Manfaatkan Kartu Prakerja Dengan Belajar di Skill Academy



Pandemi Covid-19 semakin membuat  tidak kondusif pada semua sektor terutama terjadinya pemutusan hubungan kerja massal, tak pandang bulu dengan kondisi pekerja yang tak punya dana cadangan untuk bertahan hidup selama pandemic ini. Kena dampak yang menimbulkan shock bagi sebagian orang.

Kondisi ini jika semakin dipikirkan dan semakin banyak dicemaskan malah bikin tambah kacau pikiran karena bercampur perasaan cemas dan kalut berlebihan. Yang harus dilakukan adalah mencari banyak solusi. Teknologi harus dimanfaatkan dengan baik tanpa mubazir. Bisa dimanfaatkan untuk kursus online agar dapat meningkatkan kemampuan dan memperoleh pekerjaan yang lebih layak.


Apalagi ada program Kartu Prakerja dari pemerintah yang bisa dimanfaatkan siapa saja yang sedang mencari pekerjaan atau butuh penghasilan tambahan dari penghasilannya saat ini, terutama yang berkurang drastis karena dampak Covid-19.

Belajar melalui kursus online, tak akan mengganggu pekerjaan sehari-hari termasuk aktivitas-aktivitas lainnya. Karena fleksibel, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Asalkan terhubung dengan internet dan ada perangkat gadget yang mendukung. Untuk kursus online ini, diutamakan bagi yang tak mampu secara financial mengikuti kursus, bisa didapatkan dengan Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja ini diresmikan Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto pada 20 Maret 2020 dan tahun ini dibatasi hanya untuk 2 Juta penerima dan telah dibuka gelombang pertama pada 11 April 2020. Jangan kecil hati! Karena gelombang ke-2 akan dibuka sampai 23 April 2020.

Pemerintah pun menggandeng mitra resmi program kartu prakerja, yakni Skill Academy By Ruang Guru, Pintaria, Pijar Mahir, Tokopedia, Bukalapak, MauBelajarApa, Sekolahmu.
    
Cara mendapatkan Kartu Prakerja tentunya harus mendaftar dulu, cara daftar kartu prakerja dapat dilakukan di www.prakerja.go.id dengan membuat akun di sana dan ikuti instruksi pendaftarannya.

Persyaratan Kartu Prakerja dipastikan WNI, Usia 18 tahun ke atas, tidak sedang sekolah atau kuliah dan diutamakan yang penghasilannya berkurang karena dampak Covid-19. Persyaratan ini tentu sangat logis mengingat prioritas saat ini yang lebih diutamakan ada di poin-poin syarat tersebut agar program tersalurkan ke sasaran yang tepat.

Setelah mendaftar, kandidat akan melalui proses seleksi. Jika lolos, akan diarahkan ke tempat kursus online yang merupakan mitra resmi Prakerja. Salah satunya adalah Skill Academy By Ruang Guru. Gunakan nomor kartu Prakerja yang dikasih lalu jangan lupa handphone yang ada nomor terdaftarnya harus selalu aktif karena akan ada kode OTP atau notifikasi-notifikasi lainnya.

Mengapa Harus di Skill Academy?

Saya sarankan pilih Skill Academy karena platform ini selain user friendy, memiliki banyak fitur yang memberi banyak benefit. Banyak kategori pilihan yang bisa diambil dari lima kategori yang ada mulai dari hobi dan bisnis, seperti Pemasaran, Pengembangan Diri, Bisnis dan Keuangan, Teknologi & Software dan Persiapan Tes. 

Instruktur di skill Academy juga kompeten di bidangnya masing-masing, seperti Iman Usman, Hana Monica, Melvin Mumpuni, Michael Sugianto, Ilman Akbar dan masih banyak lagi.

sehingga sumber ilmunya tervalidasi dengan baik, media belajarnya dengan video beranimasi, ada rangkuman materi yang dapat diunduh, pre-exam dan exam. Fasilitas ujian dengan pembahasan lengkap setelah menjawab. Jadi dari pre-exam bisa diketahui kompetensi yang didapat sebelum mengikuti kursus.

Di Skill Academy juga tidak pelit materi karena tak ada sama sekali batasan dalam mengakses materi yang didapatkan di kursus yang kita beli. Semua bisa diakses selamanya.

Istimewanya lagi, di Skill Academy ada paket-paket hemat yang bisa diambil seperti Trik buka usaha untuk pemula, pelatihan untuk ojek online selesai sehari, mahir berbahasa Inggris dan lain-lain.

Kelas-kelas Best Seller juga diinformasikan di sana sebagai acuan kelas yang direkomendasikan dan sedang dicari banyak orang. Sehingga tak sulit memilih mau ambil kelas apa jika ada rekomendasi dari sesame user.


Sertifikat pun diberikan setelah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan belajar dan ujian. Sertifikat ini sangat berguna sebagai portfolio otentik atas skill yang sudah kita dapatkan dari proses selama belajar di Skill Academy.

Jadi, kartu prakerja solusi banget untuk mereka yang membutuhkan pekerjaan tanpa kesulitan dengan biaya transportasi harus ke sana kemari dan biaya-biaya lainnya untuk kebutuhan mencari kerja. Solusi yang diberikan dari program ini berupa insentif 2.400.000 jika selesai mengikuti program, biaya kursus sebesar 1.000.000 dan 150.000 jika mengisi survey kebekerjaan.

Sangat membantu bukan? Selain mendapatkan keterampilan khusus juga mendapat insentif yang dapat dipergunakan para peserta pemegang kartu prakerja saat ini? Tentu saja solusi ini tak hanya bermanfaat saat pandemic saja, ke depannya semua skill yang mereka dapatkan bisa berguna untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dan membantu perusahaan juga karena karyawannya ready to use. Bekerja sesuai dengan skill yang dibutuhkan industri atau perusahaan jadi link and match.

3 comments

  1. Suamiku sudah mendaftar gelombang kedua kartu prakerja. Semoga dapat kesempatan bisa upgrade skill di Skill Academy. Aku pun juga kemarin sempat belajar di skill akademi. Seneng aku apalagi pas ada promo. Ga promo pun menurutku worth harganya. Thanks for sharing teh

    ReplyDelete
  2. Ini bisa banget dimanfaatkan sama yang membutuhkan yah teh, alhamdulillah upgrade skill gini bisa nambah penghasilan juga. Mudah2an kartu Prakerja ini memberikan value lebih untuk yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  3. Mencoba meluncur kembali untuk daftar teh hehe, nuhun teh udah berbagi informasi ini dan semoga banyak yang terfasilitasi dengan adanya Kartu Prakerja ini. Sukses selalu yah teh ;)

    ReplyDelete