Belanja Semudah Tap dengan Visa Contactless

Widyananto Sutanto


Ketinggalan dompet tak begitu dikhawatirkan lagi. Namun saat ketinggalan handphone dan kartu-kartu bisa panik. Karena semua transaksi kebutuhan di perjalanan ada di sana. Mulai bayar ongkos transportasi, bayar belanjaan hingga beli makan.

Sudah jarang sekarang bawa uang kas. Tentu saja ini karena pertimbangan kepraktisan dan kenyamanan saat bertransaksi. Di samping berbagai kemudahan, banyaknya pilihan cara membayar juga semakin mendorong masyarakat untuk tidak lagi menggunakan kas. Jarang kana da yang membawa uang tunai banyak? Paling buat membayar parker liar atau pengeluaran lainnya yang memerlukan uang tunai. Itu pun tak banyak.

Pada 28 September 2019 lalu, saya mendapatkan banyak informasi terkait fenomena cashless yang telah diterapkan masyarakat ini dari acara gathering bersama PT.Visa Worldwide Indonesia di Transmart Cempaka Putih.

Bapak Widyananto Sutanto, Director Head of Corporate Communications PT Visa Worldwide Indonesia memaparkan hasil Studi Visa Consumer Payment Attitudes yang menghasilkan banyak temuan. Diantaranya 77% masyarakat Indonesia suka bertransaksi nontunai. Bahkan 8 dari 10 responden sudah siap menghadapi era digital dan menerapkan transaksi dengan sedikit kas.

Visa sebagai pemimpin pembayaran digital di dunia dan dikenal sebagai jaringan pembayaran yang paling inovatif dan tersebar di dunia, saat ini mengeluarkan produk Visa Contactless dan  Visa Token Service yang memberikan kemudahan saat betransaksi.

Mudah karena sistemnya hanya dengan tap tidak mengenai sampai mesin EDC nya, transaksi dalam beberapa detik sudah selesai. Keamanan dan kemyamanan pun terjamin karena Visa Contactless didesain untuk memberi kemudahan namun tetap terkontrol.

Pemenang Shopping Race dari pelanggan Transmart Carrefour Cempaka Putih

Saat acara, kami semua melakukan experience berbelanja dengan Visa Contactless. Voila! Gak nunggu lama transaksi berhasil, belanja semudah Tap! Tak perlu ribet harus tanda tangan atau pijit-pijit nomor pin yang biasanya lumayan malas karena saat pencet pin, takut dilihat atau diintip sama konsumen lainnya yang sama-sama mengantre.

Kadang saya juga khawatir kalau kartu harus di-swipe berkali-kali karena kegagalan transaksi akan merusak data yang ada di dalam kartu tersebut. Syukurlah ada Visa Contactless yang memberi jawaban akan kebutuhan dan kenyamanan bertransaksi.

Bapak Widyananto juga mengedukasi soal Visa. Selama ini, masyarakat umum jika mendengar kata Visa, yang terbayang paling utama adalah kartu kredit. Padahal banyak sekali produk yang memakai Visa selalu lancar.

Jadi, Pak Widyananto menegaskan bahwa Visa itu tak hanya berhubungan dominan dengan kartu kredit saja namun dengan semua produk bank dan bank mana pun yang telah bekerja sama dengan Visa, termasuk kartu debit Visa berperan besar dalam menerapkan sistem pembayaran yang mudah, aman dan nyaman.

Saya dan teman Blogger pun berkesempatan menjadi salah satu pemenang Shopping Race. Yeayyy!!!
Belanja semudah Tap!

Untuk mendapatkan layanan dengan kartu Visa Contactless, mudah saja. Tinggal minta dibuatkan kartu yang ada logo Visa nya di bank tempat membuka rekening tabungan. Setelah itu, bisa langsung digunakan.

Inovasi Visa memberikan banyak edukasi terkait inklusi keuangan masyarakat dan masyarakat semakin melek digital juga melek financial. Mengurangi penggunaan kas berlebih yang akan mengakibatkan ketidaktenangan diri karena menyimpan uang dalam jumlah banyak di tas. Dengan satu kartu Visa Contactless, semua transaksi dapat dilakukan tanpa melalui beberapa langkah pembayaran yang biasanya menyita waktu.

Visa Contactless aman karena chips yang ada pada kartu dilindungi berbagai lapisan dan saat bertransaksi jika tap lebih dari satu kali secara tak sengaja, transaksi yang dihitung tetap satu kali.

Sistem pembayaran Visa Contactless juga berperan serta dalam memajukan perekonomian dan sector pariwisata. Terutama layanan terhadap wisatawan mancanegara yang telah banyak memberlakukan sistem pembayaran dengan Visa Contactless yang tak lagi menerapkan sistem swipe card. Penyesuaian ini akan memberikan kecepatan, kemudahan dan keamanan bertransaksi.

No comments