Mulai Investasi dengan Cara Termudah Melalui Investasiku

 


Perubahan-perubahan dalam hidup terjadi secara alami. Mulai dari pertambahan usia, produktivitas yang menurun, tabungan berkurang dan biaya hidup kian bertambah. Sebagai manusia yang bertanggung jawab, wajib melakukan sesuatu yang dapat memberikan perlindungan dalam penyediaan kebutuhan hidup jangka panjang.

Kita sadari, semakin bertambah usia begitu banyak yang harus dipikirkan dan dipersiapkan apalagi saat mengetahui jika suatu saat tabungan untuk biaya hidup berkurang, sementara kelak di usia yang sudah tak produktif kekhawatiran terhadap cara mencari penghasilan akan dialami. Jangan sampai merepotkan anak cucu atau keluarga juga kan nantinya?

Belum lagi inflasi dan perubahan mata uang yang terus berjalan, pastinya sebanyak apapun tabungan yang dimiliki, akan berkurang nilainya jika hanya menyimpan uang tunai atau tabungan di bank konvensional saja. Perlu dana yang bisa mengikuti perkembangan zaman namun tidak mengurangi nilainya.

Pemikiran pada paragraf di atas adalah hasil dari mengikuti workshop bersama Pak Firman Marihot (Head of Probiz Dev PT.Mega Capital Sekuritas melalui webinar bersama Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) dan Investasiku.

Pak Firman dalam paparannya menyarankan solusi investasi dan perencanaan keuangan untuk diterapkan pada usia produktif supaya kapan pun tersedia dana yang aman dan terus berkembang. Saya pribadi, juga sebagian orang sebelumnya belum tergerak berinvestasi karena masih meraba-raba investasi yang tepat dan aman. Sementara mencari informasinya memerlukan waktu agar dapat dipelajari dengan baik produk knowledge-nya.

Jadi kebetulan, dari acara workshop ini banyak yang bisa dipelajari secara singkat namun dapat dipahami langsung.

Investasi yang pas untuk pemula, Pak Firman merekomendasikan instrument investasi sebagai berikut:

Deposito, tabungan berjangka yang dapat dipilih periodenya, mulai dari 1-3 bulan dengan sistem perpanjang otomatis atau manual. Bunga deposito dapat ditransfer ke rekening pribadi atau ditambahkan ke pokok. Kita bebas memilih. Deposito tak memerlukan pemantauan berkala.

Obligasi, (ORI, SUKRI, Obligasi Perusahaan dll), bisa bergabung pada obligasi pemerinta.

Saham, harus ada pengetahuan tentang pengelolaan saham, harus dikontrol berkala dan memerlukan kejelian.

Reksa Dana, tak perlu pusing belajar manajemen risiko dan lain-lain karena dibantu oleh manajer investasinya.

Saya jadi yakin untuk berinvestasi setelah diperkenalkan dengan Investasiku, aplikasi keluaran CT Corp yang bisa membantu tujuan finansial dengan produk unggulan seperti Saham, Reksadana, Obligasi dan Rencana Keuangan. Lengkap ya?

Ketika memutuskan berinvestasi pada suatu platform atau perusahaan, dipastikan perusahaan tersebut terdaftar di OJK. Salah satu platform yang disarankan adalah Investasiku.

Mengapa Disarankan Pilih Aplikasi Investasiku?

Aplikasi Investasiku sangat user friendly, tampilannya sederhana, lengkap dan mudah untuk dipraktikkan semua fiturnya. Proses pembuatan akun pun langkah-langkah nya sangat mudah. Berikut cara membuat akun pada aplikasi Investasiku:

-        - Download aplikasi melalui Play Store atau Apps Store
- Sign Up dengan email dan nomor hp aktif karena nantinya aka nada kode OTP untuk verifikasi
- Ikuti langkah saat membuat akun RDN untuk memulai investasi, siapkan KTP, No NPWP dan ikuti langkah yang diinstruksikan pada saat mendaftar.
- Lengkapi profil
- Pilih investasi yang ingin diikuti.

Dalam Aplikasi Investasiku ada fitur edukasi tentang investasi dan keuangan melalui artikel, podcast, you tube. Jadi pemilik akun yang sudah terdaftar hingga mempunyai akun RDN, dapat mendalami edukasi melalui fitur-fitur yang disediakan tersebut. Bagi yang lebih suka belajar melalui bacaan, bisa mengakses artikel-artikel terkait keuangan dan investasi tersebut dari fitur artikel, jika suka hanya mendengarkan tanpa membaca atau menonton visualnya, bisa nyalakan fitur podcast tanpa harus membuka aplikasi podcast tersendiri, begitu pula dengan yang suka menonton video bisa mengakses you tube yang tersedia dalam aplikasi Investasiku tanpa harus membuka you tube tersendiri. Mudah kan?

Investasiku juga tersambung dengan ekosistem perusahaan CT-Corp yang mana setiap transaksi yang berhubungan dengan semua unit bisnis CT-Corp, nasabahnya akan mendapatkan poin atau kupon diskon belanja. Integrasi ini sangat memudahkan sekali tentunya untuk memilih produk investasi yang akan dibeli karena sudah tersedia berikut profilnya.

Setelah mendapatkan wadah untuk berinvestasi, langkah berikutnya harus dilihat dulu kondisi keuangan pribadi, dipastikan harus memiliki dana cadangan dulu. Yaitu minimal 6 kali dari jumlah penghasilan per bulannya. Sebab saat berinvestasi harus  dipastikan prioritas kebutuhan hidup sehari-hari benar-benar terpenuhi dulu. Jangan sampai kita berinvestasi dari utang apa lagi dari utang yang bunganya tinggi. Sangat tidak disarankan.

Yuk belajar berinvestasi dan eksekusi untuk memulai investasi dari cara yang termudah dulu, dari aplikasi Investasiku banyak tips yang bisa kita pelajari secara bertahap.

Buat yang ingin mendaftar akun di Investasiku, silakan klik banner berikut ini:



4 comments

  1. Investasi masih menjadi momok sih kadang karenaa takut penipuan gitu, mungkin beberapa orang memang salah memilih harusnya sama yang bisa dipercaya dan resmi. Terima kasih tipsnya.

    ReplyDelete
  2. Era digital gini mau investasi lebih mudah dan aman pastiny ya,teh. Uda seneng banget kalo ketemu yg pas deh.

    ReplyDelete
  3. Selama ini takut berinvestasi karena belum paham ilmunya. Investasiku memberi solusi dengan banyaknya materi belajar yang disediakan untuk pemula. Aplikasi yang sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  4. A0likasi investasiku tergolong aman ya Teh Ani? Sering bimbang juga kalau pilih investasi itu, apalagi dalam bentuk aplikasi. Tapi sekarang zaman digital ya. Lebih praktis

    ReplyDelete