Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Untuk Blogger

 



Selama ini saya berbahasa Inggris untuk keperluan pekerjaan dan menghadiri konferensi internasional hanya berbekal rasa percaya diri bukan karena mahir karena kemampuan Bahasa Inggris saya belum lancar. Baik dari segi penataan grammar maupun diksi yang luas. Bermodalkan nyambung saja saat berkomunikasi, itu prinsip saya sebelumnya.

Semakin ke sini, pekerjaan saya sebagai content writer semakin banyak menuntut penulisan artikel berbahasa Inggris terutama untuk keperluan konten pada brosur, pamflet dan web-website. Saya mulai berpikir untuk lebih improve lagi kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris agar lebih profesional, sempurna dan tak mengandalkan editor. Karena pekerjaan content writer semakin lama semakin banyak saingan. Jika tidak mampu mengerjakan sesuatu dengan mandiri dan all out maka lahan pekerjaan itu akan tergeser oleh orang lain yang lebih mampu dan kuat dengan pola kerja yang menuntut kesempurnaan.

Akhirnya saya memutuskan  untuk belajar lagi Bahasa Inggris yang fokus pada creative writing. Sedang mencari referensi mau ikut kursus yang mana, saya dikabari Teh Meity, teman Blogger yang punya teman di The British Institute (TBI) dan dikasih nomor kontak Mba Diah. Setelah komunikasi, saya beserta beberapa teman blogger ikut sesi creative writing ini di TBI Malang karena mau ambil cabang yang di mana pun tetap sama, kan saya pilih sistem pembelajaran online. Selain karena pandemic juga karena pertimbangan waktu yang lebih fleksibel.

Oh ya, TBI Malang ini menyelenggarakan offline learning juga. Jadi tinggal pilih saja sesuai kebutuhan. Buat yang tinggal di Malang, kalau mau mengais ilmu Bahasa Inggris bisa ke TBI saja, lokasinya strategis banget! Ada di di Jalan Soekarno Hatta Kav A2, dekat sekali dengan Universitas Brawijaya Malang,  Politeknik Negeri Malang, Universitas Negeri Malang. Bahkan, TBI Malang dipercaya oleh beberapa universitas di Malang untuk penyelenggaraan TOEFL sebagai syarat kelulusan dari universitas tersebut sekaligus menyelenggarakan Practice Test TOEFL juga.

TBI lahir sejak 1984. Usia yang sudah menghasilkan banyak portofolio dan mencetak lulusan-lulusan terbaiknya. Lahir sejak 36 tahun lalu namun sistem pembelajarannya sangat update dan melakukan adaptasi dari zaman ke zaman. Bahkan sistem pengajarannya juga menyenangkan, terbukti saat saya mengikuti kursus di TBI Malang ini, walau jarak jauh dan via online namun having fun banget!




Pengalaman Belajar Short Course Creative Writing bersama TBI

Hari Pertama, kami belajar bersama Mr.Ryan Pucher, native speaker dari Australia. Dari awal komunikasi di Google Classroom, saya sudah merasa nyaman dan menyenangkan walau banyak test kosa kata tapi bikin terpacu buat memperbanyak mengingat nama-nama barang yang ada di rumah, di luar juga hal apa saja yang dekat dengan keseharian. Karena kosa kata adalah kunci untuk bisa menulis yang baik dan pengembangan cerita akan lebih mudah jika mampu menguasai kosa kata.

Selain itu, Mr.Ryan juga terus memacu kami untuk melakukan conversation dalam Bahasa Inggris selama sesi berlangsung. Sesi belajar sangat padat berisi namun tak membosankan karena ada di dua platform sekaligus yaitu Zoom dan Google Classroom.

Kami juga diberi tugas untuk mereview dan menanggapi kesan pada dua artikel travel blogger setelahnya kami ditantang untuk menuliskan cerita perjalanan singkat dan di hari kedua, kami saling review dan menanggapi. Lagi-lagi bikin semangat dan seru!

Hari kedua, kami dibimbing oleh Ms Mega yang tak kalah menantang juga bikin penasaran untuk selalu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Kali ini, ulasan tentang restoran.

Bahkan, materi yang diberikan selama tiga hari short course ini, tetap saya pelajari sebagai latihan. Terbukti banget kalau TBI ini sistem pembelajarannya sangat up to date terlihat dalam short course ini para mentor seolah tahu materi apa yang sering kami ulas dan apa tantangan menemukan tema di masa kini untuk blogger. Acung jempol!

Oh ya, TBI adalah satu satunya institusi pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh The University of Cambridge English, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages) maka dari itu pengajarnya sangat kompeten dan up to date.

Program TBI Yang Bervariasi

Waktu belajar juga sangat fleksibel, bisa dipilih antara pukul 10.00 hingga 21.00 jadi, kalau waktunya sibuk dengan pekerjaan di siang atau sore, bisa pilih malam atau sebaliknya.

Belajar di TBI tersedia juga program berikut ini

Children, Pre Teen, Teen, segmen usia ini penting supaya anak belajarnya lebih asyik jika ada seusianya. Bahkan anak bisa berekspresi lepas.

Global English, bagi yang ingin belajar Bahasa Ingris secara umum bisa ambil program ini.

Exam Preparation for TOEFL or IELTS test, Penting banget ikut program ini dulu sebelum ikt tes TOEFL atau IELTS karena tes dua program ini kalau tidak dipersiapkan sebelumnya, bisa hangus biayanya jika tidak lulus dan biaya tes di mana saja harganya lumayan! Jadi, silakan ikut preparation dulu.

In-House Training / Private Class, ini kalau mau lebih privat kursusnya supaya mendapat fokus

Online Learning, dan ini adalah program paling fleksibel seperti pengalaman saya belajar di TBI ini.

Selain pembelajaran formal, TBI juga sering mengadakan acara workshop gratis untuk universitas, sekolah dan umum, aktif memberikan dukungan acara pentas seni dan berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk mendorong pendidikan yang lebih maju.

Promo dan Cabang TBI

Untuk tempat kursus Bahasa Inggris dengan portofolio tinggi, harganya lumayan terjangkau dan sangat worth it. Banyak program promo yang diadakan setiap moment special. Dan dalam waktu dekat ini, ada Upcoming Promo Back To Campuss special discount 20% + Lucky Dip berupa voucher kursus dan merchandise hanya di September 2020 saja.

Buat Teman-teman yang tinggal di luar Kota Malang, bisa ke cabang terdekat juga karena TBI ada juga di Jakarta ( Pondok Indah,  Kuningan,  Kelapa Gading), Cibubur, Depok, Tangerang (BSD, Gading Serpong),  Bandung (Dago, Festlink, Jatinangor)

Contact Details untuk TBI Malang:

Info : 0341 438 – 2561

WA : 0822 4517 7344

Email : info.malang@tbi.co.id

Website : www.tbi.co.id

Instagram : tbi_malang

Facebook: The British Institute Malang

Kesimpulannya, yuk kita upgrade kemampuan Bahasa Inggris karena dengan bahasa, kita menjadi mudah mencerna segala informasi dan dapat membuat narasi lebih tepat lagi dalam konten yang dibuat. Bahkan, dengan kemampuan Bahasa Inggris yang baik, akan memberikan banyak celah peluang dalam berbagai kesempatan.

12 comments

  1. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris memang penting banget ya teh, apalagi di zaman serba online begini, jadi hambatan bahasa pun tidak akan menjadi masalah saat mempelajari hal baru lainnya.

    Apalagi buat blogger, kan kadang mesti mencari literatur dalam bahasa Inggris juga kan untuk melengkapi tulisan.

    Sudah lama sih pengen melirik TBI. nanti coba kucek-cek lagi yang program onlinenya. Semoga jadwalnya sesuai euy.

    ReplyDelete
  2. Cara belajar creative di TBI yang cocok dengan pola yang uptodate. Menyenangkan karena interaktif dan komunikatif antara pengajar dan siswanya. Semoga pelajarannya cepat dapat diimplementasikan dalam dunia kerja Teh Ani Berta.

    ReplyDelete
  3. Benar banget Teh Ani, sebagai content writer atau blogger kita sangat dituntut untuk bisa minimal satu bahasa asing. Ya, kalau bukan lagi bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Jujur aku sangat apresiasi sama temen-temen yang memiliki semangat belajar bahasa asing, kalau kata pamanku bahasa adalah kunci kamu untuk mengetok pintu dunia, diistilahkan begitu agar kalau mau kemana pun kita tetap bisa beradaptasi. Semangat ya buat kita semua aku pun masih belajar banget menulis dengan bahasa inggris.

    ReplyDelete
  4. Pasti seneng banget kalo mendarat di sebuah kelas di mana semua muridnya mau ikut berinteraksi bicara. Bukan cuman jadi pengamat doang.

    ReplyDelete
  5. Baru berasa kalau bahasa Inggris emang wajib dipelajari lagi. Saya semenjak berhenti kerja, bahasa Inggrisnya kaku banget. Jarang dipake soalnya, kan. Harus belajar lagi, nih, kayaknya.

    ReplyDelete
  6. wah Teh Ani, The british institute ini dipandu sama native speaker langsung ya jadi penasaran kaya apa. Memang kalau english secara grammar saya berantakan bgt, selama ini kalau conversation sering salah paham. salah-salah yang penting sama-sama paham. hehe. tapi bergerak ke dunia literasi jadi penting bgt nih belajar english lg :)

    ReplyDelete
  7. Bener banget Teteh, sangat sangat penting banget bahasa Inggris ini, aplagi jaman now udah biasa ya berbahasa Inggris.
    Dan ketabok juga, aku pasif, beberapa kali ikut kursus buat menunjang pekerjaan. Harus apgred terus dan sering latihan dipraktekkin.

    Ahh, rekomen banget TBI ini secara familiar dan udah lama banget tahun 84. Mau kepoin ahh..
    Nuhun informasinya.

    ReplyDelete
  8. Alhamdullilah pisan kemajuan digital meruntuhkan batas ya teh?
    Peserta di Jakarta, Bandung dan kota lain bisa belajar dari TBI Malang
    Sewaktu test kosa kata kepala saya sampai nyut nyutan sekaligus terpicu untuk belajar lagi

    ReplyDelete
  9. Menarik juga ya kelas bahasa inggris di TBI ini. Saya sendiri masih terbatas menguasai bahasa Inggris, hanya pasif saja yaitu membaca. Kalo berbicara lisan, banyak groginya :) . Padahal penting banget bisa berbahasa Inggris secara aktif.

    ReplyDelete
  10. Pas hari pertama langsung ketemu ama native itu rasanya nderedg banget ya teh. Untungnya Mas Ryan ini malah orangnyya selo banget, paham dan nerima dengan cara kita ngobrol yang masih belum lancar ini, hihi.

    Alhamdulillah, nuhun teh Ani dan komunitas ISB yang sudah memfasilitasi juga untuk bisa dapat short course ini.

    ReplyDelete
  11. Belakangan aku dapat email yang isi percakapannya pakek bahasa inggris.
    Duuhh, terasa puyeng bacanya, karena nggak ngerti.

    Setuju sama mba Ani, kayaknya aku termasuk yang perlu belajar bahasa Inggris, biar makin lancar. Komunikasi nggak terganggu.

    ReplyDelete
  12. Dan aku yang belum kesampean ikutan nih. Soalnya bahasa inggrisku masih kacau juga, padahal penting ya buat blogger. Semoga next bisa ya pas waktunya tepat. Atau kursus langsung.

    ReplyDelete