Nilai Perusahaan Yang Harus Dipahami Saat Menjadi Karyawan

 


Bergabung dengan suatu perusahaan otomatis harus mengenali idealisme perusahaan tersebut agar berbanding lurus dengan  visi misi perusahaan yang akan menjadi tempat naungan kita bekerja. Jika sejalan, segala aktivitas dan goal yang dicapai pun akan sesuai dengan ekspektasi perusahaan dan tak menjadi beban pula untuk kita sebagai karyawannya. Karena telah memahami kewajibannya dengan baik. Ada kebaikan benefit bagi kedua belah pihak tentunya.

Dua puluh tahun lalu, saat saya mulai bekerja di salah satu perusahaan, hari pertama hingga hari ketiga saya hanya disodori buku-buku tebal yang memuat company profile dan seabgeg panduan dan Standar Operating Procedure (SOP) yang harus dipahami, baru di hari keempat saya mulai bekerja sebagai Akunting. Ini merupakan bagian dari penyelarasan nilai dan mengenali lingkungan kerja dengan lebih baik tentunya.

Menarik soal company value yang harus dipahami ketika akan bergabung dengan suatu pekerjaan ini, saya temukan pada IDN Media dengan Timmyness nya yang diciptakan oleh Founder dan CEO IDN Media, Winston Utomo sejak IDN Media berdiri. Timmyness berisi 10 poin nilai  fundamental perusahaan yang wajib diterapkan pada karyawannya.

Dengan menganut demokrasi informasi, 10 poin pada Timmyness tersebut tetap memberi keleluasaan terhadap daya cipta, ide, pemikiran yang menjadi kontribusi pada perusahaan. Maka, poin-poin yang dinyatakan ini sangat memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter karyawan IDN Media.

Sepuluh Poin Timmyness ini adalah :



Kreativitas, Ketulusan dan Semangat

Dengan kreativitas, bekerja menjadi tidak monoton dan setiap karyawan diberi ruang untuk membuat terobosan dalam kontribusinya. Apalagi dalam industri media, memerlukan banyak pengembangan konten dan memperkuat ciri khas. Bayangkan, di tengah gempuran perkembangan media baru saat ini, diperlukan inovasi konten media yang lebih mengerucut dan benar-benar dibutuhkan masyarakat serta target market. Kalau konten media cenderung sama dengan media lainnya, atau biasa-biasa saja, pembaca pun akan beralih ke media pilihannya.

Maka dari itu, kreativitas sangat diperlukan untuk dimiliki setiap orang yang menjadi karyawan di IDN Media. Bagaimana cara menjadi kreatif? Tentu saja dengan ketekunan dalam menyerap segala aspirasi dan inspirasi yang dapat dilakukan dengan membaca, ngobrol dengan orang berpengalaman, berbagi pengalaman dengan uraian yang bermanfaat dan rajin mengembangkan diri dengan banyak belajar dan mengikuti berbagai pelatihan.

Selain kreativitas, bekerja dengan ikhlas juga menjadi perhatian utama karena bekerja dengan penuh tekanan dan keterpaksaan akan membuat dirinya bagai robot, mengerjakan pekerjaan sebagai gugur kewajiban saja sehingga adanya limitasi yang mengakibatkan tidak maksimalnya kontribusi yang dapat membangun perusahaan.

Semangat bekerja pun menjadi poin penting karena tanpa semangat, pekerjaan akan banyak yang tertunda dan tidak ada motivasi untuk lebih giat lagi.



Komunikasi dan Tindakan Etis

Setiap karyawan sehari-harinya tak luput dari komunikasi, baik itu komunikasi dengan antar karyawan, dengan atasan atau dengan tamu klien. Interaksi ini terjadi bisa menghasilkan output baik atau buruk, tergantung pada kemampuan masing-masing mengelola emosi dan memilih narasi yang tepat. Karena dengan komunikasi yang baik, satu tim dapat bekerja sama dengan kompak tanpa saling memaksakan pendapat dan menutup masukan orang lain.

Bahkan, dalam satu perusahaan banyak terdapat karyawan dari berbagai latar belakang berbeda, mulai dari budaya, bahasa, suku dan status sosial. Maka, kemampuan berkomunikasi antar budaya pun penting dikuasai dengan baik. Caranya dengan mengasah empati, belajar memahami budaya lain dan mempraktikkan itikad baik tersebut.

Bapak Winston mengatakan bahwa karyawan IDN Media yang mampu menerapkan keterampilan berkomunikasi dengan baik dengan tindakan yang etis, akan memberi  dampak positif kepada lingkungan kehidupannya di luar lingkungan pekerjaan juga. Karena terbiasa dengan apa yang dilakukannya ketika bekerja, oleh karena itu, IDN Media juga menjadi agent of change dalam hal komunikasi.



Beradaptasi dan Berani Mengambil Risiko

Menurut Bapak Winston, yang pandai beradaptasilah yang akan bertahan. Maka dari itu, di poin no.3 ini, Bapak Winston menekankan kepada para karyawannya untuk tidak takut dengan segala perubahan dalam lingkungan pekerjaannya karena dengan adanya perubahan, artinya perkembangan itu terjadi dan penyesuaian dengan zaman juga berjalan. Karena jika tidak mampu meyesuaikan keadaan, bisa tersingkirkan dengan mudah.

Misalnya, saat ini, media diperlukan penunjang sosial media sebagai sarana promosi atau menggiring ke website utama, artinya karyawan perlu beradaptasi untuk mempelajarinya. Atau ketika diperlukan community development, ini juga harus mulai dibangun dan dicari targetnya. Semua perkembangan itu harus mampu diadaptasi dengan baik.

Tidak lupa pula untuk selalu mengedepankan keberanian mengambil risiko dalam sebuah keputusan karena dengan demikian, kita dapat belajar dari kesalahan dan terus memperbaiki dan mengulik lagi hingga menjadi solusi yang pas.


Aktif, Kolaboratif dan Sinergi

IDN Media meyakini bahwa dengan kolaborasi, pekerjaan akan lebih cepat selesai dan tujuan lebih cepat terlaksana. Bapak Winston pun berpendapat bahwa sikap kompetitif sudah tidak berlaku lagi di zaman sekarang. Yang ada ialah saling membantu, bekerja sama dan saling memberi warna. Karena dalam satu tim, jika sikap aktif, kolaboratif dan kemampuan sinergi diterapkan, efisisensi waktu pun akan didapatkan karena membantu satu sama lain tak lain untuk tujuan kemajuan perusahaan sebagai visi bersama.

Persaingan tidak sehat harus dihindari. Keuntungan berkolaborasi, setiap indivu, setiap bagian unit kerja atau bagian lainnya yang terpisahkan, akan mampu menguasai bidang lain dan ketika ada perubahan, tidak akan kaget karena sudah mengetahui dasarnya dari hasil kerja sama kolaborasi yang pernah dilakukan.



Menghargai Perbedaan

IDN Media merupakan produk lokal dan di dalamnya ada berbagai ras, suku, agama dan latar belakang budaya yang berbeda. Oleh karena itu Bapak Winston menerapkan poin penting ini kepada para karyawannya untuk menjalankan kultur yang inklusif.

Setiap karyawan didorong untuk mempunyai kemampuan komunikasi antar budaya dan mengedepankan empati dengan baik. Jika perlu, mempelajari budaya lain untuk lebih memahaminya agar selaras dengan tujuan bersama walau mempunyai karakter berbeda jika dapat dipahami dengan baik, kesalahpahaman itu tak akan ada.



Selalu Bersikap Positif

Suasana hati seseorang secara langsung akan memengaruhi suasana hati orang sekitarnya begitu pula ketika berada di tempat kerja. Maka dari itu dalam poin ini, IDN Media menekankan kepada karyawannya untuk mampu mengelola emosi, mengelola sikap dan mood agar tetap terkondisikan dan tidak berpotensi membuat situasi tidak nyaman. Walaupun sedang dalam keadaan duka, suasana bad mood karena suatu hal atau ketika ada pekerjaan yang tak sesuai ekspektasi dari hasil kerja tim, sikap diusahakan tetap positif. Tidak mendramatisir keadaan dan tidak mengajak yang lainnya untuk larut dalam suasana hati yang negatif.

Tak hanya berkaitan dengan suasana hati pribadi, saat berkomunikasi dengan orang lain pun jangan sampai selalu bersikap mematahkan semangat orang lain hanya karena ingin pendapatnya diterima. Banyak cara untuk menunjukkan sikap positif di lingkungan kerja. Asalkan mampu mengelola emosi dengan baik.



Membantu Untuk Kepentingan Bersama

Membantu rekan kerja untuk kepentingan bersama sering terabaikan karena beberapa individu merasa perlu mengangkat dirinya sendiri untuk tampil dan bertujuan untuk mencuru perhatian atasannya untuk tujuan tertentu yang menjadikan keuntungan untuk dirinya sendiri. Padahal, atasan pun akan lebih jeli menilai.

Oleh karena itu, pada IDN Media selalu membudayakan sikap saling membantu untuk kepentingan bersama yaitu untuk sama-sama memajukan perusahaan. Impact dari saling membantu ini akan dirasakan hasilnya oleh semua pihak dalam internal perusahaan tentunya.

IDN Media memandang visi ke depannya bahwa dengan kebiasaan saling membantu, jika suatu saat ada rolling bagian pekerjaan, semua sudah siap. Selalu ada nilai plus untuk setiap effort tentunya.


Mengapresiasi Keberhasilan Rekan Kerja

Sering terabaikan dan cenderung susah mengimplementasikan hal ini. Individu yang sulit mengapresiasi pencapaian orang lain adalah pribadi yang kurang bahagia. Tak rugi dan tak akan mengancam porsi pekerjaan masing-masing sebenarnya saat mengapresiasi rekan kerja yang melakukan pencapaian.

Oleh karena itu IDN Media berusaha membudayakan poin saling mengapresiasi rekan kerja karena dengan saling mengapresiasi, otomatis memberikan dukungan juga. Ketika dukungan itu mengalir, akan sangat berarti bagi individu yang menerima apresiasi juga terhadap orang lain di sekitarnya yang terinspirasi. Lalu menimbulkan semangat yang lebih tinggi lagi.



Integritas dan Kejujuran

Menumbuhkan kejujuran dalam setiap aktualisasi dan melakukannya dengan sepenuh hati sesuai dengan koridor yang tak melanggar peraturan adalah salah satu sikap yang wajib ditanamkan dalam setiap perusahaan. Tak terkecuali pada IDN Media. Sebab hal ini dipandang sebagai cikal bakal untuk mengetahui kredibilitas setiap karyawan walaupun sedang tidak berhadapan dengan atasan atau ketika sedang di luar lingkungan pekerjaan, dirinya tetap mampu membawa diri dan selalu melakukan hal baik dan yang seharusnya. Inilah yang dikatakan berintegritas.




Punya Rasa Memiliki

Sense of belonging penting dimiliki oleh seorang Timmy (sebutan untuk karyawan pada IDN Media) karena segala bentuk keberhasilan perusahaan juga akibat kinerja para Timmy ini. Oleh karena itu penting diterapkan sikap merasa memiliki. Pada saat perusahaan berhasil selalu melibatkan karyawannya untuk merasa bangga dan merasa bahwa itu adalah bagian dari perjuangannya juga. Dengan demikian, loyalitas pun akan semakin terjalin dengan baik.


Luar biasa ya teman-teman! Dari sepuluh poin ini saya jadi mendapatkan banyak pelajaran. Tak hanya berguna untuk para Timmy saja ternyata, saya yang pertama melihat perangkat nilai yang dibuat Bapak Winston ini sudah sangat terpesona dan ingin ikut menerapkannya. Pastinya semua karyawan pada IDN Media mendapatkan banyak bekal ilmu yang tak didapatkan di bangku kuliah sekalipun.

 

3 comments

  1. Nilai2 yg patut dicontoh ini ya teh, ga heran idn media terus eksis smpe skrg

    ReplyDelete
  2. Founder IDN Media memang pintar menyusun dulu 10 Timmyness yang wajib dihapalkan oleh karyawannya sehingga nilai nilai ini berhasil menjadi culture perusahaan, dan dapat mendukung goal mereka untuk menjadi perusahaan yang long lasting.

    ReplyDelete
  3. luar biasa sekali teh. Pas baca nilai-nilai perusahaan yang dimiliki oleh idn media ini membuat saya pengen kerja di sana juga, hihi. Ngebayangin suasana kerja dan dukungan dari perusahaan yang positif kayaknya bakalan membuat individu sendiri terus berkembang yaa

    ReplyDelete