Meminimalisir Infeksi Mikroorganisme Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan dengan Philips UV-C Disinfection

Foto: Signify


Menyimak paparan dr. Cahyarini Dwiatmo, Sp.MK(K) Perwakilan PERDALIN/Indonesian Society of Infection Control (INASIC) dan dr. Jaka Pradita, Sp.P – dokter spesialis pulmonology yang menjelaskan tentang penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan mikroorganisme lainnya. Membuat saya teringat pada tetangga yang meninggal dalam waktu yang cepat karena mengidap sakit TBC. Lalu keluarga yang ditinggalkan memutuskan pindah rumah dan tak lama kemudian rumah tersebut laku. Namun salah satu penghuni baru yang menempati rumah tersebut mengidap penyakit yang sama dan meninggal juga.

Setelah dilakukan pemeriksaan dari tenaga kesehatan, rumah tetangga saya tersebut kurang ventilasi sehingga tidak masuk cahaya matahari mengakibatkan rumah lembap dan gelap membuat virus dan bakteri betah bersarang. Termasuk bakteri TBC yang keluar melalui batuk dan tersebar di udara hingga menempel di dinding dan barang-barang yang ada di dalam rumah tersebut.


Foto: Signify

Dari benang merah ingatan saya pada tetangga yang dihubungkan dengan pemaparan materi pada diskusi forum bersama Signify pada 25 Oktober 2022 di Terrace Senayan membuat saya sadar sepenuhnya bahwa kesadaran akan pola hidup sehat dan bersih dimulai dari lingkungan terkecil seperti rumah adalah sangat penting. Tak hanya untuk kesadaran diri sendiri namun untuk disebarkan juga pada orang-orang terdekat dan lingkungan sekitarnya.

Kesadaran pola hidup bersih dan sehat ini tak hanya membersihkan sesuatu yang terlihat saja namun harus sesuatu seperti mikroorganisme sangat penting dibersihkan secara menyeluruh.

Selain lingkungan rumah, fasilitas pelayanan kesehatan juga penting meminimalisir risiko infeksi yang rentan adanya sarang virus, bakteri dan mikroorganisme lainnya. Risiko infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan ini. Kondisi ini dibuktikan juga dari hasil studi WHO yang menyatakan frekuensi infeksi berasal dari rumah sakit yang berada di Mediterania Timur (11%) diikuti Asia Tenggara 10%.

Berangkat dari hasil studi WHO dan kondisi di lapangan, maka Signify melakukan inovasinya dalam pencahayaan melalui Sinar UV-C  Air Disinfection untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam membasmi virus, bakteri dan mikroorganisme baik di lingkungan rumah atau pekerjaan. Inovasi ini dibuat sebagai upaya mengurangi risiko infeksi karena penyebaran berbagai virus dan kuman yang bersarang pada berbagai media di tempat aktivitas manusia. Khususnya di tempat layanan kesehatan.

Karena tempat layanan kesehatan adalah tempat rujukan masyarakat yang mana semua pengunjungnya menaruh harapan besar atas solusi kesehatan untuk perbaikan kualitas hidup serta harapan besar atas kesembuhan maka selayaknya rumah sakit menjadi tempat yang aman dan tidak memperparah kondisi kesehatan pasien yang datang.

Mengapa Teknologi UV-C Diperlukan?

Menurut dr. Cahyarini, walau UV-C terkesan mempunyai image yang harus dihindari karena gelombang cahayanya semakin pendek semakin berbahaya, namun dalam beberapa hal sinar UV-C penting untuk manusia. Di antaranya, sebagai pembunuh virus kuman dan bakteri yang lebih efektif karena tak kasat mata yang tak bisa dibersihkan langsung seperti ketika membersihkan kotoran dan debu yang terlihat langsung.

Sinar UV-C juga bermanfaat sebagai pembantu pengolah Vitamin D dalam tubuh manusia dan merangsang terbentuknya Vitamin D yang tidak diproduksi oleh tubuh manusia.

Namun dalam penggunaannya, harus mengacu pada produk berkualitas dan keamanannya sudah mempunyai standardisasi yang ditentukan suatu badan agar tidak membahayakan.

Maka produk Sinar UV-C melalui inovasi Lampu Signify dapat menjadi pertimbangan untuk digunakan sehari-hari mengingat Signify sudah mempunyai portofolio tinggi dalam pengembangan pencahayaan untuk kebutuhan sehari-hari dan dari segi estetik juga.

Inovasi Philips UV-C Disinfection


Philips UV-C Disinfection Upper Air Wall Mounted

Dengan spesifikasi sinar UV-C  pada panjang gelombang 253,7 nanometer dapat memecah DNAvirus dan bakteri serta mikroorganisme lainnya. Dipasang minimal pada ketinggian 2,3 meter dengan pelindung berupa optic yang tidak mengganggu orang-orang yang beraktivitas di bawah dan sudah sesuai dengan standar keamanan fotobiologi.


Philips UV-C Disinfection Upper Air Ceiling Mounted

Seri ini cocok dipasang pada ruangan dengan ketinggian minimum 2,5 meter. Sinar UV-C didistribusikan dengan volume besar pada udara bagian atas. Dengan kelebihan kombinasi ballast dan lampu Philips selama 9.000 jam.


Foto: Signify

Philips UV-C Disinfection Air Unit

Lebih fleksibel jika ingin dipindah ke tempat yang diinginkan dengan fitur roda untuk gerakan portable dan fleksibel tanpa memerlukan instalasi khusus. Sangat simpel dan elegan dengan bahan rangka plastik anti UV. Aman dan mempunyai sisi estetik untuk pajangan.


Foto: Signify

Philips UV-C Disinfection Air Cleaner Grey

Tersedia tipe small, medium dan large dengan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, dapat disesuaikan dengan kapasitas dan ukuran ruangan sehingga lampu sesuai dan serasi dengan penataannya.

Philips UV-C Disinfection Air Cleaner Silver

Dapat menjangkau tempat-tempat yang akan dibersihkan udaranya termasuk sudut-sudut yang selama ini jarang terjangkau. Dengan masa pakai 9000 jam dapat digunakan untuk pembersihan udara rutin di setiap sudut yang berpotensi menjadi sarang bakteri dan virus.

Upaya Terhindar dari Penyakit Infeksi

Setelah mengetahui manfaat produk UV-C dari Signify yang dapat digunakan di wilayah fasilitas pelayanan kesehatan, perkantoran dan tempat-tempat strategis lainnya, kita juga harus menjalani protokol kesehatan dengan baik dan benar.

Pandemi yang menyisakan berbagai struggle menjadi pelajaran juga untuk kita bahwa menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan saat selesai beraktivitas, menjaga jarak dengan orang lain di tempat umum, memakai masker saat beraktivitas di tempat kerumunan dan selalu memerhatikan asupan bernutrisi agar imun selalu kuat.

Sedangkan untuk tempat tinggal, upayakan ada sinar matahari yang cukup bisa masuk ke ruangan dan buat ventilasi yang dapat memberikan jalan udara keluar masuk serta berikan sterilisasi yang maksimal dengan pencahayaan UV-C agar segala mikroorganisme dapat dibersihkan dengan tuntas.

 

 


No comments