Interaksi Penting Untuk Mendongkrak Keberhasilan Sosial Media Marketing

 

foto: pixabay.com

Digital marketing, saat ini sedang naik daun. Dalam sepuluh tahun terakhir, strategi marketing melalui berbagai platform digital banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Salah satunya melalui platform sosial media facebook, twitter dan instagram.

Definisi digital marketing sendiri adalah proses manjalankan pemasaran dengan bantuan teknologi dan internet. Jadi, digital marketing bukan sekadardan “jualan online” namun cakupannya lebih luas. Diantaranya ada content marketing, social media marketing, influencer marketing, search engine optimization, search engine marketing, affiliate marketing, email marketing dan lain-lain. Seiring berkembangnya kondisi pemasaran yang dihubungkan dengan consumer behaviors digital marketing akan terus berkembang mengikuti trend dari tahun ke tahun.

Dalam kesempatan ini, saya ingin ngobrol bareng teman-teman untuk beberapa komponen digital marketing yang sering digunakan saat ini. Yaitu social media marketing dan influencer marketing dua jenis komponen ini, proses deliver materi promosibergantung pada konten yang dibagikan di dalamnya. Bisa berupa foto, video dan infografis sebagai media komunikasi untuk followers-nya. Semua konten ini disesuaikan dengan persona pemilik sosial media atau sosial media perusahaan yang dikelola. Sehingga menjadi ciri khas yang mudah diingat.

Konten-konten yang disugukan dikolaborasikan dengan storytelling untuk membungkus proses promosi agar lebih softselling dan menarik untuk disimak oleh followers atau audience. Narasi dalam konten sebaiknya dibuat lebih ringan, ada ajakan untuk interaksi dan memakai bahasa yang mudah dipahami agar dapat memancing komunikasi dua arah di kolom komentar dan membangun kedekatan emosional juga.

Banyak pelaku social media marketing yang terjebak dengan hanya memerhatikan konten saja. Jadi hanya foto dan video yang dibaguskan. Padahal, komponen lainnya, seperti narasi pada text juga penting sebagai magnet untuk berinteraksi. Maka peran content writer atau copywriter sangat diperlukan agar konten sosial medianya lebih bernyawa sehingga followers tidak hanya disuguhi oleh hardselling.

Mengapa Interaksi Berpengaruh Baik?

Peran narasi dalam sosial media akan memancing audience untuk berkomentar dan memberikan feedback atas konten promosi yang dibagikan dan tentu saja hal ini menjadi referensi bagi pelanggan yang melihat konten sosial media dengan membaca komentar-komentarnya. Komentar positif dan insightful akan menambah preferensi bagi calon pelanggan. Sebuah komponen promosi yang menguntungkan tentunya.

Beberapa hal yang dapat menciptakan interaksi diantaranya:

Kalimat ajakan dan bertanya, biasanya, narasi yang diberikan berupa kalimat ajakan atau kalimat bertanya yang berhubungan dekat dengan kehidupan sosial sehari-harinya, audience akan tergerak untuk ikut nimbrung berkomentar, dari mulai ikut membagikan pengalamannya, sekadar menanggapi atau ikut membagikan konten tersebut ke dalam sosial media miliknya. Karena merasa ada kedekatan emosional dan cocok dengan insight yang dibutuhkan.

Sisipan value edukatif, postingan sosial media jika tujuannya untuk berjualan atau promosi usaha, bahkan konten pribadi sekalipun, jika isinya mengandung materi edukasi yang aplikatif, akan selalu dikunjungi dan selalu dinanti. Dengan demikian, sisi interaktifnya pun beragam karena audience selalu ingin engage dan terlibat lebih dalam. Contohnya, ketika saya tertarik dengan you tube channel seorang psikolog, saya selalu ingin balik lagi ke sana dan menanti konten-konten barunya. Selain itu, saya juga sering ingin terlibat di dalam komentarnya. Karena materi yang disampaikan sangat relevan dengan kehidupan saya.

Insight dari komentar orang lain, selain text narasi yang dibangun, komentar-komentar dari followers, audience dan pelanggan yang mengikuti sosial media yang dikelola juga penting lho! Terutama bagi yang yang testimoni sukarela, memberikan masukan membangun dan menilai secara objektif.

Tips untuk menanggapi komentar-komentar yang masuk, adalah selalu menjawab dengan hati. Menjawab secara personal, jadi bukan dijawab dengan kalimat-kalimat template yang seperti mesin. Tujuannya agar kedekatan emosional terjalin dengan baik. Karena proses pemasaran yang baik adalah dengan memberikan akses untuk berjejaring, mengembangkan relasi dan menciptakan kedekatan-kedekatan yang berkelanjutan sehingga loyalitas konsumen terbangun karena sudah ada chermistry. Harga lebih tinggi dari competitor pun tidak menjadi masalah untuk pelanggan karena pelanggan akan nyaman bertransaksi dengan penjual atau perusahaan yang menciptakan engagement baik.

Bagaimana untuk perusahaan atau perorangan yang membutuhkan engagement namun masih kesulitan karena followers belum banyak dan masih dalam proses membangun kedekatan ini secara bertahap?


Solusinya, dapat berkolaborasi dengan pihak lain, misalnya menggandeng platform digital lainnya untuk saling melengkapi dan ber-partnership. Salah satunya rajakomen.com platform yang dapat membantu stimulasi engagement positif bersama audience karena dari komentar-komentar positif yang tertuang, akan memberikan ruh pada konten yang dibagikan. Selain itu, komentar-komentar tersebut bahkan memengaruhi keputusan pelanggan untuk tercapainya target call to action dalam proses transaksi. Untuk platform facebook juga sangat penting diberikan nyawa melalui interaksi dengan bantuan jasa komentar facebook di rajakomen karena untuk facebook kadang sudah terlupakan poin interaksinya. 

Komentar positif yang disediakan oleh rajakomen juga tak sekadar memberikan komentar namun memberikan feedback pada komentar orang lain yang ada kecenderungan berkomentar negatif sehingga dapat mem-backup  komentar negative yang diluruskan.

Begitu banyak cara untuk meraih engagement tinggi dalam berbagai sosial media platform untuk kepentingan marketing maka tinggal kita memanfaatkannya saja. Cari jasa komen tentunya harus yang terpercaya. Jadi, sudah siapkah untuk berinteraksi dengan followers? Yuk!

 

1 comment

  1. Nah, bener banget komunikasi dan interaksi di sosial media menjadi hal paling penting bahkan merupakan ini dari digital marketing yang akan mempengaruhi keberhasilan ini.

    ReplyDelete