Meneladani Spirit Berbagi JNE

 

Foto: Mix.co.id

Hal menarik yang ada pada perusahaan JNE, perusahaan kurir terbesar di Indonesia adalah program Corporate Social Responsibility atau CSR yang menyasar tepat pada pihak-pihak yang membutuhkan seperti kaum dhuafa dan pihak-pihak yang memerlukan.

Khusus untuk UMKM, JNE tak pernah setengah-setengah dalam memberikan sumbangsih baik dalam hal edukasi atau bantuan bentuk lainnya. Benar-benar melakukan pendampingan yang totalitas dan materi edukasi diberikan sesuai dengan kategori UMKM yang diangkat tersebut.

Salah satunya adalah Program Golaborasi yang diadakan di puluhan kota di seluruh Indonesia untuk mengedukasi para pelaku UMKM untuk dilatih go digital dengan program edukasi mencakup personal branding, digital marketing, copywriting, value brand dan semua teknik pendukung lainnya. Masing-masing UMKM di setiap daerah dihadirkan narasumber-narasumber kompeten dengan berbagai skills unggulan untuk diaplikasikan oleh pelaku UMKM dalam masing-masing usahanya. Tentu saja program edukasi ini dilakukan secara berkesinambungan dengan monitoring sehingga para UMKM tersebut benar-benar menerapkan ilmu yang didapatkannya sehingga memberikan peningkatan pada kegiatan usahanya.

Selain Golaborasi, JNE juga di 2021 mengadakan Program Cakap Sama JNE, program seminar online melalui platform Zoom bagi para pelaku UMKM.

Di masa pandemi, JNE telah berusaha menghidupkan kembali roda perekonomian masyarakat melalui berbagai program yang menghidupkan usaha-usaha UMKM yang sempat terdampak dengan cara memperluas upaya pemasaran melalui platform digital. Tak hanya fokus pada upaya penanganan karena terdampak Covid-19 namun tujuan JNE support edukasi ini mempunyai visi jangka panjang. Yaitu untuk menguatkan  fondasi kekuatan ekonomi digital yang akan menjadi kekuatan di masa depan. Mengingat dalam ekonomi digital ini ada 3 supporting system yang harus terpenuhi, khususnya bagi para pelaku UMKM. Di antaranya  Logistik, Financial Technology dan Media Market.  

Dengan penguatan fondasi dalam membangun ekonomi digital ini, tentu saja mendukung penguatan ekonomi bangsa karena dengan menguatnya UMKM yang meluas pemasarannya hingga ranah digital, akan lebih membantu eksistensi UMKM dalam melakukan ekspansi yang lebih luas dan mendatangkan pelanggan lebih banyak lagi. Jika pelanggan bertambah artinya produksi pun akan selalu bertambah dan tenaga kerja yang dibutuhkan juga diperlukan banyak yang mana akan memberikan lapangan pekerjaan yang lebih banyak lagi. Sehingga berdampak luas efeknya.

Selain program untuk UMKM, JNE juga memberikan kontribusi berupa dukungan pelatihan, pendampingan dan penyaluran bakat olah raga Futsal melalui Cosmo JNE Futsal Club yang bermarkas di Jakarta. Sejak peresmiannya, Cosmo JNE Futsal ini diikuti oleh 12 tim terbaik Indonesia dan sepanjang 8 Januari hingga 21 Agustus 2022, mengikuti berbagai perlombaan berkelas dan pada April 2022 pencapaian satu tim pemain berhasil mewakili Indonesia dalam ajang Piala AFF Futsal Championship Thailand.

Tak hanya dalam olah raga Futsal, JNE juga mendukung atlet Shorinji Kempo, Haggies Mugara yang memperoleh Medali Emas pada PON XX Papua.

Selain program CSR yang beragam meliputi ekonomi masyarakat, UMKM dan olah raga, JNE juga mempunyai program unggulan yang tak kalah menariknya. Yaitu JNE Loyalty Card yang diperuntukkan bagi pelanggan JNE yang melakukan transaksi konsisten dalam periode waktu tertentu dan berkesinambungan.

Pemegang JNE Loyalty Card mempunyai kesempatan untuk mengikuti berbagai program spesial yang diadakan JNE dan memperoleh banyak benefit lainnya. Selain memberikan program spesial untuk member JLC  dalam bentuk berbagai benefit, juga mendukung kiprah UMKM dalam memfasilitasi program JLC UMKM untuk kapasitas logistiknya.

Melihat banyaknya program CSR JNE yang menyasar banyak pihak yang terbantu dengan maksimal, membuat pelanggan JNE semakin loyal dan kepercayaan pun meningkat. Dengan demikian, semoga aksi JNE dapat menginspirasi banyak perusahaan lain untuk ikut mendukung generasi muda dalam upaya meraup prestasi dalam bidang olah raga dan mendukung UMKM untuk memperoleh penguatan dari segala sisi juga.

Tak hanya menginspirasi sesama perusahaan namun dapat menginspirasi individu yang sedang berusaha dan ikhtiar juga, bahwa suatu keberkahan usaha berasal dari sikap selalu berbagi dan selalu memberikan yang terbaik bagi sekelilingnya. Termasuk melancarkan urusan orang lain.

JNE adalah sebuah role model perusahaan dengan spirit berbagi yang sangat mengutamakan penguatan edukasi serta support system lainnya.

No comments