Angkat Indonesia di Pentas Dunia Melalui Dua Merk Lokal


Banyak cara untuk mengangkat nama Indonesia di kancah dunia. Salah satunya dengan mempromosikan kearifan lokal yang menjadi keunikan dan ciri khas yang tak tertandingi oleh negara manapun. Salah satunya adalah memperkenalkan merk Antangin dan Federal Oil yang merupakan produksi lokal yang diandalkan masyarakat Indonesia selama puluhan tahun.

Peluncuran partnership antara Deltomed dan Federal Oil dalam dukungannya terhadap ajang Moto2 dilakukan di Jakarta, 5 Maret 2018.

Dua merk lokal tersebut berpartisipasi pada event dunia Moto2 yang akan berlangsung di Qatar pada 18 Maret 2018. Tepatnya di Sirkuit Losail yang akan diperkuat oleh pembalap asal Spanyol, Jorge Navarro.


Antangin dan Federal Oil memberi dukungan penuh terhadap tim federal Oil Gresini Moto2. Kedua merk ini akan terpampang di motor balap Kalex Moto2 yang akan digunakan Jorge Navarro. Begitu juga pada seragam dan kendaraan tim. Tentu saja ini merupakan suatu apresiasi.

Mengapa Antangin? Apa relevansi antangin dan balap motor? Ibu Febby Intan, Chief Marketing Officer Deltomed Laboratories menjelaskan bahwa antangin erat kaitannya dengan pengendara motor. Biasanya pengendara motor memerlukan penghalau masuk angin selain pelindung berupa helm, jaket dan perlengkapan lainnya.

“Pengendara sepeda motor kian hari kian meningkat dan efek dari mengendara yang berlebihan atau karena jarak tempuh yang jauh, maka tak jarang pada masuk angin. Maka Antangin berperan dalam pengobatannya.” Kata Ibu Febby.

Antangin yang mengandung bahan-bahan herbal hasil dari kekayaan Indonesia juga merupakan representasi dari negara kita yang kaya rempah dan sumber daya alam yang tak banyak dimiliki oleh negara lain. Ini patut dibanggakan tentunya.

Sedangkan Federal Oil, sudah lama melakukan kerjasama dengan tim balap Federal Oil Gresini Moto2 dan ini merupakan tahun ke-7 melakukan kerjasama tersebut.

Bapak Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur PT Federal Karyatama (MPM Lubricants) menyatakan bahwa Antangin dan Federal Oil mempunyai satu visi dalam mengangkat nama Indonesia di panggung internasional. Dan dukungannya terhadap Jorge Navarro di arena balap, bertujuan untuk menyemangati agar performa nya meningkat sehingga memberi semangat kepada para penontonnya.

Bicara soal penonton, Ibu Febby dan Pak Patrick bercerita saat mereka survei animo penonton balap motor Indonesia yang mendominasi sirkuit Sepang, Malaysia. Menurut mereka, banyak orang Indonesia yang sengaja nonton balap motor ke sana walau dengan biaya sendiri. Menunjukkan minatnya yang sangat tinggi.

Melihat semangat dan minat yang tinggi tersebut, maka Antangin dan Federal Oil, memberi dukungan semangat kepada warga Indonesia yang sengaja menonton balap motor Moto2 ini melalui dukungan terhadap pembalap idola mereka. Sehingga para pembalap-pembalap tersebut dapat memberikan pertunjukkan yang maksimal dan memuaskan para penonton yang sengaja hadir.

Bagaimana dengan kondisi pembalap Indonesia? Apakah ada yang berhasil muncul di arena bergengsi tersebut? Dengan logis, Pak Patrick menjelaskan bahwa pada dasarnya, pembalap Indonesia banyak yang berpotensi namun harus melalui tahapan pemupukan skill yang lebih tajam lagi.

“Pembalap Indonesia dan negara lain pada dasarnya mempunyai kompetensi sama namun pembalap Indonesia masih memerlukan polesan teknik dan pematangan sikap mental profesional. Menjadi pembalap profesional tak hanya mengandalkan skill balap saja namun sikap-sikap memupuk kesadaran dalam hal treatment terhadap sponsor, komitmen bertugas dan karakter yang mandiri adalah hal utama yang harus ditanamkan sejak awal.”

“Teknik bermain di lapangan, sportivitas dan feedback yang menjadi bagian tugas utama adalah sikap penting juga yang wajib dimiliki oleh seorang pembalap profesional.” Tambah Pak Patrick.

Kontribusi Indonesia melalui Antangin dan Federal Oil ini, disambut baik oleh Carlo Merlini, Direktur Komunikasi dan Pemasaran Gresini Racing yang dalam rekaman video menyatakan rasa terima kasihnya kepada Antangin dan Federal Oil yang telah mendukung ajang bergengsin ini. Begitu pula Jorge Navarro, pembalap Federal Oil Gresini Moto2 yang merasa terapresiasi dengan dukungan dua merk lokal Indonesia terhadap kiprahnya di ajang tersebut.

Partnership Antangin dan Federal Oil, tak akan berhenti sampai selesai acara Moto2. Keduanya berkomitmen akan melanjutkan banyak kegiatan positif yang saling mengeratkan sesama pencinta balap motor. Misalnya nonton bareng Moto2 atau touring ke beberapa tempat.

Melihat kondisi tersebut, saya pribadi berharap agar pembalap-pembalap Indonesia segera ada kemajuan dan banyak pihak yang mendukung agar performa nya layak tampil di panggung internasional dan dapat mengharumkan bangsa. 

4 comments

  1. Yey..! tambah lagi produk lokal yang mendunia. semoga kerjasamanya jangka panjang :)

    ReplyDelete
  2. Seru banget ya, produk lokal go international... Emang bener sih, kebanyakan naek motor bikin masuk angin dan antangin berkhasiat menangkal segala angin, hahayy..

    ReplyDelete
  3. wahhh turut bangga deh dua merek lokal bisa terlibat dalam event dunia, kereennn..

    ReplyDelete
  4. ikut acara ini merinding banget, secara komitmen Federal dan Antangin benar-benar besar terhadap perkembangan olahraga balap di Tanah Air
    semoga ada pembalap Indonesia yang suatu saat tampil di Moto2 dan Moto GP

    ReplyDelete