Tenaga Surya Pada Atap Pabrik Danone-AQUA Mekarsari Suplai Energi Terbarukan

 


Saat berjalan dalam jarak yang jauh di pelataran dari Mall Grand Indonesia menuju Stasiun Sudirman, napas teras agak berat dan sedikit-sedikit batuk kecil. Padahal jarak tidak terlalu jauh, sekitar 100 meter lebih kurang. Lain dengan saat saya berjalan kaki dari Dago Pakar Bandung menuju Maribaya Lembang, sejauh 5 Kilometer tak terasa lelah sampai berat napas, kalaupun ada rasa capek, masih bisa diatasi dengan Tarik napas dan duduk sejenak. Perbedaan ini, karena kualitas udara yang berbeda. Di saat bergerak jauh namun kondisi udara bersih dan segar, masih menolong rasa lelah namun jika polusi padat, ini yang memicu rasa lelah itu datang.

Ditambah perubahan iklim yang tak menentu memperparah keadaan yang berdampak tak hanya pada kesehatan namun juga lingkungan. Berbagai masalah lingkungan terkait polusi udara, pencemaran dari bahan bakar fosil yang tak terbendung dari kendaraan dan pabrik-pabrik pun punya andil.

Melihat kondisi ini, sudah saatnya semua pihak ambil bagian  tanggung jawab, baik pemerintah, swasta, institusi dan masyarakat umum.

Bicara soal inisiatif swasta, salah satunya Danone-AQUA yang sudah berkomitmen memanfaatkan energi yang dihasilkan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) sejak 2017 dengan komitmen membangun PLTS Atap pada 21 pabriknya dengan total kapasitas 15.000 kWp pada 2023 yang menghasilkan listrik untuk mencukupi kebutuhan operasionalnya sebesar 21 GWh. Bukan hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan operasional pabrik saja namun PLTS yang menghasilkan listrik ini dapat mengurangi 16.633 ton Co2 per tahun.



Bertepatan dengan Zero Emission Day pada 21 September 2021, Danone-AQUA meresmikan PLTS Atap Pabrik Danone-AQUA Mekarsari di Sukabumi Jawa Barat. Peresmian ini oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan disaksikan oleh beberapa pejabat Pemerintah Daerah Jawa Barat lainnya.

Bapak Ridwan Kamil sangat mengapresiasi langkah Danone-AQUA dalam pemanfaatan PLTS sebagai energi listrik untuk operasional pabriknya. Menurutnya, hal ini membantu upaya pemerintah khususnya Pemerintah Jawa Barat dalam penyediaan energi baru terbarukan sebesar 20,1% yang diharapkan dapat mengurangi emisi karbon 1916 Co2.

Seiring dengan komitmen ini, Ibu Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia menyatakan bahwa langkah pemanfaatan PLTS Atap Pabrik ini sebagai salah satu komitmen dalam motto “One Planet. One Health” yang diusung oleh Danone sebagai upaya menjaga lingkungan supaya tetap asri dan terjaga dari berbagai aspeknya. Danone-AQUA juga mempunyai target di 2030 pengunaan energi terbarukan 100% untuk seluruh pabriknya.

Ibu Vera Galuh juga menyatakan bahwa Danone dalam langkahnya mewujudkan penyediaan energi terbarukan ini, dilakukan secara sinergi dengan pemerintah, organisasi, perusahaan multinasional dan beberapa stakeholder agar percepatan penyediaan energi terbarukan ini terlaksana dengan baik dan dapat diwujudkan secara meluas. Komitmen ini dibuktikan dengan penandatangan komitmen bersama perusahaan-perusahaan multinasional lainnya melalui Clean Energy Investment Accelerator (CEIA).

Gina Lisdiani, Co-Lead dari Clean Energy Investment Accelerator (CEIA) Indonesia juga menyatakan dukungannya terhadap langkah Danone-AQUA yang menyediakan energi terbarukan melalui PLTS di atap pabriknya. Melalui kesamaan visi ini maka CEIA juga berharap lebih banyak lagi indusri yang memanfaatkan PLTS untuk atap pabriknya sebagai penyedia energi listrik agar keterbatasan energy fosil dapat teratasi. Selain energy fosil dapat teratasi juga lingkungan dapat terjaga dan mencegah menumpuknya emisi karbon yang menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan manusia dan ekosistem alam.

Ibu Gina juga menegaskan bahwa Indonesia berpotensi besar untuk penyediaan energi terbarukan mengingat Negara Indonesia berada di garis khatulistiwa dan dengan sinar matahari yang bersinar setiap hari. Sumber daya alam Indonesia pun berlimpah ruah dengan berbagai bahan baku yang dapat dijadikan energi terbarukan.



Dyah Roro Esti, Anggora Komisi VII DPR RI juga ambil bagian dalam mendukung peresmian PLTS Atap Pabrik Danone-AQUA ini yang harus didorong terus dan dan dimonitor agar berkelanjutan. Bahkan Ibu Dyar Roro mendukung pernyataan Bapak Ridwan Kamil terhadap willingness politic-nya agar regulasi penyediaan energi terbarukan ini lebih mulus jalannya dan dapat terwujud dengan cepat.

Saya pribadi sudah mengenal dengan baik Danone-AQUA soal komitmennya pada lingkungan, saya masih ingat ketika berkunjung ke pabrik yang di Solo, Bali dan Sukabumi, lingkungannya sangat asri karena ada penanaman sejuta pohon agar konservasi air bersih tetap terjaga. Selain itu, banyak gerakan-gerakan lainnya yang bertujuan untuk menjaga lingkungan. Seperti edukasi bagi para pemulung, mengelola botol dari bahan daur ulang dan lain-lain.Ditambah dengan PLTS atap pabrik ini membuat saya tambah kagum dan ikut mendukung dengan kapasitas sebagai Blogger untuk menginformasikan hal ini agar banyak lagi industry yang mengikuti jejak langkah Danone-AQUA dalam pemanfaatan PLTS.

 

 

6 comments

  1. Semoga makin banyak perusahaan membuat energi terbarukan ya, Teh :)

    ReplyDelete
  2. Ini yang kemarin ada iring iringan dari arah Bandung ke Sukabumi (lewat Cianjur) itu ya... Pantas kang Emil lewat rupanya,
    Bangga nih di Sukabumi sudah diresmikan juga ya

    Alhamdulillah...

    ReplyDelete
  3. Keren ya aqua menggunakan tenaga listrik tenaga surya

    ReplyDelete
  4. Wah keren Aqua. Beneran ya, komitmen dalam peduli lingkungannya tak main-main. Satu demi satu diwujudkan. Dari produk hingga ke pabriknya. Bahkan limbahnya. Nanti ke depannya gak heran deh jika Aqua Danone 100% green jobs. Semoga inisiatif Aqua bisa menstimulasi pabrik lain untuk melakukan hal yang sama. Demi lingkungan yang lebih baik dan demi Indonesia yang lebih baik pula. Angkat topi untuk Aqua Danone.

    ReplyDelete
  5. Slalu dibuat takjub sama inovasi2 dari Danone. Konsisten slalu menjaga kondisi lingkungan

    ReplyDelete
  6. Wah keren, nih, dengan tenaga surya seperti ini masalah listrik teratasi apalagi Aqua ini selalu menyediakan yang terbaik, mantap.

    ReplyDelete