Pengalaman Seru Bareng Navya Autonom Shuttle di BSD City

Sumber Foto: Sinar Mas Land


Kota pintar dengan nuansa hijau menjadi gudangnya oksigen segar dan bersih buat penghuninya atau orang-orang yang berada di kawasan tersebut. Di mana lagi kalau bukan di BSD City? Beruntung saya tinggal di Tangerang Selatan yang dekat dengan kawasan BSD City ini. Jadi, kalau mau nongkrong cantik dengan suasana berbeda, tinggal melipir ke The Breeze BSD, mall tanpa dinding yang penuh penghijauan dan jauh dari hiruk pikuk polusi.

Wujud kota pintar ini tentu saja berkat tangan dingin pengembang Sinar Mas Land yang tak berhenti berinovasi untuk menambah kenyamanan dan kapasitas kota pintar yang memberikan hunian dan lingkungan yang sehat dan berkelas.

Inovasi dan kolaborasi adalah kunci dari keberhasilan Sinar Mas Land sebagai laboratorium inovasi yang terus menciptakan berbagai ide yang terimplementasi. Salah satunya adalah pengadaan Autonomous Electric Vehicles (AV) yang beroperasi di BSD City. Kendaraan listrik untuk mengangkut penumpang di kawasan BSD City tanpa pungutan biaya. Kendaraan AV tersebut hasil kolaborasi antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation didukung pendanaan dari JICA dan MANICA Inc.

Jika berkunjung ke BSD City dan berniat berkeliling atau ingin mengunjungi lebih dari satu destinasi di kawasan tersebut, bisa menggunakan kendaraan yang akrab disebut sebagai Navya Autonom Shuttle. Sudah dilakukan uji coba sejak Mei hingga Juli lalu di kawasan Qbig BSD City dilanjut di kawasan BSD Green Office Park sejak 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023.

Kehadiran AV ini sejalan dengan kawasan BSD City yang sustainable ramah lingkungan dan memberikan kontribusi baik pada lingkungan sekitarnya.

Mengenal Lebih Dekat Navya Autonom® Shuttle

Kendaraan ramah lingkungan ini selain visualnya keren, lucu dan bikin gemas, fiturnya canggih dan dapat ditumpangi oleh keluarga saat menghabiskan waktu bersama di kawasan BSD City. Kendaraan yang tak dioperasikan oleh sopir manusia ini, berjalan sendiri tanpa awak.

Berikut fitur AV selengkapnya:

1. Penggerak oleh listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh

2. Bertahan selama 9 jam

3. Dilengkapi beragam sensor GNSS (Global Navigation Satelite System) dan Sensor LIDAR (Light Radar) dengan sensor ini, dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar kendaraan. Jadi, saat ada orang atau apapun di depannya, mobil ini akan mengerem atau berhenti secara otomatis. Canggih kan?

4. Kamera resolusi tinggi untuk big data analysis

5. Berkapasitas penumpang 15 orang. 11 duduk dan 4 berdiri. Dengan kapasitas penumpang ini, memberikan kesempatan pada para penumpang untuk bersosialisasi. Jadi walaupun kota pintar mengusung konsep serba digital namun tak meninggalkan spirit kebersamaannya. Sehingga kehidupan manusiawi yang memerlukan sosialisasi tetap terpenuhi.




Cara Mendapatkan Pengalaman Bersama Navya Autonom® Shuttle

Siapapun dapat mencoba kendaraan ini tanpa pungutan biaya. Jika berkunjung ke Tangerang Selatan, sempatkan nongki cantik di The Breeze BSD lalu cobain deh Navya Autonom shuttle ini. Bagi yang sudah berkeluarga, bisa sekalian mengisi waktu liburan atau saat senggangnya di sana. Oh ya, bagi penumpang anak-anak minimal tinggi badannya 120 cm dan harus didampingi oleh orang tuanya. Demi keamanan dan kenyamanan tentunya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di dalam mobil ini sebagai bentuk rasa tanggung jawab penumpang.

Caranya gampang banget, tinggal download aplikasi OneSmile di Apple Store atau Google Store lalu ikuti instruksi saat pendaftaran. Kendaraan ini beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Hadirnya AV ini, membuat mobilitas penduduk di sekitarnya terbantu dalam melakukan aktivitas tanpa menyumbang polusi berlebihan. Konsep sustainability lingkungan yang diterapkan pada kota pintar di BSD City ini mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi kota-kota lainnya di Indonesia sehingga berpengaruh pada kualitas produktivitas penduduknya karena merasakan kenyamanan dan ketenangan tanpa banyak polusi mengganggu.

 

 


No comments