Potensi UMKM Jember Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional


Kalau dengar kata “Jember” saya langsung melayang pada event akbar Jember Fashion Carnaval yang mendunia. Dengan gemerlapnya, fashion out of the box dan make up unik, membuat saya takjub! Di kota Jember ada acara semegah ini. Sebab saya punya teman orang Jember asli, jika curhat dia mengatakan kalau untuk potensi megembangkan diri banyak keterbatasan. Selalunya harus hijrah ke ibu kota atau kota-kota lainnya yang mempunyai potensi. Ternyata banyak sisi lain dari Kota Jember yang belum saya ketahui dari sumber lain.

Setelah saya cari tahu melalui penelusuran di internet terutama hashtag dan kata kunci Jember di sosial media, tingkat takjub saya bertambah beberapa persen dari saat mengetahui Jember Fashion Carnaval, banyak tempat wisata terutama pantai cantik dan kulinernya bikin ngiler tak sabar pengin traveling ke sana. Saya terkesan dengan wedang cor yang terbuat dari tape. Sepertinya hangat, legit dan menyegarkan.

Dari informasi yang saya dapat ini, menyambung ke penemuan bahwa UMKM di Jember sudah tumbuh pesat, ini seiring sejalan dengan banyaknya potensi di sana mencakup turis yang datang, kuliner dan craft yang tinggi peminat dan lain-lain. Rupanya anggapan teman saya yang menganggap Kota Jember kurang sarana untuk berkembang dapat dipatahkan dengan kondisi peningkatan UMKM ini.

Selama dua tahun pandemi Covid-19, UMKM di Jember tentu mengalami keterpurukan, kondisi ini merata dengan yang terjadi di dunia. Namun bagaimanapun, UMKM harus tetap hidup karena UMKM merupakan salah satu fondasi yang memperkuat ekonomi rakyat.

Untuk mempertahankan keberlangsungan dan eksistensi UMKM Jember, diperlukan support system dari berbagai elemen baik dari pemerintah, swasta dan masyarakat sendiri. Kehadiran dan peran JNE, sebuah perusahaan kurir ternama di Indonesia ini memberikan peran penting dalam memperkuat ekosistem UMKM di Jember. Melalui Program Goll…Aborasi Bisnis Online 2022, JNE membantu memperkuat melalui edukasi langsung dalam membentuk dan memperkuat branding usaha mereka secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Dalam edukasi tersebut, JNE menghadirkan narasumber kompeten di bidangnya sekaligus praktisi usaha yang telah menjalani usahanya dengan berhasil sehingga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan ilmu yang aplikatif. Narasumber tersebut salah satunya Nesi Septiani selaku pemilik Khadijah Collection yang mengawali usaha sebagai reseller, dari keberhasilan tersebut, Nesi tertarik memiliki bisnis sendiri dan berhasil. Nesi menyatakan bahwa kunci keberhasilannya adalah buah dari konsistensinya.

Narasumber berikutnya adalah Fathurrohman selaku pemilik Musae Chips, yang mulai berjualan pada 2019. Fathur membagikan pengalamannya saat awal membangun usaha ini dengan melakukan research competitor yang head to head dan mencari segmentasi yang tepat untuk pemasaran produknya. Fathur memilih segmentasi millennial yang cenderung digital native. Lalu mengembangkan brand tersebut dengan memberikan keunikan dalam rasa dan kemasan.

Fathur juga menekankan bahwa dalam berbisnis, harus mampu bersaing dengan kompetitor dan untuk meningkatkan daya saing ini, bisa melakukan lebih banyak lagi kreativitas dan inovasi.

Agung Fathur selaku Head of Sales Marketing JNE menjelaskan bahwa upaya JNE dalam memberdayakan UMKM Jember melalui berbagai edukasi adalah sebuah upaya nyata untuk merangkul mereka agar lebih bersemangat dalam bangkit dari keterpurukan pandemi dan dapat meningkatkan potensi-potensinya. Edukasi yang berkelanjutan ini pun dilakukan berdasarkan kebutuhan pelatihan dari komunitas UMKM yang ada di Jember. Dalam memperkuat support system ini, JNE menggandeng Bank Nasional Indonesia (BNI) dalam hal permodalan. Jadi, dari segi modal pun sangat diperhatikan jadi edukasi tidak sekadar teori namun ada implementasinya langsung dalam pengembangan usaha masing-masing.

Melihat kontribusi JNE ini, saya menjadi punya harapan kalau setiap perusahaan swasta dapat mendukung UMKM di setiap daerah juga agar keberlangsungannya terjaga dan melalui pendampingan ini, peningkatan pun pasti berarti.

Sesuai dengan Tagline “Connecting Happiness”, JNE selalu konsisten juga dalam menjadi kurir kebahagiaan selai kurir barang. Jadi, melalui program Goll..Aborasi ini, JNE memiliki visi untuk mengantarkan para pelaku UMKM pada kesuksesan yang mempunyai jenjang agar dengan berkembangnya usaha mereka, tidak hanya membuahkan kemakmuran bagi usahanya pribadi namun juga bagi perekonomian secara luas. Dan ada kontribusinya untuk Bangsa Indonesia. 

Bagi yang ingin menyerap ilmu dari acara Goll..Aborasi ini, silakan simak di You Tube JNE di bawah ini




No comments