Optimalisasi Skills Si Kecil Melalui Pemberian Nutrisi Seimbang dan Asesmen Kognitif



Zaman semakin canggih dengan kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan berbagai kreativitas serta inovasi yang beriringan dijalankan oleh generasi-generasi muda saat ini. Dalam beberapa tahun ke depan, semua kemajuan ini akan terus berkembang. Sementara kesempatan untuk mendapatkan peluang kerja dan berbagai opportunity-nya, ada keterbatasan. Sehingga para individu yang mempunyai kepentingan dalam memperoleh berbagai kesempatan ini, harus bersaing memenangkan peluang tersebut dengan mengedepankan kemampuan hard dan soft skills yang dimiliki.

Saya yang sangat antusias dan termasuk semangat mendukung pemberdayaan edukasi dan potensi pada anak, tanpa berpikir panjang, saya langsung mendaftar “Bicara Gizi” untuk mengikuti webinar bersama Danone Specialized Nutrition Indonesia dengan tema “Maksimalkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Daya Tahan Tubuh dan Stimulasi yang Tepat” pada 26 Oktober 2022.

Bertambah semangat karena menghandirkan pembicara yang masing-masing ahli di bidangnya. Di antaranya Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imunologi, dr. Molly Dumakuri Oktarina, Sp.A(K), Psikolog Klinis, Parenting Expert, CEO & Founder Personal Growth, Ratih Ibrahim, M.M dan Medical and Scientific Affairs Director Danone Indonesia, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi MKK.


Narasumber yang hadir tentunya menjelaskan berbagai tip untuk para orang tua dalam mempersiapkan masa depan si kecil dengan membekali berbagai kebutuhan tumbuh kembangnya. Mulai dari nutrisi, stimulasi hingga edukasi lainnya. Untuk rangkumannya, mari kita simak paparan tiga narasumber ini untuk diterapkan dalam pola asuh dan membesarkan anak di era kompetitif ini.

Pentingnya Kekuatan Imun Tubuh Pada Si Kecil

Dalam sesi pertama, dr.Molly Dumakuri Oktarina, Sp.A(K) memaparkan pentingnya kekuatan imun yang sehat kerena sistem imun yang baik berperang langsung pada perkembangan otak anak. Imun yang baik bisa didapatkan dari asupan nutrisi seimbang. Dengan nutrisi seimbang, menghasilkan mikrobiota saluran cerna yang lebih sehat dan membantu menangkal zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Jika anak memperoleh asupan nutrisi yang baik, akan aktif beraktivitas di rumah atau di sekolah bahkan dalam proses belajar pun menjadi penuh konsentrasi dan mudah menanggapi apapun yang ditemuinya di sekitarnya. Kepekaan dan tanggapan anak terhadap apa yang terjadi di sekitarnya merupakan proses berjalannya stimulasi. Yang mana, anak akan merasa nyaman dan bereksplorasi menemukan berbagai hal baru, untuk mencoba berinteraksi, menyentuh, menolak, mengambil atau melemparnya. Hal ini memberikan kekuatan stimulasi yang melatih problem solving dan critical thinking pada anak.

Untuk mendapatkan kematangan sel tubuh anak dengan imun yang kuat, maka dibutuhkan vitamin, mineral, asam amino, asam lemak, fitokimia, prebiotik dan probiotik yang memberi perkembangan kognitif pada anak.

Stimulasi Untuk Perkembangan Kognitif Yang Bermuara Pada Kecerdasan

Sementara Psikolog Ratih Ibrahim, menekankan pentingnya mengasah kognitif si kecil agar berkembang sesuai dengan pertumbuhan usianya. Perlu diasah mengingat banyak aspek dalam poin-poin kognitif yang berhubungan dengan mental seseorang dalam menghadapi berbagai kejadian di sekitarnya. Memengaruhi keputusan tepat si kecil terhadap apa yang dihadapi dalam lingkungannya.

Jika si kecil mampu dan terlatih membedakan mana hal yang baik dan buruk dan menanggapi berbagai hal yang ditemuinya sesuai dengan kondisi yang harus diambil, maka sebesar apapun masalah yang dihadapinya akan selalu dapat dihadapinya dengan baik dengan berbagai solusi yang diciptakan.

Psikolog Ratih mengemukakan bahwa orang tua dapat memahami perkembangan kognitif si kecil dengan cara melakukan asesmen atau serangkaian tes untuk menemukan berbagai potensinya. Ia menjelaskan bahwa ada 8 aspek perkembangan kognitif untuk memahami perkembangan kognitif melalui 8 aspek yang terdiri dari attention, focus, memory, language, psychomotor, logic, reasoning, logic, reasoning dan decision making.

Psikolog Ratih juga menganjurkan untuk para orang tua agar mampu memilah mana informasi kesehatan dan informasi parenting yang benar dan terverifikasi pada saat mencari rujukan atau panduan dua hal ini.

Asesmen Potensi Si Kecil Melalui mynutri.club/twl

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Psikolog Ratih tentang asesmen dan tes potensi bakat si kecil, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi menganjurkan para orang tua untuk memanfaat kan teknologi dan ilmu pengetahuan sebagai rujukan dalam memperoleh informasi ilmu kesehatan dan parenting untuk diterapkan kepada anak-anaknya.

Selaras dengan kebutuhan para orang tua dalam memperoleh informasi yang benar untuk mengetahui bagaimana proses parenting yang tepat dilakukan agar si kecil nyaman dan berkembang dalam proses pertumbuhannya secara kognitif dan bermuara pada kecerdasan, maka Danone Indonesia menggandeng tenaga ahli dalam menciptakan tools mynutri.club/twl yang berfungsi sebagai akses informasi terkait monitoring perkembangan kognitif anak yang harus selalu dipantau agar mendapatkan evaluasi berkelanjutan untuk penanganan jangka panjang dan komprehensif.

Para orang tua dapat mengakses tools ini dan melakukan asesmen 8 Winning Skills Interactive Assesment lalu orang tua juga akan dipermudah dengan memperoleh rekomendasi aktivitas yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi si kecil. Dengan adanya akses asesmen mynutri.club/twl, orang tua berkesempatan mendapatkan stimulation kit berupa e-book. Jadi sebaiknya semua fitur dan fasilitas ini dimanfaatkan sebaik mungkin karena orang tua tidak perlu susah lagi mencari rekomendasi informasi valid tentang kesehatan dan parenting. Karena sudah melalui berbagai kurasi dan diolah oleh para tenaga ahli kompeten dalam bidangnya. Yuk segera akses!persiapkan

Mempersiapkan masa depan si kecil tak cukup materi saja, kekuatan tubuh dan kecerdasan otak yang akan melibatkan berbagai hal yang dihadapinya di masa depan akan memberikannya bekal optimal dalam menjemput masa depan yang cerah. Maka dari itu, sejak dini harus dioptimalkan semua persiapannya dengan melibatkan proses edukasi bagi para orang tua dari ahlinya. 


10 comments

  1. semangat mendukung pemberdayaan edukasi dan potensi pada anak, penting banget ini apalagi untuk mencetak generasi anak bangsa yang berkualitas

    ReplyDelete
  2. Tema yang related banget buat aku sebagai orangtua baru, selain nutrisi juga penting buat berikan stimulasi yg tepat sesuai umur anak ya.

    Baru tau ada Asesmen Potensi Si Kecil Melalui mynutri.club/twl cobain aah ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat Si kecil biar teroptimalisasi skills nya sejak dini ya Mel :)

      Delete
  3. Wah, ini keren banget teh. Memang untuk tahu skill anak sejak dini itu penting banget. Kita bisa jadikan acuan ke depan untuk mengoptimalkan bakat anak ya.

    Aku jadi pengen coba toolsnya teh buat anak-anak.

    ReplyDelete
  4. menurut aku ini penting banget dibaca oleh para parents semua, karena memang pentingnya build skill disertai asupan nutrisi yg optimal agar anak-anak di masa depan siap di era kompetitif ini

    ReplyDelete
  5. Saya sudah coba assesmennya.. bermanfaat sekali terlebih bagi yang baru menjadi orang tua :)

    ReplyDelete