Berburu Ilmu dan Berjejaring di Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022

 


Jumlah penduduk Indonesia memang termasuk juara dunia! Dengan peringkat 4 dunia pada pertengahan 2022 mencapai 275,77 juta jiwa. Dengan jumlah tersebut, ada besaran usia produktif yang akan menjadi bonus demografi Indonesia.

Menarik kalau mau menggali sisi usia produktif yang didominasi oleh Gen Milenial dan Gen Z ini. Melihat faktanya, dua generasi ini selain penuh potensi di masa depan karena begitu banyak hal yang dapat dilakukan sebagai occupation dan berbagai kegiatan yang memberikan value baik untuk dirinya sendiri maupun untuk lingkungan sekitarnya. Bahkan sumbangsih untuk negara. Karena masa depan bangsa dan negara berada di pundak dua generasi ini.

Tak hanya soal potensi, kita tak perlu menutup mata, begitu banyak Gen Z yang tak dapat melanjutkan pendidikannya ke sekolah menengah atau perguruan tinggi, mereka yang seharusnya bisa menikmati bangku sekolah dan mengenyam pelajaran-pelajaran yang sesuai minatnya, malah bekerja di pekerjaan-pekerjaan yang tak semestinya ada pekerja dengan usia di bawah umur.

Melihat dari sisi tantangan ini, semua pihak baik pemerintah, swasta dan masyarakat sendiri wajib bersama-sama mencari solusi agar Milenial dan Gen Z menjadi bonus demografi berkualitas bagi Indonesia dan menjadi penopang potensi masa depan yang cerah, bukan menjadi beban negara karena pengangguran atau masalah-masalah sosial yang menjadikan mereka tidak produktif atau mengalami kebuntuan dalam mencari jalan untuk memperoleh hak-hak dasar seperti pendidikan dan kebebasan berkarya.

Jika pendidikan formal belum berpihak kepada mereka, bendidikan berbasis masyarakat seperti kursus singkat, workshop dan berbagai festival edukasi yang karakternya dekat dengan minat dua generasi ini. Tak harus menunggu pemerintah, siapapun dapat berinisiatif untuk merangkul semangat dan motivasi generasi muda dengan berbagai cara dan konsep.

Salah satu contoh inisiatif, IDN Media yang menyelenggarakan Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) dengan tema “Indonesia Fast Forward” acara dengan menyuguhkan berbagai suntikan inspirasi melalui berbagai panel diskusi dengan kategori sosial, politik dan ekonomi. Anak muda wajib memperoleh wawasan tersebut karena dalam praktiknya, akan diaplikasikan dalam bidang pekerjaan atau kewirausahaan yang akan digelutinya atau menambahkan nilai pada segala aktivitasnya yang tengah dikerjakan pada saat ini.

Panel diskusi tersebut menghadirkan lebih dari 50 pembicara andal di bidang masing-masing yang dibagi dalam tiga panggung seperti Visionary Leaders, Future Is Female dan Talent Trifecta. Acara ini diselenggarakan di The Tribrata, Dharmawangsa selama dua hari 29-30 September 2022 dan dapat dihadiri oleh siapapun.

Tak sekadar memberikan pengayaan pada generasi muda saja namun ada isu penting juga terkait women empowerment pada panggung Future Is Female yang akan memotivasi peran perempuan dalam kepemimpinan.

Acara dengan paket lengkap ini wajib dihadiri oleh anak muda karena di acara ini, peserta tak sekadar mendapatkan ilmu berbobot namun kesempatan untuk mendapat jejaring lebih luas dari berbagai latar belakang pendidikan, pekerjaan dan organisasi bisa didapatkan juga di sini. Jangan lupa untuk selalu berbaur dan saling bertukar kontak agar dapat saling berbagi potensi dan kesempatan berharga.

Berbagai isu penting melibatkan anak muda sebagai wujud demokratisasi informasi seperti yang diungkapkan CEO IDN Media, Winston Utomo bahwa peran generasi muda dapat memberikan sumbangsih yang lebih baik dan berkualitas dalam segala bidang jika generasi potensial tersebut dipupuk dan diarahkan kepada hal-hal yang memberikan kapasitas dan penguatan motivasi untuk berkembang.

Jadi, jangan lewatkan Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) agar mendapatkan banyak benefit dan jalan untuk berkontribusi pada bangsa dan negara dengan cara-cara sendiri dan kemampuan yang dimiliki dengan menyerap inspirasi dari semua pembicara.

 

   

1 comment

  1. Wah makin luar biasa IDN yang menyediakan berbagai artikel bermanfaat apalagi sekaraang menggandeng Milenial dan Gen Z. Tentunya membantu mereka aktif di media dan menyalurkan kreativitasnya dalam karya tulis. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete