Indonesia Creators Economy Jembatani Kerja Sama Brand dan Creators

Pic by, Pixabay

Makan bareng di restoran, melihat menu yang disajikan di meja menggelitik untuk dijepret dulu sebelum dimakan. Lalu dibagikan di sosial media. Ketika hangout di pusat perbelanjaan atau tempat wisata kece, jari tangan mulai bergerak menekan tombol record video lalu dibagikan di story instagram, facebook atau twitter. Selain membagikan, ada ulasan narasi yang dibuat plus menciptakan tanda pagar suka-suka lalu tag lokasi dan brand-nya. Padahal sedang tidak mengerjakan pekerjaan-pekerjaan marketing atau sosial media. Secara langsung, kita sudah menjadi content creator. Sesederhana itu memulai karya!

Akan lebih bernilai lagi jika hasil kreativitas dalam membuat konten tersebut menjadi ladang penghasilan yang didapat dengan cara mengasyikkan, bukan?

Creator dalam perkembangannya, begeser dari sekadar hobi menjadi bisnis. Jika dulu, karya para creator belum tentu dapat dipublikasikan dengan mudah karena harus melalui audisi, seleksi atau melalui perekrutan oleh pemandu bakat. Misalnya, menyanyi, menari, akting atau pekerjaan-pekerjaan entertainment lainnya. Sedangkan sekarang, semua orang bisa membuat karyanya secara leluasa dan ekspresif dalam kanal - kalan sosial media yang dimilikinya. Jadi, tak perlu menunggu dibidik pemandu bakat dulu atau harus mengikuti audisi saat ingin karyanya tersebar luas.

Ingat Justin Bieber atau Atta Halilintar? Mereka sukses berkat konten-konten yang dibagikannya di You Tube, Diana Rikasari yang membagikan tips fashion melalui tulisan blog pribadinya. Ini adalah bukti bahwa platform sosial media sudah sangat memudahkan para creator untuk eksis dan mengenalkan karya-karyanya dengan leluasa.

Winston Utomo & William Utomo  (Pic by, IDN Media)

Bermunculannya para creator kini, dukungan pihak kedua penyedia platform pun belomba dalam memberikan inovasi program dan produknya. Salah satunya IDN Media yang resmi meluncurkan platform ICE (Indonesia Creators Economy) sebagai wadah untuk menjembatani antara creator dan brand sehingga dua pihak ini dapat bekerja sama dengan mudah karena semua terfasilitasi dalam satu platform terpercaya.

ICE memiliki lima layanan yang terdiri dari content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solutions, dan brand & product development. Paket lengkap ini akan memberikan totalitas layanan yang membantu pekerjaan creators dan brand dalam satu platform saja. Termasuk untuk metode pembayaran akan lebih mudah dan terpercaya karena semua sudah terintegrasi dan dapat di-tracking dengan mudah transaksinya.

Sebelumnya platform ini bernama IDN Creator Network yang eksis sejak 2017. Setiap tahunnya IDN Media melakukan pembenahan, penyesuaian dan pemetaan yang tepat sehingga penerapan inovasinya bisa sejalan dengan penggunanya yang dinamis. Bahkan perkembangan informasi dan yang menghasilkan kreativitas dari para creator dapat diwadahi untuk meningkatkan kualitas karyanya dan tentun saja menghasilkan income bagi creator tersebut.

Industri kreatif sedang naik daun, pengguna internet dan sosial media serta pemilik gadget pun kian menjamur dari berbagai usia terutama milenial dan Gen Z, maka visi dari IDN Media meluncurkan Indonesian Creators Economy ini sangat tepat dan memberikan banyak peluang kepada pengguna sosial media supaya membuat sesuatu yang lebih bermanfaat dan ada nilai ekonominya.

Seperti yang diungkapkan oleh Winston Utomo, CEO IDN Media, bahwa hadirnya Indonesian Creators Economy ini memberikan manfaat plus dari penggunaan teknologi dan pembuatan konten oleh pemilik sosial media agar mempunyai nilai tambah bagi perekonomian masyarakatnya. Maka dari itu, Winston menegaskan bahwa visi ini bertujuan mendemokratisasikan creators economy.

William Utomo, COO IDN Media, menambahkan pernyataan Winston, bahwa platform Indonesian Creators Economy yang fokus pada kolaborasi antara brand dan creators ini, memberikan kemudahan dan nilai tambah bagi creators selain mendapatkan banyak inspirasi konten juga dapat terhubung dengan banyak brand atau pihak-pihak yang akan mengajak kerja sama.

 



1 comment

  1. Wah mantep IDN makin meroket aja, terakhir kabarnya bekerja sama dengan Fortune media masa Amerika seingatku kalau tidak salah. Sekarang udah makin waw aja dengan adanya ICE.

    ReplyDelete