiga serangkai smartphone gaming yang diluncurkan menyasar berbagai tingkat pasar. Mulai dari pemula hingga advanced untuk kemampuan main game. Kalau untuk kelas, mulai entry level hinggan high-end. Tetapi urusan fitur, ketiganya sangat mumpuni untuk mendukung pemilik smartphone yang suka nge-game.

Berikut fitur-fitur unggulan dari masing-masing seri smartphone gaming yang kemarin diluncurkan:

Zenfone Max M2 (Photo : https://channel.asus.com/ )

Zenfone Max M2

Zenfone Max M2 menggunakan Qualcomm Snapdragon 632 yang lebih powerful, mumpuni untuk main game dan aktivitas lainnya. Didukung dengan RAM hingga 4GB membuat leluasa dan efisien dalam penggunaan daya.

Bicara soal baterai, Zenfone Max M2 menggunakan bateai lithium-polymer berkapasitas besar 4.000 mAh sehingga memiliki waktu standby G selama 33 hari. Bagi yang suka menonton video durasi panjang serta bermain game lama, sangat mendukung untuk terhindar dari kondisi baterai cepat habis. Jadi, untuk entertainment sangat mumpuni.

Dengan layar screen to body ratio hingga 88%, ketebalan 7,7mm lebih ringkas untuk ditaruh di mana saja, baik di tas atau didalam dompet. Walau ringan, kapasitas baterai besar dan tak perlu bantuan powerbank yang sering. Layar 6,3 inci all screen membuat pengguna bisa berselancar dengan puas menikmati visual yang maksimal.

Sistem kamera ganda di ZenFone Max M2 mengusung sensor beresolusi 13MP dengan aperture lebar f/1.8 sudah didukung fitur AI Scene Detection yang memungkinkan ZenFone Max M2 mengenali 13 jenis foto. Max M2 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS). Dengan demikian, dapat membantu bagi yang aktif dan mobile saat mengambil foto. Teknologi EIS sangat membantu agar hasil foto tetap stabil dan tidak blur saat mengambil objek dengan cepat.

Kamera kedua di ZenFone Max M2 merupakan kamera khusus untuk menghasilkan efek bokeh di foto potrait. Efek blur yang dihasilkan pada background nya, menghasilkan foto yang profesional. Jadi, resolusi foto tetap tinggi walau megambilnya hanya melalui smartphone.

Main game, nonton video atau streaming, tak seru jika kapasitas audio tidak power. Di ZenFone Max M2 terdapat lima magnet speaker dengan metal voice coil yang dikontrol oleh teknologi NXP low-distortion smart amplifier yang menghasilkan suara lebih jernih dan keras.

ASUS ZenFone Max Pro M2  (Photo : https://channel.asus.com/ )


ASUS ZenFone Max Pro M2

ZenFone Max Pro M2 ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 660 yang dibangun di atas arsitektur 14nm. Didukung dengan RAM hingga 6GB, Snapdragon 660 memiliki peningkatan performa CPU hingga 11% dan performa GPU hingga 33% dari generasi sebelumnya. Snapdragon 660 pastinya memberikan pengalaman lebih power lagi saat main game atau aktivitas lainnya.

Baterai super besar berkapasitas 5.000 mAh. Dengan baterai tersebut, ZenFone Max Pro M2 mampu memiliki waktu standby di jaringan 4G hingga 35 hari. Main game bisa 10 jam non stop dan YouTube selama 19 jam. Jika menyaksikan seminar durasi panjang tentunya sangat menolong untuk fokus tanpa terkendala baterai habis.

Corning Gorilla Glass 6 memberi ketenangan sisi lain, saat smartphone jatuh beberapa kali, tak perlu rasa khawatir karena dengan Corning Gorilla Glass 6 ini, dapat melindungi smartphone dengan baik dari berbagai sisi.

Sistem kamera ganda di ZenFone Max Pro M2 menggunakan sensor premium berseolusi tinggi Sony IMX486 yang memiliki kepekaan lebih tinggi terhadap cahaya ketimbang sensor kamera lain sekelasnya. Sensor ini mampu menghasilkan gambar yang lebih nyata baik dalam kondisi terang maupun minim cahaya. Ditambah dengan fitur Phase-detection Autofocus (PDAF) dan Electronic Image Stabilization (EIS), pengguna ZenFone Max Pro M2 akan bisa mengambil gambar yang stabil bebas dari blur.

Begitu pula untuk efek blur yang didapatkan terlihat lebih profesional dengan resolusi  4K membuat tampilan enak dipandang.

Dengan layar all-screen high-res 6,3 inci FHD+ (2280 x 1080) dengan aspect ratio lebar 19:9. Kualitas tampilan layarnya lebih baik dari geneasi sebelumnya dengan color gamut NTSC hingga 94%, tingkat kecerahan hingga 450cd/m2, dan rasio kontras 1500:1. Dengan layar tersebut, ZenFone Max Pro M2 cocok digunakan untuk menikmati beragam konten multimedia.

Untuk pengalaman multimedia yang lebih baik, ZenFone Max Pro M2 juga menggunakan lima speaker dengan voice coil berbahan metal. Speaker tersebut dikontrol oleh teknologi NXP low-distortion smart amplifier sehingga mampu menghasilkan detail suara dengan sangat baik.

Desain body nya premium banget dan punya prestisius tinggi. Jadi, ZenFone Max Pro M2 mendukung maksimal kegiatan apapun saat mengambil foto, tak lagi diperlukan kamera besar untuk ditenteng-tenteng saat mengabadikan momen berharga.

ASUS ROG Phone (Photo : https://channel.asus.com/ )

ASUS ROG Phone

Ini dia! Gaming primadona yang diklaim sebagai yang terbaik di dunia. Dengan spesifikasi Snapdragon 845 dibekali dengan GPU Adreno 630 yang sangat powerful serta teknologi GameCool vapor-chamber cooling system yang didukung  AeroActive Cooler sangat memberikan keleluasaan dalam urusan main game atau aktivitas lainnya.

(Photo : https://channel.asus.com/ )

Dengan Side Mounter – Ports nya, memberikan akses luas untuk dihubungkan dengan perangkat apapun termasuk pemasangan aksesoris tambahan. Smartphone Gaming ini tangguh dengan rangka metal frame yang dirancang tahan air sehingga bisa main game di mana pun juga.

Main game tanpa koneksi internet lancar, dapat menimbulkan stuck di tengah keasyikan main game. Untuk menghindari smartphone panas, GameCool system yang memanfaatkan 3D vapor-chamber cooling. Ditambah dengan copper heat spreader dan carbon cooling pads, ROG Phone memberikan kondisi smartphone tetap dingin dan tak perlu khawatir dengan efek panas yang dapat merusak smartphone. Ditambah AeroActive Cooler yang mampu menurunkan suhu ROG Phone hingga 4,7 derajat celcius.

Tak ketinggalan spesifikasi layar ROG Phone menggunakan layar dengan panel AMOLED dan sudah memiliki refresh rate 90Hz dengan response time 1ms, menambah ketangguhan ROG Phone dengan maksimal.

Walau ROG Phone bukan smartphone camera tapi penggunanya bisa banyak bereksplorasi juga dengan bekal spesifikasi ROG Phone sudah dibekali sensor kamera kelas flagship yaitu Sony IMX363 dengan aperture lebar yakni f/1.7. Sensor kamera tersebut punya ukuran 2,55 inci dengan besar pixel 1,4 micron, maka hasil foto bisa jelas, fokus dengan berbagai posisi.



Smartphone Gaming Untuk Memaksimalkan Karya Dan Menggali Potensi

Masih banyak image negatif ketika mendengar kata “Game” stereotip ini sebaiknya ditelaah lebih dalam. Memang, problema dari dampak permainan game ini masih menjadi “PR” besar bagi semua pihak. Dari mulai anak bahkan orang dewasa yang kecanduan, terpengaruh hal negatif dari pola yang ada di game, seperti efek kekerasan, seksual yang belum waktunya diketahui dan masih banyak lagi.

Keadaan tersebut harus dipupus dengan diimbangi bahkan diungguli dengan konten baik, edukatif dan bermanfaat. Sehingga para gamers dapat memperoleh benefit yang bukan hanya menguntungkan pribadinya tetapi juga lingkungannya.

Dengan bermain game yang terarah dan permainan untuk anak sebaiknya ada pengawasan orang tua, gamers dapat memetik manfaat dengan memanfaatkan fitur yang ada. Misalnya, jadi belajar Bahasa Inggris yang lebih baik, dapat belajar leadership dengan efektif dari permainan game yang edukatif. Misalnya, bermain game yang menampilkan teamwork juga game yang memerlukan banyak strategi, bisa mengasah kemampuan-kemampuan ini hanya dari bermain game.

Masih ingat ketika Asian Games 2018? Ada cabang olah raga baru yang belum banyak ter-explorasi juga belum banyak disosialisasikan. Yaitu e-sports. Olah raga dengan konsep game online ini sedang naik daun. Nah buat para gamers bisa memanfaatkan peluang menjadi atlit e-Sports ini yang sedang digalakkan. Menjalankan hobi sambil mengharumkan nama bangsa kan?

Inovasi ASUS yang mengeluarkan 3 serangkai Smartphone Gaming ini dapat menjadi sarana untuk mendapatkan banyak peluang baik dari segala potensi yang ada dari kegiatan main game.

3 comments

  1. Aku suka sama brand ini teh, kqmi di rumah pake laptop ASUS udah dari tahun 2010-an dan laptop masih dipake anak-anak. Mupeng pengen belu hapenya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama dong Mba saya juga laptopnya ASUS :)

      Delete
  2. kemarin udah sempat lihat produknya langsung, megang dan nyobain langsung, memang keren bgt, jadi pengen ganti HP

    ReplyDelete