BCA Donasikan Peralatan Operasi Katarak dan Perangkat Donor Darah Melalui Bakti BCA

Penyerahan donasi secara simbolis

Saat menggunakan produk atau jasa yang berkesinambungan dan bersifat jangka panjang, saya selalu ingin tahu apa kegiatan sosial perusahaan tersebut di samping mengelola kegiatan operasional sehari-harinya. Misalnya,untuk jasa perbankan. Ketika saya aktif menabung dan menggunakan produknya, saya suka berharap kalau perusahaan tersebut mempunyai kegiatan sosial yang berkelanjutan.

Seperti PT.Bank Central Asia Tbk (BCA) yang mempunyai program Bakti BCA yaitu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan program yang beragam. Mulai dari kebudayaan, lingkungan, pemberdayaan masyarakat hingga keehatan. Dan saya cukup banyak mengetahui program-program tersebut. Bangga dong, karena berarti saya sebagai nasabah punya andil juga walau sedikit ya?

Pada 24 September lalu, BCA peduli mengusung program kesehatan, khususnya kesehatan mata. Menurut Bapak Suwignyo Budiman, Direktur BCA mengungkapkan inisiatif program CSR BCA yang menyelenggarakan operasi katarak gratis ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa di Indonesia terdapat 3,5 Juta orang yang mengalami kebutaan dan 1,5 Juta nya disebabkan katarak. Data ini berdasarkan catatan dari organisasi kesehatan dunia WHO.

Bahkan berdasarkan catatan Kemenkes RI per 30 Agustus 2018 menyatakan bahwa katarak adalah penyumbang kebutaan terbesar, mencapai 60%. Ini harus menjadi fokus perhatian semua pihak tentunya. Tak perlu menunggu pemerintah bergerak sepenuhnya tapi semuanya wajib berinisiatif. Dan BCA melakukan gerak cepat untuk menganggulangi kebutaan akibat katarak dengan menyumbangkan peralatan operasi katarak kepada SPBK (Seksi Penanggulangan Buta Katarak ) Perdami (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia) Pengurus pusat dan Cabang DKI.    

Karena kita sadar bahwa mata adalah salah satu organ tubuh yang vital dan sangat berharga untuk melakukan berbagai hal. Jangan sampai usia produktif sudah direnggut dengan kebutaan akibat katarak ini. Donasi berupa 2 buah Mikroskop untuk SPBK pusat dan 1 buah Mikroskop untuk SPBK DKI ini tentu saja sangat bermanfaat demi kelangsungan jalannya operasi katarak.

Tak hanya untuk operasi katarak, BCA juga mendukung pelaksanaan donor darah. Bapak Suwignyo mengungkapkan kembali bahwa tujuan BCA selalu terdepan dalam memberikan upaya kontribusi untuk peningkatan kesehatan.  Seperti yang dikatakan Bapak Muhammad Ali Reza, Ketua Pengurus PMI DKI Jakarta, PMI bukan hanya fokus pada donasi tetapi lebih dari itu. Misalnya, ketika seseorang melakukan donor darah, otomatis akan diperiksa kelayakan darahnya. Disortir melalui beberapa tahap pemeriksaan. Sampai dikemas pada tahap layak pakai. Efek ke pendonor pun ada kebaikannya. Akan terdeteksi penyakit yang dideritanya jika ada temuan saat pemeriksaan.

Jadi, peralatan canggih sangat diperlukan untuk mendeteksi apakah darah pendonor tersebut layak atau tidak? Bapak Ali Reza menambahkan, bahwa saat donor darah juga merupakan garda penyaringan apakah pendonor menderita sakit tertentu atau tidak. Jadi, kontribusi BCA yang menyumbangkan 4 Set Blood Scale & Mixer senilai total 1,315 M ini, sangat membantu upaya kelancaran donor darah hingga proses siap pakai.   

Sebagai bukti keberlanjutan BCA dalam menyelenggarakan program CSR yang berkelanjutan, sebelumnya, BCA sudah menyelenggarakan 32 kali operasi katarak bersama Perdami di seluruh Indonesia. Tepatnya hampir 3000 pasang mata berhasil dioperasi katarak. Sedangkan untuk donor darah, dari 103 kali penyelenggaraan berhasil mengumpulkan 47 ribu kantong darah bersama PMI. Sejumlah peralatan lain beserta kendaraan operasional dengan harga yang tinggi pun telah disumbangkan BCA untuk keperluan operasional donor darah ini.

Melihat kontribusi BCA ini, saya jujur sebagai personal sangat terinspirasi dalam melakukan sumbangsih dan peran serta dalam memberikan efek positif pada kualitas kesehatan masyarakat sehingga masyarakat dapat produktif kembali. Jika masyarakat produktivitasnya baik, akan memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa.

Bapak Suwignyo menutup acara penyerahan donasi secara simbolis dengan berpesan kepada seluruh masyarakat agar selalu mendukung upaya peningkatan kualitas kesehatan dengan berbagai cara. Dan tidak lupa untuk bersinergi dengan pihak-pihak tertentu agar dapat memberikan nilai plus dalam aksi positif tersebut.


Kita sebagai personal, bagaimana caranya agar dapat berkontribusi juga? Tentu saja dengan berpartisipasi dengan berdonor darah dan selalu memeriksakan kesehatan secara rutin. Dan yang blogger, bisa menyebarkan berita baik tentang kesehatan yang bukan hoaks. Juga mendukung langkah-langkah perusahaan yang positif seperti BCA ini.

Yuk, kita dukung upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dengan berbagai cara yang kita mampu. 

1 comment

  1. Kebetulan aku jg nasabah disini, dan seneng ternyata CSR nya berjalan secara continue ya teh.. ^^ ikut seneng

    ReplyDelete