Tips Memilih Partner Bisnis Visioner Ala Fajar Nugros dan Susanti Dewi

Susanti Dewi & Fajar Nugros

Situasi saat ini sedang dikaitkan dengan vakumnya usaha dan pengurangan aktivitas. Efek pandemi memang berkaitan langsung dengan pekerjaan terutama pekerjaan outdoor yang membutuhkan team work di lapangan dan harus selalu menuntut adanya kontak langsung. Misalnya, industri kreatif dan seni seperti pembuatan film, broadcasting dan lain-lain. Tujuan mengurangi potensi penularan namun sangat berdampak pada pengurangan produktivitas karya juga pemasukan bagi para pekerjanya secara langsung.

Kondisi ini menuntut semua pelaku industri kreatif untuk memutar haluan supaya usahanya tetap bertahan dan berjalan walau sederet aturan larangan untuk aktivitas shooting, koordinasi pekerjaan yang mengharuskan tatap muka harus ditiadakan dan lain sebagainya yang ditegaskan oleh beberapa pemangku kepentingan. Upaya untuk menjadikan usaha tersebut bisa berjalan, kita bisa melihat contoh dari sebuah rumah produksi “Demi Istri Production” yang berkolaborasi dengan IDN Media untuk sama-sama memberi warna dan penguatan terhadap platform dan produksi karyanya.

Siapa yang tak kenal dengan Film Jakarta Undercover, Cinta Brontosaurus dan sederet film yang mendatangkan magnet bagi penonton? Ini adalah beberapa karya dari Fajar Nugros dan Susanti Dewi dalam naungan Demi Istri Production.

Sebelumnya, Demi Istri Production sudah diminati para calon investor untuk ber-partner yang datang dari beberapa perusahaan atau sebuah organisasi namun Fajar Nugros dan Susanti Dewi, masing-masing akrab dipanggil Nugros dan Santi  yang membidani production house independen ini, merasa kurang pas dengan visi misi para calon partner bisnisnya tersebut.

Dengan alasan, tak rela apa yang sudah dibangunnya ini jatuh ke tangan orang yang tidak tepat. Mengingat banyak sekali prinsip yang harus selaras dijalankan walau sudah tak sepenuhnya berada di dalam kendalinya. Nugros dan Santi tak hanya memandang penting soal hard skills namun soft skills juga penting karena akan menjadi supporting system yang menyenangkan saat berkolaborasi.

Ada pelajaran berharga saat Nugros dan Santi megungkapkan harus adanya keselarasan visi misi ketika ada calon partner bisnis yang ingin mengadopsi Demi Istri Production. Yaitu soal prinsip. Diibaratkan production ini adalah anak yang akan diadopsi orang lain karena membutuhkan biaya pendidikan atau hal lainnya, maka calon orang tua angkatnya juga harus memahami prinsip dasar yang menjadi hak si anak dan orang tua kandungnya. Dengan demikian, si anak akan tetap menjadi dirinya sendiri dan tumbuh sebagai sosok ideal yang kuat walau akhirnya dibesarkan orang lain.


Tim IDN Pictures

Akhirnya kecocokan prinsip ini jatuh pada IDN Media yang mana di Oktober 2019 Nugros dan Santi bertemu Winston Utomo (Founder dan CEO IDN Media) dan William Utomo (Founder dan COO IDN Media)  dari pertemuan ini, lahir IDN Pictures yang diresmikan pada 12 Mei 2020. Saya cukup memandang hal ini luar biasa karena di masa pandemi di mana orang lain sangat berhati-hati dan membatasi dalam membuat sesuatu tapi ini malah berani melangkah membuat sesuatu yang umumnya dipesimiskan orang lain.

Rupanya sikap optimis dari kedua belah pihak yang kini menyatu dalam balutan IDN Pictures, karena melihat peluang bisnis konten terutama film yang sangat terbuka dan mempunyai pasar besar di Indonesia. Segala sektor mulai industri, pendidikan hingga rumah tangga selalu dilibatkan dengan berbagai konten yang akan menjebatani pada edukasi yang disampaikan.

Untuk industri film sendiri, Santi mengacu pada data pertumbuhan bisnis film yang berkelanjutan sejak 2015. Dengan perolehan 16Juta penonton hingga 52Juta di 2019. Melihat hal ini, Santi menganggap bahwa selagi banyak platform dan eksibitor yang mampu menjalankannya dengan kreativitas dan inovasi, hal ini tetap akan menjadi peluang besar setelah pandemi. Bahkan di masa pandemi ini, menjadi tantangan tersendiri untuk IDN Pictures dalam create konten yang disesuaikan produksinya dengan kondisi saat ini.

Menguatkan pernyataan Santi, Nugros memberikan pandangan bahwa hadirnya IDN Pictures perusahaan film dengan berbasis teknologi, diyakini mampu menjawab tantangan demi tantangan yang dihadapi, dari mulai kondisi pandemi yang dituntut lebih kreatif lagi, pertumbuhan minat generasi milenial dan generasi z yang semakin harus dipelajari minat dan kebiasaannya.

Sehingga mampu menghasilkan produk tontonan berkualitas baik dalam bentuk film, serial atau produk komersial lainnya. “Bahkan, IDN Pictures dapat menjadi wadah bertemunya para pembuat film dan pembuat konten komersial untuk berkolaborasi membuat karya-karya yang memberi pengaruh baik kepada generasi sekarang.” Pungkas Nugros.

Saya pribadi sangat menunggu film ciamik IDN Pictures ini walau saat ini IDN Pictures baru membuat proyek konten komersil, semoga tahun depan pandemi segera berakhir supaya pembuatan filmnya cepat terlaksana seperti kata Nugros. dan saya memandang ini adalah kabar baik bagi dunia film Indonesia yang semakin berwarna dan banyak sentuhan di tangan-tangan kreatiif para pegiat industri kreatif ini. 

Nonton film buat saya adalah salah satu cara untuk mendapatkan banyak inspirasi yang asyik karena jika dibalut hiburan akan terasa meresap pesan moralnya. Oleh karena itu, nonton film merupakan kebutuhan primer saya dan kehadiran IDN Pictures sangat memberi harapan baru terhadap konten film yang punya value tersendiri.

IDN Media Semakin membuka wadah masyarakat terutama para talent  untuk menyalurkan aspirasi dan menyerap inspirasi karena IDN Media juga mengoperasikan platform lainnya selain IDN Pictures yang dapat memperkaya wawasan dan kreativitas. Diantaranya, IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, Yummy, GGWP.ID, Duniaku.com, IDN Creative, IDN Event, IDN Creator Network dan IDN Programmatic OOH.

16 comments

  1. Sangat menunggu kiprah IDN Pictures ya?
    Agar kita bisa jadi tuan rumah untuk industry perfilman

    ReplyDelete
  2. Mas Fajar Nugros dan Mba Susanti Dewi sih emang udah juwaranya deh sama perfilman Indonesia. Semoga di tangan mereka IDN Pictures menjadi wadah untuk banyak film bagus dan berkualitas.

    ReplyDelete
  3. Saya jadi penasaran buah pikiran Fajar Nugros ke depannya seperti apa yang bakalan dituangkan dalam bentuk film
    Can't wait...

    ReplyDelete
  4. Film-filmnya Fajar Nugros itu selalu kental dengan pesan yang kece. Jadi nggak sabar pengen nonton besutan dari tangan dinginnya di bawah bendera IDN Pictures.

    ReplyDelete
  5. Banyak pembelajaran yang saya dapat dibalik terbentuknya IDN Pictures. Sukses selalu IDN Pictures semoga bisa menginspirasi dengan karya-karya terbaik.

    ReplyDelete
  6. baru tahu saya kalau ada Fajar Nugros di belakang IDN Pictures, taunya dulu cuma sutradara muda tanah air dan ternyata kini gabung IDN Media

    ReplyDelete
  7. Bener ya Teh, kalau memilih partner itu harus selaras, baik misi maupun prinsip. Apalagi ini berhubungan dengan bisnis, agar ke depan pastinya lebih nyaman.

    ReplyDelete
  8. Menantikan film dari IDN pictures, semoga menghasilkan banyak karya yang bermanfaat..

    ReplyDelete
  9. Mudah2an setelah tergabung menjadi IDN Pitures nanti akan tercipta film bagus yang lebih bermutu

    ReplyDelete
  10. saya suka banget film fajr nugros teh apalagi Yo wis ben yang main temen sma saya
    seger banget filmnya
    film yang lain juga dan jika visi misi yang diusung lewat IDN Pictures ini bisa terwujud saya yakin akan banyak karya apik yang lahir

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah sebentar lagi kita bakal disuguhi film apik karya IDN Pictures. Maju Terus IDN Media dan IDN Pictures

    ReplyDelete
  12. Aku menyambut baik bergabungnya Fajar Nugros dengan IDN media. Udah kesohor banget beliau dengan deretan filmnya yang kece.

    ReplyDelete
  13. Sukses selalu untuk kolaborasi upscaling ini. Semoga film filmnya makin disukai banyak penonton dan pandemi ini segera usai

    ReplyDelete
  14. Sukses untuk IDN Pictures..semoga kolaborasi media besar sekelas IDN Media demgan Fajar Nugros ygmana sebagai sutradara hebat bisa melahirkan karya baru yg kerenn

    ReplyDelete
  15. Perjalanan panjang mas Fajar Nugros dan mbak santi cari partner bisnis mengingatkan aku ketika memilih sekolah SD utk anakku...observasi dan survey dr 2 tahun sebelumnya ke sekolah2an krn emg pgn dpt sekolah yg memiliki satu visi dan misi dengan kami sbg orangtua...

    Ditunggu film perdananya Mas Fajar Nugros bersama IDN Pictures

    ReplyDelete
  16. Betul banget teh menonton bisa banyak hal yang bisa dipetik hikmahnya. Semoga IDN Pictures mampu membawa Perfilm-an Indonesia jauh lebih baik ya

    ReplyDelete