Dissy Reborn Titik Balik Usaha Kosmetik Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty



Tiga minggu lalu, saya mencoba bedak Two Way Cake merk DISSY yang dikeluarkan oleh DISSY Cosmetics garapan pasangan selebriti populer Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama. Sangat terkesan dengan tampilan luar maupun dalamnya. Juga hasil aplikasi bedaknya sangat memberi cover yang sempurna. Tidak terasa seperti dempul dan tidak bikin belang. Untuk informasi lengkapnya, saya ada tulis disini Dissy Two Way Cake Memberi Sentuhan Coverage Sempurna.

Seiring dengan peluncuran berbagai produk barunya, DISSY bereinkarnasi dengan berbagai pembaharuan. Mulai dari formula, kemasan hingga sistem pemasarannya. Maka, pada 3 Juni 2018 lalu di Agneya Cafe, Ussy dan Andhika menggelar media dan blogger gathering untuk memperkenalkan produk-produk baru yang bertajuk DISSY Reborn sebagai campaign untuk kosmetik yang sudah berdiri sejak 2014 ini.

Dari acara tersebut, saya mendapatkan banyak inspirasi dari sharing pasangan yang harmonis ini. Di balik produk yang berkualitas ternyata banyak cerita baik suka maupun duka dalam prosesnya. Ussy dan Andhika bercerita apa adanya dan jujur dalam perjalanan jatuh bangun usahanya. Dalam paparan sharing nya, terselip banyak motivasi bagi kami yang hadir.

Mendengar langsung ceritanya, mematahkan anggapan saya sebelumnya yang berpikir bahwa artis membuka usaha kosmetik itu hanya sambilan yang tidak ditekuni, opini saya terlalu jauh malah, menganggap mereka hanya ingin eksis dan dipandang saja. Ternyata anggapan ini salah sama sekali. Bagaimana tidak? Pasangan yang memiliki empat anak ini begitu gigih membangun DISSY dari nol. Tanpa subsidi atau titipan uang investor. Semua modal dari kocek pribadi mereka tanpa bantuan pihak lain.

Ussy dan Andhika pun mengurusi segala hal dari awal hanya berdua saja, di awal peluncuran, penjualan sangat baik namun makin ke sini makin berkurang disebabkan beberapa faktor, diantaranya muncul banyak kompetitor dari artis-artis yang mengeluarkan produk kosmetik juga dan keadaan Ussy yang mengandung anak bungsunya. Semua menjadi tidak fokus. Bahkan Andhika sempat ingin menutup usaha tersebut namun Ussy bersikukuh untuk mempertahankannya. Karena ia percaya, DISSY masih berpeluang untuk maju.

Berpikir keras bagaimana mempertahankan DISSY, pasangan ini berupaya membuat perbaikan-perbaikan dan menjadikan kompetitor sebagai barometer agar mereka berinovasi dan lebih memberikan nilai plus untuk DISSY yang diharapkan akan bermanfaat untuk para konsumennya.

Akhirnya, melalui beberapa survei ke masyarakat tentang kebutuhan kosmetik yang diinginkan, dihasilkan beberapa ide dan masukkan. Termasuk melakukan berbagai evaluasi. Perombakan ini merupakan titik balik bagi DISSY Cosmetics.

DISSY Reborn

Beberapa pembaharuan itu diterangkan Ussy dan Andhika mencakup beberapa hal berikut ini:

Penggantian logo, untuk warna tulisan menjadi warna gold dan daun dihilangkan, kesannya lebih simpel, mewah dan spesial. Dibanding yang dulu yang terkesan pasaran dan menengah ke bawah untuk image nya. Logo sekarang terkesan istimewa dan tampilannya tidak biasa.

Kemasan, lebih praktis, beragam bentuk dan mempertimbangkan aspek ketahanan isi produknya. Khusus untuk Dissy Lipstick, kemasannya ada bubuhan tanda tangan Ussy sebagai identitas yang kuat dan memberi hubungan kedekatan emosional dengan pelanggan maupun fans.

Formula, untuk kandungan di dalamnya, lebih berkualitas karena mempertimbangkan aspek kesehatan yang lebih banyak di samping mempercantik diri.

Pemasaran, Jika selama ini penjualan banyak di toko konvensional, kali ini pemasaran difokuskan ke reseller, beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Elevenia dan Lazada. Ke depannya, DISSY akan hadir di beberapa mall terkemuka. Tujuan dari mengurangi pemasaran di toko konvensional, sebagai solusi untuk memberdayakan para reseller agar memperoleh penjualan yang lebih baik. Karena menurut Andhika, reseller dan marketplace selama ini yang banyak membantu pemasarannya menjadi lebih baik.

Produk DISSY Reborn

DISSY tadinya hanya mempunyai produk sabun dan body lotion namun setiap tahun sejak berdirinya, selalu mengalami perkembangan dengan memunculkan produk kosmetik lainnya, seperti bedak, lipstik dan lain-lain.

DISSY Lipstick dengan kemasan bertanda tangan Ussy

DISSY Lip Velvet
DISSY Lip Tint

Untuk DISSY Reborn, dihasilkan produk unggulan, diantaranya Dissy Lip Velvet, Liquid lipstick, make up, contour, riasan mata, birir, serum dan krim untuk wajah. Formulasi yang mengutamakan kualitas membuat semua bahannya mengandung vitamin dan segala kebaikan untuk kulit. Misalnya, bedak two way cake yang saya pakai mengandung Vitamin E dan UV Filter. Lalu untuk Lip Velvet yang merupakan lipstik cair yang hasilnya velvet to mate yang hasilnya ringan di bibir dan melembapkan.

Pembenahan-pembenahan tersebut menjadi ukuran Ussy dan Andhika untuk memupuk kualitas produknya agar selalu terjaga dengan baik.

Banyak inspirasi yang saya dapat dari sharing mereka soal entrepreneurship prinsip mereka yang menekankan soal proses dalam menjalankan usaha sangat setuju sekali dengan ini. Bahkan Andhika mencontohkan soal kenekatannya dalam memulai usaha, menurutnya jika mentok hanya sebatas ide, tidak akan pernah maju dan tidak akan terealisasi.

“Saya mengikuti prinsip niat tukang nasi goreng keliling. Mereka sediakan bakul nasi dan perlengkapan jualannya dan keliling walau belum tahu ada yang beli atau tidak. Yang penting jalankan dulu.” Ujar Andhika.

Intinya, setiap ide yang dimiliki sebaiknya cepat dieksekusi agar menghasilkan sesuatu yang menjadi nilai. Walaupun ada kegagalan, tetap bisa diperbaiki.


Banyak kan inspirasinya? Bersyukur sekali bisa hadir di acara ini dan menjadi bagian dari campaign #DissyReborn terima kasih Mba Ussy Sulistiawaty dan Mas Andhika Pratama juga Mba Aliya Fatiah yang sudah mengajak saya untuk acara ini.

4 comments

  1. Selalu salut sama semangat mereka berdua. Dengan anak yang banyak juga tapi mereka mampu survive.

    Sukses selalu Dissy. Semoga ketika saya ada ide bisa eksekusi dengan baik.

    ReplyDelete
  2. Produk Dissy seliweran di timeline saya, sampai saya kepo. Salut dengan kerja keras mereka. Terlihat bener2 siap menyesuaikan selera pasar

    ReplyDelete
  3. Tampilannya keren banget, sumpah! :D Mupeng banget!

    ReplyDelete
  4. mbak ussi mencoba perntungan baru dengan masuk pasar kosmetik rupayanya.. :)

    ReplyDelete