Mengenal Lebih Dalam Soal Saraf Kejepit di Rumah Sakit Premier Bintaro



Bersyukur, ini adalah kata yang terlintas saat pandemi mulai reda. Karena berbagai aktivitas sudah mulai bisa dijalankan dengan normal kembali dengan era new normal tentunya. Dengan tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan dengan konsisten.

Rasa syukur ini, dibarengi dengan menyambut berbagai undangan acara-acara tatap muka kembali. Senang tak terkira tentunya. Karena dari acara tatap muka, banyak sekali insight yang bisa didapatkan plus bertemu kembali dengan teman-teman lama dan banyak orang untuk berjejaring.

Salah satunya, acara Blogger & Vlogger Gathering bersama RS Premiere Bintaro pada 7 Agustus 2022 yang dihadiri oleh 50 Blogger dan Vlogger.


dr. Omar Luthfi SpOT (K) Spine

Agenda acara ini adalah Hospital Tour dan Health Talk dengan tema “Mitos dan Fakta Saraf Terjepit” dengan Narasumber dr. Omar Luthfi, SpOT (K) Spine. Banyak hal tercerahkan soal saraf kejepit dan kondisi pegal di badan. Ternyata jika tidak mengetahui apa saja yang terjadi ketika badan pegal, bisa berakibat fatal jika sedikit-sedikit dipijat ke tukang urut. Jadi, yuk kita cari tahu apa saja yang boleh dan tak boleh dilakukan pada saat badan pegal dan ketahui apa saja yang harus dilakukan pada saat mengalami saraf kejepit.


Struktur Tulang Belakang (Sumber Foto: Presentasi Health Talk dr.Omar Luthfi, SpOT

Mengenal Tulang Belakang dan Saraf Tulang Belakang

Sebelum ke pembahasan utama, dr. Omar Luthfi memberikan penjelasan seputar tulang belakang dan saraf tulang belakang. Penjelasan istilah kedokteran dengan bahasa awam, mudah dipahami. Bagian-bagian tulang belakang yang menyambung langsung ke otak. Maka dari itu fungsi tulang belakang beserta sarafnya sangat penting dalam mengatur koordinasi pergerakan tubuh.

Cara kerja penyampaian pesan ke otak oleh sumsum tulang belakang yang mengandung sirkuit sel saraf di dalamnya.

Fungsi Saraf Tulang Belakang

Fungsi Motorik (Penggerak)

Pada saat anngota tubuh ingin melakukan pergerakan seperti berdiri, berjalan, jongkok, duduk, melambai dan gerakan-gerakan lainnya. Begitu pula pada saat merespons yang mengakibatkan reaksi tubuh untuk melakukan sesuatu, seperti adanya suatu tekanan, pengaruh suhu padan atau dingin yang mendorong tubuh untuk melakukan sesuatu dalam melindungi dirinya dari efek suhu ekstrim yang menghampirinya.

Fungsi Sensorik (Perasa)

Ketika merasakan nyeri, kita sering mengernyitkan mata untuk menahan rasa sakit kan? Itu adalah bagian dari impuls saraf untuk melakukan gerakan. Contoh lain adalah ketika mendapat sentuhan, tekanan atau hal-hal lainnya yang menghampiri dan menimbulkan gerakan, saat inilah saraf tulang belakang menjalankan fungsinya sebagai sensorik.

Fungsi Otonom (Organ Internal)     

Pembawa sinyal dari otak untuk mengontrol gerakan dan fungsi otonom yaitu pergerakan dengan cara otomatis melalui saraf pusat.

Gejala Saraf Kejepit

Sakit pinggang tidak berarti saraf kejepit, dr. Omar menjelaskan indikasi saraf kejepit dapat dideteksi jika kondisi-kondisi di bawah ini terjadi:

Nyeri menjalar hingga ke tungkai bawah

Kesemutan dan mati rasa

Kelemahan gerakan tungkai

Gangguan rangsang BAB dan BAK

Saraf Terjepit dapat Sebabkan kelumpuhan

Jenis Cedera:

Cedera Komplit adalah kondisi di mana pasien tidak dapat menggerakkan fungsi motorik tubuh di bawah tingkat cedera pada tulang belakang dan sensasi rasa juga tidak didapatkan.

Cedera Inkomplit adalah cedera dengan penurunan fungsi saraf dalam kedua fungsi baik secara sensorik maupun motorik di bawah bagian dari cedera tulang belakang. Pada cedera ini masih dapat berfungsi walau tidak maksimal.

Selanjutnya dr. Omar Luthfi menjelaskan penyebab Jepitan Medulla Spinalis yang merupakan kumpulan serabut saraf di sepanjang tulang belakang. Penyebabnya adalah trauma langsung, infeksi, tumor dan proses Penuaan.

Saraf Terjepit Pada Punggung Bawah

Penyebab jepitan saraf pada punggung bawah:

Herniasi Nucleus Pulposus (HNP)

Lumbal Stenosis (penuaan)

Spondylolisthesis (Pergeseran Tulang Belakang)

Infeksi

Nyeri Punggung Bawah Boleh Dipijat?

Metode Urut dan Kretek Kretek bisa meringankan nyeri punggung bawah diperbolehkan pemijatan namun tidak semua nyeri punggung bawah bisa dipijat karena berpotensi menyebabkan cedera lebih serius.

Nyeri punggung bawah penyebabnya adalah masalah otot. Misalnya kelelahan otot, cedera otot (muscle strain), cedera ligament, cedera bantalan tulang belakang, jepitan saraf tulang belakang dan patah tulang belakang. Jadi, sebelum mengambil tindakan pijat, urut dan sebagainya, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter agar tidak salah penanganan.

Penanganan Awal Saraf Terjepit

Bed rest maksimum 2 hari

Analgetik

Penggunaan alat bantu (korset)

Perubahan gaya hidup

Program rehab medic oleh Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

Manajemen nyeri intervensif

Kapan Harus Operasi?

Gagal terapi konservatif yang mana rasa nyeri sudah menetap selama lebih dari 6 minggu

Terjadi kelemahan anggota gerak

Terdapat instabilitas atau gangguan bentuk tulang belakang

Berpotensi menyebabkan kelumpuhan

Operasi tulang belakang tidak selalu menyebabkan kelumpuhan. Risiko kelumpuhan secara umum 0-2% dan saat ini, ilmu pengetahuan sudah semakin maju, keterampilan dokter semakin tinggi kapasitasnya karena banyak pembekalan secara formal dan ekstensi melalui berbagai edukasi tambahan dengan spesialisasi yang lebih terukur dan mumpuni. Peralatan pun semakin canggih, modern dan tepat penyesuaiannya dengan berbagai kebutuhan proses pengobatan dan pemulihannya.

Hospital Tour

Selain mendapatkan ilmu #HealthTalk dari dr. Omar Luthfi, kami berkesempatan megunjungi layanan-layanan medis yang ada di RS Premier Bintaro, dipandu oleh Mba Putri selaku Marketing Communications RS Premier Bintaro.

Mba Putri menjelaskan bahwa di RS Premier Bintaro memberikan layanan pembuatan medical check up untuk pembuatan visa tujuan Negara-Negara Inggris, Amerika, Canada dan New Zealand. Kelebihan layanan ini, akurasinya dipercaya penuh oleh negara-negara tujuan tersebut.  

MRI 3 Tesla

MRI 3 Tesla

Teknologi canggih yang selama ini hanya dianggap ada di luar negeri, dipatahkan oleh RS Premier Bintaro karena alat canggih, infrastruktur memadai dan keakuratan diagnosis terdapat di sini. Dengan hadirnya MRI 3 Tesla, yaitu teknologi untuk menghasilkan gambar pencitraan anatomi di dalam tubuh, mulai dari tungkai, perut, jaringan otot,  tulang belakang, saraf, otak dan bagian tubuh lainnya.

Dengan teknologi MRI 3 Tesla ini, dokter dapat mendiagnosa pasien secara cepat dan akurat karena semakin jelas pencitraan gambarnya akan semakin mudah dokter mendeteksi penyakit pasien.

Kelebihan MRI 3 Tesla di RS Premier Bintaro:

  • Tanpa radiasi
  • Menggunakan medan magnet dengan perlindungan berupa magnetic shielding, walk through metal detector
  • Skrining riwayat kesehatan pasien sebelum pemeriksaan MRI
  • Ruangan MRI didesain dengan nyaman dilengkapi dengan fasilitas untuk memanjakan diri saat pemeriksaan dengan headset dan kacamata 3D untuk pemutar musik dan film ditambah software ART (Accoustic ReductionTechnology) dan mood light yang dapat memberikan kenyamana saat pemeriksaan.
  • MRI 3 Tesla juga memberikan efektivitas pemeriksaan lebih cepat dari biasanya karena terpasang teknologi Deep Learning.
  • Lubang pemeriksaan 70 cm lebih luas
  • Ditangani tenaga kesehatan kompeten

Skin & Laser Clinic

Laser Fotona

Pada layanan ini, menariknya berbagai permasalahan yang menyangkut kesehatan atau estetika yang berkaitan dengan kulit, dapat ditangani dengan metode non operatif dan pasien dapat memilih metode pengobatan dan perawatan yang nyaman dan tepat.

Layanan di Skin & Laser Clinic ini ada teknologi mutakhir terbaru yang jarang berada di rumah sakit atau klinik mana pun. Yaitu Laser Fotona  yang dapat menangani berbagai masalah kulit seperti mengurangi bekas jerawat, komedo dan lainlain lalu memperbaiki kulit kendur, mengurangi kerutan halus dan pigmentasi, hair removal, varises, snoring/mendengkur hingga vagina rejuvenation. Teknologi ini juga dapat digunakan oleh multidisiplin kulit dan kelamin.

Dokter spesialis di antaranya Spesialis Kulit & Kelamin, Spesialis Kebidanan & Kandungan, Spesialis THT-KL, Spesialis Bedah Vaskular dan Spesialis Bedah Plasik. Jadi semua permasalahan dapat tertangani dengan komprenehsif.

Stroke Center

Stroke Center

Kami bergeser ke Stroke Center, lokasinya berdampingan dengan ruang ICU agar penanganan lebih cepat pada saat dibutuhkan penanganan ICU. Ditangani oleh dokter spesialis seperti dokter bedah saraf, dokter emergency, dokter radiology. Satu paket ini harus ada sebagai upaya penanganan agar golden period stroke dapat ditangani secara cepat dan tepat.

Ramsay Spine Center

Sesuai dengan tema #HealthTalk di pembahasan awal, untuk mengatasi problem tulang belakang yang meliputi:

  • Masalah-masalah tulang belakang
  • Kelainan bentuk tulang belakang (scoliosis, lordosis dan kifosis) dan lain-lain
  • Trauma tulang belakang
  • Gangguan saraf dan tulang belakang

Kelebihan di Ramsay Spine Center ini, selain infrastruktur memadai juga ditangani oleh dokter-dokter spesialis seperti dokter spesialis Orthopedi tulang belakang, spesialis saraf, spesialis rehabilitasi medic dan spesialis radiologi.

Alat Fisioterapi di Spine Center

Gymnasium untuk pemulihan pasien fisioterapi 

Layanan Ramsay Spine Center meliputi:

Terapi Non-Operatif/Konservatif

Dengan mengikuti program yang disediakan melalui Fisioterapi dan Terapi DBC (Documentation Based Care) dengan penerapan rehabilitasi aktif dan komprehensif untuk menghilangkan nyeri tulang belakang beserta pencegahan ke depannya.

Terapi Operatif

Tindakan operatif akan diambil jika pemeriksaan sudah dilakukan dengan cermat dan tindakan operasi tersebut meliputi: Artificial Disc Replacement (penggantian cakram artifisial), Spine Fusion (fusi tulang belakang), Scoliosis Reconstruction (rekonstruksi scoliosis), Endoscopic Discectomy (diskektomi endoskopi), Vertebroplasty (vertebroplasti) dan Pulse Radio Frequency dan Coblation.

Setelah tindakan operatif ini, ada fasilitas untuk pasien dalam melakukan pemulihan di Gymnasium yang dilengkapi dengan peralatan pendukung program terapi berkala agar kondisi pulih dan normal kembali. Gymnasium dapat mempercepat pemulihan pasca operasi jika programnya dijalankan dengan konsisten.

No comments