Makna Hari Pelanggan Nasional



Saya pernah beberapa kali melakukan transaksi di suatu bank swasta, lalu mendapatkan bunga mawar dan pulpen dengan kata-kata manis dan ada ucapan Hari Pelanggan Nasional di sebuah kartu. Siapa yang tak terbang hidungnya kalau begini? Tiba-tiba mendapat sesuatu dengan istimewa? Ini adalah salah satu acara Hari Pelanggan Nasional.

Setiap Tanggal 4 September 2022 diperingati Hari Pelanggan Nasional oleh perusahaan swasta maupun BUMN. Dalam peringatan Hari Pelanggan Nasional tersebut, setiap perusahaan mempunyai program tersendiri yang dapat membangun engagement dengan masing-masing pelanggannya. Sesuai dengan tujuan Hari peringatan ini sebagai momen perusahaan mengapresiasi pelanggannya dengan memberikan pelayanan  istimewa.

Hari Pelanggan Nasional menurut sumber bunghatta.ac.id dicetuskan pada 2003 oleh Handi Irawan seorang pengusaha sekaligus pakar marketing dan diresmikan oleh Presiden Megawati pada saat itu, sebagai peringatan nasional. Berlanjut hingga saat ini.

Pelanggan adalah individu-individu istimewa yang memberikan kemajuan kepada perusahaan karena tanpa pelanggan, produk atau jasa yang dijual tidak akan terdistribusikan dengan baik dan income perusahaan juga tidak akan terbentuk. Perusahaan tanpa pelanggan tidak akan ada artinya.

Momen Hari Pelanggan Nasional selain menjadi ajang interaksi antara perusahaan dan konsumen, juga menjadi awal saling mengenal lebih dekat. Konsumen atau pelanggan juga menjadi merasa diakui dan mempunyai rasa diperhatikan oleh produsen atau perusahaan. Boleh dikata, hal tersebut menjadi ajang kasih sayang dari perusahaan untuk pelanggan.

Setiap perusahaan mempunyai program yang bervariasi dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional, contohnya melalui program hiburan, bagi-bagi merchandise, memberikan treatment khusus atau pemberian diskon dan voucher. Ada juga yang memberikan program edukasi berkelanjutan.

Salah satu perusahaan yang mengusung kepercayaan pelanggannya dengan memberikan sesuatu yang berharga dan bermanfaat adalah perusahaan kurir JNE dengan tagline “Connecting Happiness” selain mengantarkan paket juga mengantarkan kebahagiaan.

Eri Palgunadi selaku VP Marketing JNE menyatakan bahagia bersama dengan berbagi manfaat dan inspirasi merupakan suatu prinsip yang konsisten dijalankan oleh JNE sebagai tanggung jawab moral perusahaan terhadap masyarakat dari perusahaan.



JNE Loyalty Card adalah salah satu keistimewaan yang diberikan bagi pelanggannya untuk mendapatkan berbagai program menguntungkan sekaligus dukungan dalam aktivitasnya. Terutama para UMKM yang terbantu dengan berbagai program diskon dan promosi lainnya. Misalnya, sampai 10 September 2022, untuk pengiriman dengan maksimal berat 2 Kg dengan tarif normal plus penukaran 100 poin JLC, pelanggan berkesempatan mendapatkan produk Faber Castell.

Selain program di atas, JNE juga telah berbagi inspirasi melalui pembagian Buku “Bahagia Bersama”, merchandise eksklusif dan bunga pada 7 September 2022 untuk 25 pengunjung pertama di sales counter yang berada di Cabang Utama, Medan, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, Pontianak, dan Yogyakarta.

Program diskon 20% pun diberikan pada 4-5 September 2022 tepat di Hari Pelanggan Nasional diberikan kepada pelanggan pemilik JNE Loyalty Card existing dan baru. Belum cukup itu saja, mulai 3 hingga 5 September 2022 pun member JLC berkesempatan mendapatkan hadiah melalui keikutsertaan kuis berhadiah produk dari @tioriabycaramia.official melalui akun Instagram @jne.id

Tak hanya di Hari Pelanggan Nasional, JNE menebar kasih sayang dan berbagi kebahagiaan juga pada saat momen lainnya. Yang sangat memberikan dampak adalah support terhadap UMKM melalui pendampingan edukasi dan fasilitas diskon pengiriman. Bahkan untuk anak-anak muda pun diberikan dukungan dalam bidang olah raga, mulai dari pelatihan hingga mengantarkannya ke ajang pertandingan bergengsi nasional dan internasional.

Buat yang ingin bergabung dengan JNE Loyalty Card, dapat bergabung dan mendaftar melalui https://jlc.jne.co.id/ gratis dan mudah syaratnya.

Semoga semakin banyak perusahaan yang terinspirasi memberikan manfaat bagi pelanggan secara khususnya dan bagi masyarakat secara umumnya. Agar pelanggan tak hanya mendapatkan manfaat hanya dari produk dan jasanya saja namun dapat engage dengan hal lainnya sehingga antara perusahaan dan pelanggan mempunyai chemistry yang baik. Jika chemistry yang terbangun kuat maka akan memberikan dampak kelancaran pada operasional perusahaan serta loyalitas pelanggan pun akan terbentuk secara alami.

Hari Pelanggan Nasional adalah suatu ide brilian yang patut diperingati sebagai pengingat bahwa pelanggan adalah salah satu penopang kekuatan eksistensi perusahaan.

No comments