Perempuan Percaya Diri Jika Pribadinya Tertata

Bersama Ibu Futri Zulya

“Perempuan penjaga rumah tangga yang paling membuat anggota keluarga merasa nyaman dan terlindungi. Bangun pagi, menyiapkan sarapan, pakaian kerja suami, pakaian sekolah anak-anak, mengerjakan pekerjaan rumah yang tak henti hingga menjelang ke peraduan, belum lagi mengatur anggaran pengeluaran supaya pas dan menemani anak belajar. Namun perempuan sering lupa dengan hak nya. Hak untuk merasa santai, bahagia dan tapil segar.”


Ibu Futri Zulya

Ungkapan Ibu Futri Zulya tersebut membuka acara peluncuran BMI Charity di Zglow Depok pada 11 November 2019. Kalimat yang menyadarkan kami para undangan yang mayoritas perempuan. Kami nyaris tak pernah memikirkan diri sendiri. Namanya seorang ibu, saat berhasil menuntaskan kewajibannya, melihat keluarganya terpenuhi kebutuhannya dan merasa nyaman, tentu sudah puas dan tenang.

Kami seketika disadarkan, bahwa seorang perempuan dalam keluarga yang menjadi manajer rumah tangga, mengurus segala hal dengan rutinitas tanpa putus tentu membutuhkan hal segar sebagai amunisi untuk memperoleh tenaga yang lebih prima lagi dalam mengurus anak dan keluarga ke depannya.

Oleh karena itu, Ibu Futri Zulya, Founder & CEO PT.Batin Medika Indonesia berinisiatif untuk mengembangkan charity sebagai upaya pemberdayaan terhadap perempuan agar lebih mandiri dan bisa membuat dirinya bermanfaat untuk keluarga, liungkungan juga untuk dirinya sendiri.

Konsep charity yang dilakukan, merupakan pemberdayaan langsung secara formal dan informal. Untuk konsep formal, diadakan dalam satyu wadah, yakni Z Academy yang fokus pada berbagai pelatihan bagi para therapist dan beautician yang selanjutnya disalurkan bekerja di perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam PT.Batin Medika Indonesia. Seperti Zglow dan lain-lain.

Sekilas tentang PT.Batin Medika Indonesia, adalah perusahaan yang menaungi beberapa perusahaan di dalamnya yang fokus pada perawatan kecantikan dan klinik estetika. Sejak tahun lalu saat cabang Zglow masih di dua tempat, Bekasi dan Kemang, saya mengikuti terus perkembangannya. Dalam waktu satu tahun lebih sudah ada 7 cabang dan semakin banyak memberdayakan perempuan di sekitarnya.

Dalam perkembangannya, saya merasa takjub, charity yang dikembangkan Ibu Futri Zulya berkembang pesat dan memberikan dampak banyak pada pencapaian peserta-peserta didiknya. Di antaranya sudah banyak yang menjadi beautician profesional dan produktif. Sekalipun di rumahnya masing-masing. Ada juga yang menjadi supervisor beautician, padahal sebelumnya hanya ibu rumah tangga biasa dengan pendidikan di bawah standar. Namun Ibu Futri berhasil mendidiknya hingga berhasil mandiri.

Peluncuran #BMICharity yang bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, maka acara ini dibalut talkshow inspiratif #YouGlowGirl  menghadirkan influencer Karin Novilda atau lebih dikenal Awkarin yang kini banyak melakukan kegiatan positif, berbagi terhadap sesame dan menularkan hal positif seperti pengembangan kepribadian.

Awkarin

Awkarin mengatakan bahwa perempuan itu harus rapi, wangi dan mampu up to date dalam berwawasan. Dengan demikian, perempuan akan mendapatkan respect dari orang-orang yang ditemuinya. Kesan pertama harus memancarkan aura positif.

“Tak susah untuk berusaha tampil rapi, asal ada kemauan dan konsisten.” Ujar Awkarin.

Menutrut Awkarin, penampilan yang enak dilihat juga merupakan bagian dari ciri khas yang penting kita miliki sebab jika sudah rapi, akan merasa nyaman dan percaya diri. Melakukan apapun akan lebih semangat dan maksimal.

Ibu Futri Zulya mengamini pernyataan Awkarin.

“Saya memilih Awkarin menjadi keynote speaker hari ini karena Awkarin gemar berbagi manfaat untuk sesame dan hal itu sudah dilakukannya sejak dia remaja. Diharapkan aksi positifnya tersebut dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat.” Kata Ibu Futri.

Saya pribadi melihat perkembangan usaha PT.Batin Medika Indonesia dan berbanding lurus dengan Corporate Social Responsibility-nya sangat respect dari sini, saya menyaksikan bahwa bukti ungkapan “Siapa menanam kebaikan maka kebaikan itu akan kembali padanya” terbukti dengan apa yang kerap dibagikan Ibu Futri Zulya beserta jajaran PT.Batin Medika Indonesia selama ini, menghasilkan kemajuan yang sangat berarti.

Atas semua pencapaian tersebut, maka di moment Hari Pahlawan ini, PT.Batin Medika Indonesia dalam #BMICharity memberikan bantuan kepada tiga perempuan inspiratif yang telah menyumbang kebaikan bagi keluarga dan lingkungannya. Diantaranya Ibu Endang yang berprofesi sebagai pemulung, berjuang untuk menghidupi anak-anaknya, Ibu Dewi yang berprofesi sebagai guru di sebuah PAUD dan  Ibu Tini sebagai Driver Ojeg.

10 Karyawan PT.Batin Medika Indonesia yang mendapat penghargaan


Tiga perempuan inspiratif ini diberikan pelatihan makeover agar ke depannya mampu membuat penampilannya lebih rapi sebagai ungkapan rasa percaya diri terhadap apapun profesinya. Dan mendapatkan santunan sebagai apresiasi atas kontribusinya dalam mengurus keluarga dan kepeduliannya terhadap lingkungan di sekitarnya. Menjadi mandiri dan pekerja cerdas.

PT.Batin Medika Indonesia juga memberikan penghargaan bagi 10 karyawan berprestasi. Upaya mendulang semangat mereka supaya lebih menelurkan karya yang lebih baik lagi dan memberikan pelayanan lebih maksimal lagi.

Tak pernah bosan saya mendengarkan advice yang disampaikan Ibu Futri Zulya dalam setiap talkshow-nya karena selalu memantik semangat dan mendorong untuk lebih berkarya yang lebih berkualitas lagi. 

No comments